Tak Lagi Ompong dengan Overdenture

Senin, 04 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Berkembangnya teknologi memungkinkan dokter gigi untuk memberikan pilihan jenis gigi tiruan dan retensinya yang lebih beragam kepada pasien yang membutuhkan gigi tiruan

Tak Lagi Ompong dengan Overdenture

Berkembangnya teknologi memungkinkan dokter gigi untuk memberikan pilihan jenis gigi tiruan dan retensinya yang lebih beragam kepada pasien yang membutuhkan gigi tiruan. Salah satu opsi yang diberikan adalah dengan overdenture.


Teknologi ini adalah salah satu jenis gigi tiruan lepasan yang duduk pada satu atau lebih gigi/akar gigi asli yang sudah dilakukan perawatan saluran akar atau pada implan gigi.


Gigi asli yang dipertahankan dan sudah dilakukan perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) dipotong pendek setinggi gusi, lalu diberikan selubung metal yang bisa ditambahkan magnet atau jenis retainer lain sebagai retensi tambahan. 


Merupakan suatu keuntungan besar bagi pasien jika gigi asli yang dimiliki masih tetap bertahan di dalam rongga mulut dalam kondisi sehat dan dapat dipertahankan.


Dengan dipertahankannya gigi asli yang sehat selama mungkin di dalam rongga mulut, maka kemungkinan penyusutan tulang rahang dapat diminimalisasi, serta ambang rasa sensoris normal dan dimensi vertikal (tinggi gigitan) yang baik masih dapat dimiliki oleh pasien. 


Seringkali terjadi kesalahan pada diagnosis ataupun penatalaksanaan perawatan prostodontik dimana kurang mempertimbangkan kemungkinan untuk mempertahankan sisa gigi asli yang masih dapat digunakan sebagai retensi tambahan gigi tiruan lepasan penuh maupun sebagian.


Konsep tersebut sangatlah tidak tepat, kecuali jika memang seluruh kondisi gigi asli tersisa tidak sehat atau tidak mungkin lagi untuk dipertahankan.


Konsep overdenture dapat diterapkan pada rahang atas maupun bawah, demikian pula dapat digunakan untuk menambah retensi gigi tiruan lepas sebagian maupun penuh.


Gigi asli yang masih layak dipertahankan untuk digunakan sebagai tambahan retensi overdenture tentunya harus mendapatkan pemeriksaan seksama oleh seorang dokter gigi secara intra oral langsung di dalam mulut serta didukung oleh pemeriksaan penunjang radiologi.


Gigi yang masih dapat dipertahankan dan dapat digunakan untuk menambah retensi pada gigi tiruan overdenture yaitu gigi yang sehat, memiliki rasio mahkota dan akar yang ideal, mobilitas/ kegoyangan hendaknya minimal, memiliki jaringan pendukung gusi dan tulang rahang yang sehat dan dapat dilakukan perawatan saluran akar dengan sempurna.


Kelebihan Perawatan Overdenture

Perawatan overdenture memberikan keuntungan bagi pasien yang membutuhkan gigi tiruan. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:


  1. Pasien merasakan kenyamanan dan memberikan efek positif secara psikologis karena gigi asli yang masih bertahan dapat dimanfaatkan
  2. Resorbsi tulang minimal karena masih ada gigi asli yang dipertahankan dan dapat melindungi tulang rahang dari penekanan gigi tiruan serta dapat mempertahankan ketinggian tulang rahangnya
  3. Dengan dipertahankannya gigi asli berikut jaringan pendukungnya, maka proprioseptor normal masih dapat dirasakan pasien saat menerima beban kunyah (dalam hal dimensi dan konsistensi makanan), menunjang kemampuan mengunyah dan adaptasi terhadap gigi tiruan
  4. Retensi dan stabilisasi gigi tiruan lebih baik karena tinggi tulang rahang dipertahankan, ditambah adanya tambahan retensi gigi tiruan yang dicekatkan pada akar gigi asli seperti magnet ataupun alat retentif lainnya
  5. Bagian gigi tiruan yang menutupi jaringan gusi atau mulut lebih minimal dengan adanya tambahan retensi overdenture sehingga pasien terasa lebih nyaman


Kekurangan Perawatan Overdenture

Perawatan tersebut juga memiliki kekurangan untuk nantinya dipertimbangkan oleh pasien yang membutuhkan gigi tiruan, antara lain:


  1. Membutuhkan biaya lebih untuk perawatan saluran akar, pembuatan restorasi overdenture dengan logam tuang (semi precious metal) dan tambahan retentifnya seperti magnet
  2. Membutuhkan perhatian lebih dari pasien untuk menjaga kebersihan di sekeliling sisa akar gigi asli yang berbatasan dengan overdenture. Daerah tersebut mudah terkena plak dan mudah terkena karies sekunder sehingga pasien disarankan untuk kontrol ke dokter gigi teratur setiap enam bulan sekali, juga aplikasi topikal untuk perawatan sehari-hari.


Lebih Stabil dengan Overdenture

Overdenture saat ini merupakan salah satu pilihan prosedur klinik pembuatan gigi tiruan lepasan sebagian atau penuh. Dengan mempertahankan sisa gigi asli yang digunakan sebagai overdenture maka pasien mendapatkan banyak manfaat atau kelebihan dari perawatan yaitu dapat mempertahankan eksistensi tulang alveolar, retensi dan stabilisasi gigi tiruan lebih optimal.


Dengan adanya pilihan perawatan gigi overdenture, pasien hendaknya meminta pendapat pada dua bahkan tiga dokter gigi lain sebelum memutuskan untuk pencabutan gigi asli.