Close
Close Language Selection
Health Articles

Teknologi Terkini untuk Jantung Sehat

Rabu, 05 Des 2018
Teknologi Terkini untuk Jantung Sehat

Serangan jantung memiliki nilai kerugian yang sangat tinggi. Bahkan, tidak jarang kasus ini mengakibatkan kematian. Karenanya, usaha untuk mengantisipasi terjadinya serangan jantung koroner merupakan se­buah usaha yang patut dilakukan. Kini, perkembangan teknologi di dunia kedokteran telah memungkinkan dilakukan deteksi dini kemungkinan terjadinya serangan jantung sehingga kerugian akibatnya pun dapat dihindari. 

CT Scan 

Computerized Tomography (CT) Scan merupakan teknologi pencitraan tubuh manusia dengan teknologi X-ray. Gambar yang dihasilkan multi-slice sehingga dapat mengambil pencitraan lapis demi lapis, dan sangat mirip dengan aslinya. Dalam kasus penyakit jantung koroner, pencitraan dilakukan terhadap ar­teri koroner yang mensuplai makan ke otot jantung.  

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh aterosklerosis, yang bentuknya seperti plak di pem­buluh darah—di balik dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan. Pecahnya plak inilah yang menurut penelitian menjadi penyebab terjadinya serangan jantung koroner. Pecahnya plak akan membuat bekuan darah berusaha menutupinya sehingga menumpuk dan menyumbat aliran darah.  

CT Scan memiliki kemampuan untuk mend­eteksi keberadaan plak di pembuluh darah, serta mengenali karakterisasinya. Sehingga, dapat di­lakukan stratifikasi risiko dan menentukan tindakan yang dilakukan untuk menanganinya.  

Lebih dari 50% kasus serangan jantung koroner dialami oleh orang yang tidak mengetahui di dalam dirinya terdapat plak. Merasa telah menjalani hidup sehat, tidak melakukan pemeriksaan, dan tidak meminum obat untuk mengatasi plak. 

Pemeriksaan CT Scan bertujuan diagnosis anatomi, untuk mendeteksi ada atau tidaknya plak yang menyebabkan serangan jantung koroner. Pe­meriksaan ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang berada di golongan pretest probability 15-85%. Bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat pernah mengalami serangan jantung koroner, terutama orangtua, tingkat risiko menjadi lebih besar.

Teknologi CT Scan yang digunakan oleh RS Pondok Indah Group adalah CT Scan Flash with Dual Source, yang memiliki kecepatan tinggi dan akurasi pencitraan lebih detail. Proses pemindaian yang sangat cepat membuat paparan radiasi pun bisa ber­kurang sampai 50 persen. Teknologi dua tube-nya membuat slice atau detail lapisan semakin banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam atau lebih akurat.

MRI 

Teknologi lain yang juga dapat dimanfaatkan ada lah Magnetic Resonance Imaging (MRI). Memanfaatkan teknologi magnetik, tes menggunakan alat ini memi­liki tingkat keakuratan yang sangat tinggi. 

Dalam penyakit jantung koroner, MRI berperan dalam deteksi iskemia, gangguan perfusi pada sebagian otot jantung akibat penyempitan suplai— atau sebagai tindak lanjut dari hasil CT Scan. Hasil yang didapat dari MRI menjadi indikasi untuk tindakan selanjutnya, seperti pemasangan stent (ring). Berbeda dengan Elektrokardiogram (EKG) yang juga menjadi bukti dalam kasus penyakit jantung ko­roner, tes MRI menghasilkan data yang bersifat di­rect evidence—karena langsung melihat kondisi jan­tung di dalam tubuh. 

Kemampuan lain yang dapat dilakukan pada tes MRI adalah mendiagnosis anatomi jantung. Misalnya jika terdapat kelainan otot jantung atau adanya penumpukan lemak di jantung. Hal ini dimungkinkan karena MRI dapat membedakan jaringan.  

Karena memanfaatkan teknologi elektromagne­tik, pemeriksaan MRI dapat dilakukan berulang kali. Hanya saja, bagi yang memiliki logam di dalam tu­buh, seperti pemasangan pen akibat patah tulang, harus memberitahukan informasi tersebut kepada dokter. Sementara bagi yang pernah menjalani cuci darah, tidak dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan ini.

Teknologi MRI sudah banyak digunakan di Indonesia dan RS Pondok Indah Group menggu­nakan MRI 3 Tesla Skyra yang merupakan versi ter­kini. Dengan kekuatan medan magnet dua kali dari alat MRI berkekuatan 1.5 Tesla, bahkan sepuluh kali kekuatan Open MRI System, MRI 3T Skyra dapat memberikan gambaran jelas beragam kondisi patol­ogis dalam tubuh sehingga mempermudah dokter dalam melakukan diagnosa dan memberikan pengo­batan yang tepat.

dr. Sony Hilal Wicaksono, Sp.JP(K), FIHA

Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Pencitraan Kardiovaskular
RS Pondok Indah - Pondok Indah
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 21 Mei 2021

Mioma Uteri dan Penanganannya

Read More
Health Articles Sabtu, 28 Mar 2020

Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak

Read More
Health Articles Senin, 07 Des 2015

Nutrisi Sehat untuk Ibu dan Janin

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor