Close
Close Language Selection

CENTRE OF EXCELLENCE Gastrointestinal, Liver, & Pancreas Centre


Gastrointestinal, Liver, & Pancreas Centre

Tim dokter yang terdiri dari dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroentero-hepatologi dan dokter spesialis bedah konsultan bedah digestif siap mendeteksi dan menangani permasalahan pencernaan, mulai dari infeksi, radang, kanker, hingga keluhan lain yang terkait lambung, hati, empedu, pankreas, dan usus.

Gambaran saluran pencernaan secara menyeluruh menggunakan endoskopi melalui teknik serat optik dan video yang mutakhir, memungkinkan diagnosis yang tepat dan akurat.

Tindakan operatif juga ditunjang dengan berbagai peralatan canggih, seperti endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP), MRI 3T Skyra, laparoskopi, concentration and re-infusion ascites (CRA), gastroskopi, kolonoskopi, dan endoskopi yang terstandarisasi dan dapat menjangkau organ yang sulit, serta bersifat minimal invasive.

Conditions

Permasalahan Lambung

  • Sindrom dispepsia/kembung
  • GERD
  • Gastritis/maag
  • Tukak lambung
  • Radang usus buntu
  • Tumor usus

Permasalahan Hati

  • Fatty liver
  • Hepatitis
  • Kolestasis
  • Kanker hati
  • Sirosis hati dan berbagai komplikasi yang terkait penyakit sirosis hati, misalnya ascites dan hipertensi portal

Permasalahan Empedu

  • Pengendapan batu empedu di saluran empedu
  • Pengendapan batu empedu di kandung empedu

Permasalahan Pankreas

  • Gangguan pankreas
  • Kanker pankreas

Permasalahan Lainnya

  • Wasir (hemorrhoids)

Treatments We Offer

Endoskopi
Pemeriksaan rongga tubuh menggunakan endoskop untuk keperluan diagnosis atau penyembuhan. Teknik ini menggunakan serat optik dan teknologi video sehingga memungkinkan inspeksi terhadap struktur organ dalam tubuh. Pemeriksaan endoskopi yang dapat dilakukan antara lain: gastroskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan gastroskopi digunakan untuk menilai kondisi kerongkongan, lambung, dan usus duabelas jari. Sedangkan pemeriksaan kolonoskopi dapat melihat kelainan atau abnormalitas pada usus besar dan rektum.

Laparoscopy (Single Port)
Teknik bedah minimal invasive untuk menangani masalah di saluran cerna dengan luka sayatan yang minimal, mengurangi risiko terjadinya infeksi/komplikasi, dan dengan proses penyembuhan yang lebih cepat.

Operasi Hepatektomi
Tindakan pengangkatan sebagian atau keseluruhan bagian organ hati.

Drainase Ascites
Drainase ascites adalah tindakan pengambilan cairan yang terkumpul di dalam rongga antara selaput dinding perut dan organ dalam tubuh (kondisi ascites). Ascites umum terjadi pada beberapa kondisi, seperti kelainan hati, ginjal, gagal jantung, gangguan pada indung telur, serta kanker.

Hemorrhoid Stapler (Hemorrhoidectomy)
Tindakan untuk mengatasi wasir dengan menggunakan alat khusus untuk mengembalikan jaringan wasir ke posisi semula dan mengurangi aliran darah ke wasir, sehingga jaringan wasir dapat menyusut. Teknik ini memberikan efek nyeri yang lebih minimal dibandingkan dengan tindakan operasi konvensional. 

Ligasi Varises Esofagus
Tindakan untuk menghentikan aliran darah ke vena yang mengalami gejala varises dengan menggunakan karet elastis.

Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP)
Teknologi yang membantu visualisasi saluran empedu dan pankreas, serta dapat langsung menangani permasalahan kesehatan yang terjadi pada struktur tersebut secara minimal invasive. 

Medical Technology

High Definition Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla Skyra
Teknologi diagnostik pencitraan tubuh yang mutakhir dengan sinyal resonan tinggi dan memiliki berbagai kelebihan dari generasi sebelumnya, seperti durasi pemeriksaan yang lebih singkat serta gambaran tubuh dan pembuluh darah yang lebih detail dan tajam. Selain membantu memberikan diagnosis dan tindakan yang tepat, MRI 3 Tesla Skyra juga memanfaatkan teknologi medan magnet (tanpa radiasi sinar-X) serta jauh lebih tenang dan nyaman dibandingkan dengan MRI biasa.

Laser Dioda
Pemanfaatan laser dioda untuk menangani permasalahan wasir/hemoroid secara minimal invasive sehingga meminimalkan rasa sakit yang kerap timbul pascaoperasi. Dengan teknologi dual wavelength dan dokter yang berpengalaman, penanganan hemoroid akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi Anda. 

Kapsul Endoskopi
Alat bantu diagnostik berupa kamera nirkabel dalam kapsul berukuran kecil untuk mendeteksi kelainan saluran pencernaan. Kapsul akan mengambil ribuan gambar saluran cerna yang ditransmisikan ke recorder secara non-invasif sehingga nyaman dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Contacts

RS Pondok Indah - Puri Indah Lantai 2
Perjanjian: Call Centre (62-21) 2569 5200 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Puri Indah
Telepon: (62-21) 2569 5200 ext. 1200
Email: cr.puriindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor