Close
Close Language Selection

CENTRE OF EXCELLENCE Klinik Kebidanan & Kandungan


Klinik Kebidanan & Kandungan

Klinik kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah Group menyediakan layanan komprehensif bagi wanita, sejak perencanaan kehamilan hingga pascapersalinan. Klinik ini dilengkapi dengan teknologi terkini berupa USG 4D yang mampu memberikan gambaran gerakan janin secara real time dan mendeteksi kelainan secara lebih akurat. 

Layanan didukung oleh fasilitas penunjang berupa kelas persiapan persalinan dan pascapersalinan, private delivery suite, hingga non-invasive prenatal testing (NIPT) yang dapat mendeteksi kelainan kromosom buah hati sejak ada dalam kandungan. Salah satu kelas persiapan kehamilan yang kami sediakan adalah senam hamil, yang dapat dilakukan secara privat.

Tim dokter kami terdiri dari berbagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi (kebidanan dan kandungan), yaitu:

 

  • dokter spesialis obstetri dan ginekologi,
  • dokter spesialis obstetri dan ginekologi konsultan fetomaternal,
  • dokter spesialis obstetri dan ginekologi konsultan fertilitas-endokrinologi reproduksi,
  • dokter spesialis obstetri dan ginekologi konsultan onkologi ginekologi, serta
  • dokter spesialis obstetri dan ginekologi konsultan uroginekologi dan rekonstruksi.

Klinik kebidanan dan kandungan kami juga dapat menangani berbagai permasalahan terkait organ kewanitaan dan pemasangan kontrasepsi. Penanganan organ kewanitaan dilengkapi dengan teknologi mutakhir, seperti femilift, yang mampu memberikan solusi untuk peremajaan vagina pascapersalinan atau menopause, gangguan menahan buang air kecil (inkontinensia), gangguan saat berhubungan seksual, serta infeksi vagina berulang.

Conditions

  • Kehamilan
  • Keputihan
  • Membutuhkan kontrasepsi
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Kelainan janin
  • Prolaps uteri (turun peranakan)
  • Vaginal dryness
  • Inkontinensia urin
  • Vaginal laxity
  • Miom, kista, polip serviks
  • Kanker leher rahim (serviks)
  • Kanker kandungan
  • Kelainan anatomi atau kelainan bawaan saluran genitalia wanita
  • Sistokel/rektokel
  • Keluhan pascapersalinan:
    • Gangguan mengontrol buang air besar (inkontinensia alvi)
    • Gangguan mengontrol buang air besar (inkontinensia urin)
    • Robekan jalan lahir

Treatments We Offer

Maternity Counselor
Untuk membantu mengurangi kekhawatiran Anda ketika hamil, kami menghadirkan Maternity Counselor yang siap memberikan layanan informasi seputar kehamilan dan persiapan persalinan, yang dapat dihubungi melalui WhatsApp selama 24 jam. 

Skrining Fetomaternal
Pemeriksaan untuk mendeteksi abnormalitas janin (kelainan genetik dan pembentukan organ), kelainan kromosom, serta memprediksi kemungkinan terjadinya keguguran, kelahiran prematur, dan bayi lahir mati sejak dini saat masih berada dalam kandungan.

Kelas Maternity:

A. Persiapan untuk persalinan

  • Prenatal Yoga
    Tubuh tidak nyaman atau stres berlebihan yang dialami ibu hamil dapat dikurangi dengan melakukan olah tubuh dan pernapasan melalui Prenatal Yoga. Kegiatan ini juga dapat menunjang kesehatan janin dan mempersiapkan tubuh ibu untuk persalinan. Prenatal Yoga dapat diikuti mulai usia kehamilan 16 minggu. 
  • Senam Hamil
    Senam hamil yang dilakukan secara teratur dapat menguatkan otot-otot rahim sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan fisik seperti nyeri punggung. Peserta juga akan diberi edukasi persiapan kehamilan dan persalinan oleh para dokter dan bidan. Senam hamil dapat diikuti pada usia kehamilan 28 minggu.
  • Klinik Laktasi
    Sebagai upaya mendukung penuh pemberian ASI eksklusif, kami menghadirkan layanan Klinik Laktasi yang dapat memberikan edukasi serta informasi seputar menyusui, mulai dari persiapan hingga mendukung kesuksesan pemberian ASI eksklusif dari si kecil berusia 6 bulan hingga 2 tahun. Edukasi yang diberikan termasuk manajemen ASI Perah (ASIP) bagi Anda yang bekerja. 
  • Parenting Class
    Pelayanan edukasi bagi orangtua baru yang berisi informasi mengenai perawatan tali pusat, cara memandikan bayi, cara membedong dan menggendong bayi, serta serba-serbi menyusui. 

B. Sesudah persalinan

  • Senam Nifas
    Senam nifas bermanfaat untuk memulihkan kembali kesehatan organ kandungan seperti sebelum hamil, menghilangkan ketidaknyamanan dan nyeri saat duduk atau hendak berbaring, dan bangun dari tempat tidur, meningkatkan sirkulasi ke area perineum sehingga mempercepat penyembuhan luka operasi, serta memulihkan dan memperbaiki otot dasar panggul ke fungsi semula. 
  • Mom & Baby Yoga
    Program olah tubuh bersama si kecil yang dapat mendukung Anda tetap bugar serta membangun bonding yang lebih baik. Instruktur yang berpengalaman juga akan mengajarkan Anda teknik-teknik memijat bayi. Kelas ini dapat diikuti oleh Anda dan si kecil yang berusia mulai dari 3 – 10 bulan. 

Non-Invasive Prenatal Testing (NIPT)
Pemeriksaan untuk mendeteksi kelainan kromosom secara dini dan bersifat non invasif. NIPT dapat membantu menemukan kelainan, seperti trisomi 21 (Down Syndrome), trisomi 18 (Edward Syndrome), trisomi 13 (Patau Syndrome), serta kelainan jumlah kromosom lain sejak dari trimester pertama kehamilan.

Amniosintesis
Pengujian cairan ketuban (amnion) dari rahim ibu yang berguna untuk mendeteksi kondisi kelainan genetik atau kromosom yang dimiliki oleh janin dengan tingkat akurasi mencapai 99 persen. 

Pendampingan Persalinan
Pendampingan dilakukan oleh bidan sejak pembukaan hingga lahirnya si kecil. Saat pendampingan, bidan akan memberikan edukasi nyeri dan teknik mengejan yang tepat, kiat pijat sentuh ringan untuk memberikan rasa nyaman, serta memandu melakukan teknik pernapasan relaksasi. 

Private Delivery Suite
Privasi sangat penting untuk menghadirkan proses persalinan yang nyaman. Dengan konsep “Family-Centered Maternity Care”, Private Delivery Suite kami dapat ditempati mulai dari masa observasi hingga setelah persalinan.

Konsultasi Pascapersalinan
Setelah persalinan, Anda biasanya akan dirujuk untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait keluhan selama masa nifas, termasuk mendeteksi gangguan psikis yang mungkin terjadi pascamelahirkan. Pemeriksaan juga dilakukan untuk mengobservasi progresi penyembuhan luka, baik akibat persalinan normal atau caesar, dan memastikan rahim kembali ke ukuran normal pascapersalinan.

Konsultasi pascapersalinan juga dilakukan di Klinik Laktasi, untuk pemeriksaan payudara jika mungkin ada sumbatan yang dapat memicu mastitis dan mengevaluasi cara Anda menyusui bayi.

Skrining Neonatus
Pemeriksaan pada bayi baru lahir (neonatus) bertujuan untuk mendeteksi secara dini adanya kelainan pada neonatus sehingga dapat diintervensi secara cepat yang berdampak pada tumbuh kembang yang optimal. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi otoacoustic emissions (OAE) untuk mendeteksi gangguan pendengaran, deteksi penyakit jantung bawaan, gangguan penglihatan pada bayi prematur, kelainan hipertiroid, defisiensi enzim G6PD, serta Hiperplasia Adrenal Kongenital. 

Pemasangan Alat Kontrasepsi
Intra Uterine Device (IUD) merupakan alat kontrasepsi dari plastik yang fleksibel dipasang di rahim dan paling ideal bagi ibu pasca persalinan serta aman saat menyusui karena tidak menekan produksi ASI. Selain IUD, kami juga menyediakan layanan alat kontrasepsi lain seperti suntik KB dan pil KB. 

Terapi Sulih Hormon
Terapi sulih hormon merupakan alternatif terapi yang sering diberikan pada wanita dengan gejala menopause dini. Terapi ini diberikan dengan pengawasan ketat oleh dokter spesialis dan terbukti dapat menangani gejala menopause, seperti kekeringan vagina dan rasa terbakar terutama pada wajah dan leher (hot flush).

Insersi Pesarium
Pemasangan ring dalam vagina untuk menopang dinding vagina dan membantu mengoreksi posisi uterus yang bergeser. Paling sering digunakan pada prolaps organ pelvis (kondisi kelemahan otot panggul yang mengakibatkan organ yang berada dalam panggul mengalami perubahan posisi) dan inkontinensia urin (gangguan kontrol buang air kecil). 

Vaginal Rejuvenation
Tindakan peremajaan vagina untuk mengatasi beberapa kondisi seperti vagina kendur pascapersalinan, mengembalikan vitalitas dan gairah wanita dalam berhubungan intim, memperindah bentuk vagina, serta mengatasi berbagai keluhan seperti vaginal dryness, dan inkontinensia urin (urin tidak dapat ditahan).

Thin Prep Pap Test
Pemeriksaan abnormalitas sel, terutama pada mulut rahim, untuk mendeteksi kanker rahim. Berbeda dengan pap smear pada umumnya, sampel pemeriksaan dibersihkan dari darah dan lendir, yang sering mengganggu dalam pembacaan hasil pap smear, sehingga pembacaan hasil menjadi lebih tepat dan akurat. 

Vaksinasi Human Papiloma Virus (HPV)
Perlindungan diri dari strain virus yang berisiko tinggi mengakibatkan kanker serviks dan dapat diberikan pada anak-anak perempuan, sejak usia 10 tahun, remaja, maupun wanita dewasa. Selain itu, vaksin HPV juga mampu memberikan proteksi terhadap kanker vagina, anus, serta kutil kelamin.  

Penanganan Onkologi Ginekologi 
Kelainan pada organ ginekologi penting untuk ditangani lebih awal untuk meminimalkan gangguan kesehatan yang lebih besar yang mungkin terjadi. Pemeriksaan dan penanganan onkologi ginekologi meliputi:

  • Biopsi
    Pengambilan sampel jaringan tubuh untuk diteliti menggunakan mikroskop oleh dokter spesialis patologi anatomi. 
  • Laparatomi & Laparaskopi
    Tindakan operasi pengangkatan miom, kista ovarium, maupun tumor dapat dilakukan menggunakan metode laparotomi maupun bantuan laparoskopi. Laparatomi merupakan tindakan bedah pada dinding perut dengan memberikan sayatan besar agar dapat mengakses organ yang akan dioperasi. Sementara, laparoskopi merupakan tindakan bedah dengan sayatan kecil dengan menggunakan kamera dan lampu kecil untuk mengakses organ dan melakukan tindakan pada organ yang akan dioperasi. Proses operasi dibantu monitor. 
  • Kolposkopi
    Tindakan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya sel-sel abnormal di dalam atau sekitar vagina, vulva, atau mulut rahim (serviks). 

Medical Technology

USG 4 Dimensi (4D)
Pemeriksaan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dapat memberikan gambaran janin, plasenta, cairan ketuban, serta penentuan usia kehamilan tanpa radiasi. Berbeda dengan USG 2D dan 3D, USG 4D dapat memberikan gambaran bergerak secara real time sehingga aktivitas dan bagian tubuh janin lebih terlihat secara nyata. 

Femilift
Tindakan non invasif menggunakan teknologi laser CO2 yang mampu menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga memperbaiki elastisitas, kekuatan dan lubrikasi vagina. 

Jadwal Praktik Dokter

Untuk melihat jadwal praktik dokter, silakan klik link berikut untuk diarahkan ke lokasi RS Pondok Indah yang diinginkan:

RS Pondok Indah - Pondok Indah 

RS Pondok Indah - Puri Indah

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Contacts

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lantai 3
Perjanjian: Call Centre (62-21) 765 7525 Ext. 2
Informasi:  Patient Relations RS Pondok Indah - Pondok Indah
Telepon: (62-21) 765 7525 Ext. 1300/1312
Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Lantai 6
Perjanjian: Call Centre (62-21) 8082 8888 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Bintaro Jaya
Telepon: (62-21) 8082 8888 ext. 1500/1501
Email: cr.bintarojaya@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 09.30 - 16.30 WIB
  • Sabtu: pukul 09.30 - 14.30 WIB

RS Pondok Indah - Puri Indah Lantai 7
Perjanjian: Call Centre (62-21) 2569 5200 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Puri Indah
Telepon: (62-21) 2569 5200 ext. 1200
Email: cr.puriindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 09.30 - 16.30 WIB
  • Sabtu: pukul 09.30 - 14.30 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor