Close
Close Language Selection
Health Articles

Sakit Gigi, Apakah Sebaiknya Dicabut Saja?

Selasa, 22 Des 2020
Sakit Gigi, Apakah Sebaiknya Dicabut Saja?

Eits, jangan buru-buru memutuskan untuk mencabut gigi ketika Anda merasakan sakit gigi yang tak tertahankan. Upaya mempertahankan gigi terutama pada gigi yang akarnya masih baik wajib dilakukan demi menjaga estetika dan fungsi pengunyahan. 

Pencabutan gigi adalah tindakan mengeluarkan gigi dari tulang rahang. Prosedur ini biasa dilakukan saat gigi rusak parah akibat benturan atau gigi berlubang yang jika tidak dicabut dapat menimbulkan infeksi dan mengganggu kesehatan rongga mulut, maupun demi keperluan perawatan ortodontik. Namun, tindakan pencabutan gigi adalah alternatif terakhir, apabila perawatan lain sudah tidak mungkin dapat dilakukan. 

Gigi sebisa mungkin dipertahankan dalam mulut karena akan mempengaruhi efektivitas dalam pengunyahan. Penambalan gigi dan perawatan saluran akar dapat menjadi sebuah solusi untuk mempertahankan gigi dan mengatasi sakit gigi berkepanjangan yang Anda alami. 

Indikasi tindakan pencabutan gigi
Gigi permanen sebaiknya dipertahankan selama seumur hidup. Namun demikian terkadang ada beberapa alasan lain menyebabkan pencabutan gigi perlu dilakukan, antara lain:

  • Gangguan pada rahang dan sinus
    Di sekitar gigi baru, dapat terbentuk kista yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan gangguan meluas. Gangguan pada gigi dapat memicu terjadinya gangguan pada sinus, serta menyebabkan tekanan dan hidung menjadi tersumbat.
  • Infeksi atau risiko kemungkinan terjadi infeksi
    Pulpa adalah akar gigi yang mengandung pembuluh darah dan saraf. Jika terjadi kerusakan gigi atau lubang pada gigi, maka bakteri dapat dengan mudah masuk dalam pulpa dan menyebabkan infeksi. Dalam beberapa kasus, saat penggunaan antibiotik sudah tidak membantu, pencabutan gigi perlu dilakukan agar infeksi tidak terlalu menyebar. 
  • Mulut terlalu penuh
    Gigi geraham belakang secara umum baru tumbuh di usia 20-an, saat sudah terdapat kurang lebih 28 gigi dewasa dalam mulut. Pada situasi ini, sangat mungkin tidak ada tempat lagi untuk gigi geraham tumbuh dengan baik atau hanya muncul sebagian. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah kontak paksa gigi geraham dengan gigi lain, mendorong dan menimbulkan gangguan atau rasa sakit pada gigi lain. Dalam kondisi ini, maka tindakan pencabutan gigi diperlukan, karena gigi yang hanya muncul sebagian (impacted tooth) menjadi sulit dibersihkan dari bakteri yang terjebak di sekelilingnya dan berpotensi berkembang biak menjadi penyebab infeksi (plak). Beberapa gangguan lain yang mungkin dialami antara lain: abses, gingivitis, dan karies gigi. 
  • Penyakit gusi.
    Infeksi pada jaringan dan tulang pendukung di daerah sekitar gigi dapat mengakibatkan gigi perlu dicabut. Gusi bengkak dapat menjadi sulit dibersihkan sehingga bakteri dapat mudah berkembang sehingga menyebabkan gangguan antar gigi. 

Selain itu, masih ada beberapa pertimbangan dokter gigi sebelum melakukan tindakan pencabutan gigi, misalnya bentuk mulut, posisi gigi, rasa sakit yang Anda rasakan, tingkat keparahan masalah penyakit gigi, serta usia. Pencabutan gigi juga mungkin diperlukan jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, sehingga infeksi akan mudah terjadi, seperti saat sedang menjalani kemoterapi atau prosedur transplantasi organ.

Perawatan saluran akar untuk menyelamatkan gigi Anda
Secara umum, perawatan saluran akar gigi dilakukan untuk mengatasi nyeri yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada pulpa akibat gigi berlubang atau cedera pada gigi yang disertai dengan kondisi mulut yang tidak bersih. Perawatan saluran akar ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan gigi dalam mulut.

Dengan perawatan saluran akar yang sedini mungkin, nyeri pada gigi yang sangat mengganggu bisa segera hilang tanpa perlu dicabut. Jaga selalu kesehatan gigi Anda dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dan lakukan pemeriksaan rutin gigi dan mulut Anda setiap enam bulan sekali, ya.

Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG

Spesialis Konservasi Gigi
RS Pondok Indah - Pondok Indah
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor