Hasil CT-Scan Jantung, Berapa Lama Bisa Keluar?

Oleh Tim RS Pondok Indah

Rabu, 12 Juni 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Hasil CT-Scan jantung bisa memberikan gambaran adanya kelainan pada jantung. Cari tahu berapa lama hasil CT-Scan jantung keluar dan informasi lainnya.

Hasil CT-Scan Jantung, Berapa Lama Bisa Keluar?

Pemeriksaan CT-Scan jantung akan direkomendasikan untuk memastikan kondisi jantung. Hasil CT-Scan jantung bisa memberikan gambaran adanya kelainan pada organ vital ini secara lebih detail, karena menggabungkan hasil pemeriksaan jantung dari berbagai sisi. Pemeriksaan penunjang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk proses diagnosis, evaluasi maupun skrining kelainan pada jantung.


Gangguan pada jantung, baik pada strukturnya, pembuluh darah, maupun fungsinya, perlu dipastikan, sebelum mendapatkan penanganan yang sesuai. Selain pemeriksaan langsung, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah bisa menyarankan pemeriksaan penunjang, salah satunya adalah pemindaian CT-Scan jantung, untuk memastikan diagnosa serta merencanakan penanganan yang sesuai.


Lamanya proses pemeriksaan menggunakan CT-Scan jantung sangat bervariasi, umumnya sekitar 60 menit. Namun, waktu ini adalah yang diperlukan dari proses persiapan, pelaksanaan CT-Scan, hingga selesainya. Sedangkan waktu pemeriksaan CT-Scan jantung saja umumnya hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit.


Mengenal CT-Scan Jantung

CT-Scan jantung pada dasarnya adalah pemeriksaan penunjang dengan menggunakan X-ray dari berbagai sisi, untuk melihat struktur dan pembuluh darah jantung, dalam bentuk 3 dimensi. Terdapat 2 jenis pemeriksaan mesin CT-Scan jantung, angiogram pembuluh darah koroner dan calcium score. Untuk melakukan pemeriksaan CT-Scan jantung angiogram, diperlukan zat pewarna kontras. 


Kombinasi hasil CT-Scan jantung yang dilakukan dapat memberikan gambaran risiko terjadinya serangan jantung, maupun adanya penyakit jantung yang lain. Alasan ini lah yang menjadikan CT-Scan jantung sebagai salah satu pemeriksaan untuk skrining penyakit jantung maupun gangguan pada pembuluh darah koroner. 


Pemeriksaan ini juga merupakan salah satu pemeriksaan penunjang non-invasif (tidak masuk ke dalam tubuh) yang dapat dilakukan sebagai pemeriksaan rawat jalan, artinya bisa langsung pulang setelah proses CT-Scan jantung selesai dilakukan. Hasil pemeriksaan CT-Scan jantung pun lebih akurat dan relatif lebih cepat.   


Baca juga: CT Scan Jantung Tangkas Mendeteksi Penyakit Jantung Koroner



Berapa Lama Hasil CT-Scan Jantung Keluar?

Hasil pemindaian CT-Scan jantung akan diartikan oleh dokter spesialis setelah diolah radiografer. Hasil CT-Scan jantung dapat keluar segera setelah pemeriksaan hingga beberapa hari setelahnya, tergantung pada kasus dan kebijakan fasilitas kesehatan masing-masing. Yang jelas, dokter jantung dan pembuluh darah akan menghubungi Anda untuk memberitahukan hasil CT-Scan jantung, sesuai dengan keluhan dan kondisi saat pemeriksaan. 


Baca juga: Nyeri Dada, Ini Informasi Penting yang Perlu Diketahui


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dari Hasil CT-Scan Jantung

Secara umum, hasil CT-Scan jantung bisa disimpulkan sebagai normal dan tidak. Kesimpulan hasil CT-Scan jantung yang normal menandakan bahwa tidak ada sumbatan pada pasokan maupun aliran darah ke jantung. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:


  • Ada tidaknya penyempitan pembuluh darah atau arteri koroner
  • Kategori hasil calcium score, di mana makin rendah hasilnya akan menunjukkan risiko serangan jantung semakin rendah pula. Risiko terjadinya serangan jantung makin tinggi bila hasil lebih dari 400.
  • Fungsi katup jantung maupun fungsi jantung secara keseluruhan
  • Gangguan pada selaput jantung (perikardium), baik efusi (penumpukan cairan) perikardium maupun peradangan pada selaput jantung (perikarditis)
  • Penggelembungan pembuluh darah (aneurisma), robekan pembuluh darah (diseksi), atau penyempitan pembuluh darah (stenosis/koartkasio)
  • Risiko penyakit jantung bawaan
  • Tumor atau pertumbuhan jaringan yang tidak normal di jantung


Baca juga: Penyakit Jantung Koroner: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan


Mesin CT-Scan dengan 512 Slice di RS Pondok Indah

Sejalan dengan komitmen RS Pondok Indah untuk selalu memprioritaskan kesehatan Anda, kami menghadirkan CT-Scan dengan 512 slice pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan AI. Modalitas terkini CT-Scan ini memberikan hasil yang lebih cepat dengan teknologi one heartbeat (memindai dalam 1 degupan jantung). 


Teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan CT-Scan jantung dengan waktu yang lebih singkat. Bila total waktu persiapan hingga selesai pemeriksaan dengan alat CT-Scan biasanya mencapai 60 menit, dengan fitur canggih dari CT-Scan 512 slice with AI waktu pemeriksaan hanya 40 menit. Sedangkan waktu pemeriksaan untuk CT-Scan jantung nya sendiri tidak lebih dari 10 menit.


Waktu pemeriksaan yang singkat ini lebih nyaman bagi pasien yang mengalami klaustrofobia, pasien anak maupun lansia. Dosis radiasi dan zat kontras yang digunakan juga lebih sedikit karena waktu pemeriksaan lebih singkat. Selain itu, kemampuan deep image learning reconstruction dan fitur true fidelity image memberikan hasil diagnostik yang lebih akurat. 


Jadi, untuk mengetahui cara membaca hasil CT-Scan jantung yang Anda lakukan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RS pondok Indah untuk memperoleh informasi serta saran penanganan terbaik. Sebab hasil CT-Scan jantung hanyalah sebagai informasi penunjang dari hasil pemeriksaan langsung yang dilakukan dokter, sesuai dengan keluhan Anda.





Referensi:

  1. Obisesan OH, Osei AD, et al,. An update on coronary artery calcium interpretation at chest and cardiac CT. Radiology: Cardiothoracic Imaging. 2021. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7977732/). Diakses pada 22 Mei 2024.
  2. American Heart Association. Cardiac Computed Tomography Angiography (CCTA). (https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/cardiac-computed-tomography). Direvisi terakhir 12 April 2023. Diakses pada 24 Mei 2024.
  3. American Heart Association. Coronary Artery Calcium (CAC) Test. (https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/cardiac-computed-tomography). Direvisi terakhir 13 April 2023. Diakses pada 24 Mei 2024.
  4. Cleveland Clinic. Cardiac Computed Tomography (CT) Scan. (https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/16834-cardiac-computed-tomography). Direvisi terakhir 28 Februari 2022. Diakses terakhir pada 22 Mei 2024.
  5. Mayo Clinic. CT coronary angiogram. (https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/ct-coronary-angiogram/about/pac-20385117). Direvisi terakhir 6 Mei 2022. Diakses terakhir pada 22 Mei 2024.