Cari Jadwal Dokter THT Jakarta dan Tangerang

Oleh Tim RS Pondok Indah

Selasa, 25 Juni 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Cari jadwal dokter spesialis THT di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan. Cek jadwal, profil dokter spesialis, dan booking online dokter.

Cari Jadwal Dokter THT Jakarta dan Tangerang

Keluhan pada telinga sudah pasti ditangani oleh dokter spesialis THT. Padahal selain masalah pada telinga, dokter spesialis ini juga berwenang menangani masalah kesehatan pada hidung, tenggorok, beserta fungsi dari organ-organ tersebut. Untuk memberikan layanan yang optimal, dokter spesialis THT kemudian dapat mendalami subspesialisasi sesuai dengan minatnya.


Ahli otolaringologi atau dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala dan leher (Sp.THT-BKL), secara khusus mempelajari berbagai kondisi yang berkaitan dengan kesehatan telinga, hidung dan tenggorok, serta bedah kepala-leher. Jadi, tidak hanya memeriksa dan memberikan pengobatan saja, dokter spesialis THT juga bisa melakukan operasi untuk mengatasi masalah kesehatan di telinga, hidung, dan tenggorok.


Mengenal Dokter Spesialis THT

Seperti namanya, dokter spesialis THT adalah seorang dokter spesialis yang mendiagnosis, mengobati, dan mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorok. Tidak hanya alergi dan infeksi, gangguan tidur, dan berbagai kondisi yang berhubungan dengan sistem pernapasan atas juga termasuk dalam kondisi yang ditangani oleh dokter spesialis THT. 


Baca juga: Sakit Tenggorokan, Ketahui Penyebab dan Penanganannya


Kondisi yang Ditangani Dokter Spesialis THT

Penanganan yang komprehensif dari upaya pemeriksaan, pengobatan, recovery, maupun pencegahan segala masalah pada telinga, hidung, dan tenggorok, merupakan kompetensi seorang dokter spesialis THT.


Berikut ini adalah beberapa kondisi yang ditangani oleh dokter spesialis THT:


1. Masalah Pada Telinga

Masalah pada telinga di sini meliputi gangguan pendengaran, gangguan keseimbangan, telinga berdenging, dan tumor, maupun kanker di telinga.


2. Masalah Pada Hidung

Dokter THT juga bisa menangani berbagai masalah pada hidung seperti alergi, sinusitis, deviasi septum (sekat antar lubang hidung yang menyimpang), anosmia maupun gangguan penghidu lain, dan hidung tersumbat.


3. Masalah Pada Tenggorokan

Kemudian, dokter THT juga dapat menangani berbagai masalah pada tenggorokan. Masalah pada tenggorokan termasuk kesulitan menelan, suara serak, amandel, dan radang tenggorokan.


4. Gangguan Tidur

Terakhir dokter THT juga dapat membantu keluhan seperti gangguan tidur. Gangguan tidur di sini mencakup apnea tidur (sleep apnea) dan kebiasaan mendengkur maupun keluhan lain yang muncul akibat penyempitan saluran pernapasan.


Baca juga: Gendang Telinga Berlubang, Perlukah Ditambal?


Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis THT

Meski telinga, hidung, dan tenggorok mungkin dapat dilihat struktur luarnya, kesehatan seluruh bagian organ ini tetap menjadi perhatian dokter spesialis THT. Untuk mengetahui dengan pasti kondisi telinga, hidung, dan tenggorokan bagian dalam, diperlukan pemeriksaan khusus, baik dengan maupun tanpa alat bantu. Setelah dipastikan penyebabnya, baru dokter spesialis THT akan menentukan penanganan yang sesuai, bisa dilakukan dengan peresepan obat maupun operasi.


Beberapa tindakan medis yang merupakan kompetensi dokter spesialis THT, antara lain:


  1. Laringoskopi, esofangoskopi, maupun pemeriksaan pada telinga, hidung, dan tenggorok menggunakan endoskopi
  2. Audiometri, untuk memeriksa kemampuan mendengar dan mendeteksi adanya gangguan pendengaran sedini mungkin
  3. Irigasi telinga, untuk membersihkan kotoran telinga menggunakan cairan
  4. Septoplasti, memperbaiki letak septum (pemisah kedua lubang hidung) yang melenceng, agar saluran napas kembali lega
  5. Trakeostomi, pemasangan tabung pernapasan khusus di leher sebagai solusi untuk jalan napas yang tersumbat
  6. Tonsilektomi, pengangkatan tonsil atau amandel yang bengkak (akibat infeksi berulang) dan menyumbat jalan napas
  7. Operasi sinus dengan endoskopi functional endoscopy sinus surgery (FESS)
  8. Timpanoplasti dengan atau tanpa mastoidektomi, atau yang dikenal juga dengan operasi untuk memperbaiki gendang telinga baik dengan atau tanpa pengangkatan tulang di belakang telinga yang rusak akibat infeksi berulang
  9. Biopsi dan eksisi
  10. Operasi obstructive sleep apnea (OSA), untuk mengatasi apnea tidur yang tidak membaik dengan pengobatan awal, seperti CPAP (continuous positive airway pressure) atau alat yang mengalirkan udara dengan tekanan positif.
  11. Operasi tumor di leher, dengan atau tanpa diseksi leher, yang dilakukan untuk menghilangkan tumor maupun kanker, dengan atau tanpa pengangkatan kelenjar getah bening



Subspesialisasi Dokter Spesialis THT

Beberapa subspesialis dokter spesialis THT, antara lain:


1. Laring Faring

Subspesialisasi Laring Faring meliputi gangguan suara dan pita suara, penanganan untuk gangguan tidur maupun kelainan bawaan pada pita suara maupun leher, serta terapi bicara setelah penanganan kasus keganasan laring (preservasi suara). Beberapa contoh kasus yang ditangani subspesialis THT ini adalah singer’s node, terapi untuk suara serak, dan operasi untuk mengatasi sleep apnea.


2. Otologi

Dokter THT dengan subspesialisasi otologi lah yang akan melakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan gangguan maupun infeksi pada telinga, termasuk operasi telinga tengah, tatalaksana tumor temporal dan gangguan pendengaran. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dokter spesialis THT dengan subspesialis otologi dapat melakukan tindakan implan koklea, pemasangan ear tube, dan myringotomy


3. THT Komunitas

Subspesialisasi THT Komunitas lebih fokus melakukan pemeriksaan, termasuk screening, pendengaran pada bayi, serta penanganan gangguan pendengaran dengan fitting alat bantu dengar. Selain itu, dokter THT subspesialis THT Komunitas juga melakukan pemeriksaan untuk gangguan kognitif, dengan P300, dan gangguan komunikasi


4. Onkologi Bedah Kepala dan Leher

Dokter THT dengan subspesialisasi ini lah yang akan memeriksa dan menangani kasus keganasan (kanker) kepala leher. Mulai dari biopsi, operasi pengangkatan kanker, dan paliatif, maupun preservasi suara, dengan atau tanpa alat bantu, setelah pengobatan kanker.


Baca juga: Implan Koklea untuk Pendengaran Lebih Baik


Selain itu, ada juga beberapa subspesialisasi dokter THT sebagai berikut:


  • Alergi imunologi, yang memeriksa dan mengatasi masalah alergi serta gangguan kekebalan tubuh, dengan keluhan di telinga, hidung, dan tenggorok. Beberapa pemeriksaannya berupa skin prick test, peak nasal inspiratory flow, dan sniffin stick test.
  • Endoskopi bronkoesofagologi, akan mencari tahu penyebab adanya gangguan tidur, gangguan menelan, makan, dan napas anak maupun dewasa. Kasus disfagia pada anak termasuk kondisi yang ditangani dokter spesialis THT ini
  • Neurotologi, memeriksa gangguan pendengaran, keseimbangan, dan saraf fasialis. Kondisi medis yang termasuk ke dalam lingkup kerja subspesialis dokter THT ini adalah tinitus (telinga berdenging) dan vertigo
  • Rhinologi, lebih fokus mengatasi kondisi pada hidung dan fungsinya sebagai penghidu. Beberapa tindakan yang dilakukan dokter THT subspesialis rhinologi untuk memeriksa dan mengatasi kondisi medis tersebut, meliputi pemeriksaan dengan rigid nasoendoskopi. Sedangkan tindakannya berupa olfactory training, operasi hidung (termasuk endoscopic septoplasty) dan sinus, dan penanganan sinusitis melalui functional endoscopic sinus surgery (FESS).
  • Plastik rekonstruksi, meliputi operasi plastik pada daerah kepala dan leher terkait gangguan pada telinga, hidung dan tenggorokan, seperti patah tulang hidung, facial cleft, microtia, dan kasus kanker kepala leher. Tindakan yang dilakukan bisa berupa ORIF, palatoplasti dan labioplasti, maupun operasi rekonstruksi.


Tips Memilih Dokter Spesialis THT yang Tepat

Supaya lebih maksimal, pastikan Anda memilih dokter spesialis THT yang sesuai. Berikut ini adalah berbagai faktor yang bisa dipertimbangkan ketika hendak memilih dokter spesialis THT, di antaranya:


1. Keahlian dokter 

Pastikan Anda memilih dokter spesialis THT yang sesuai, baik dengan kompetensinya maupun dengan keluhan yang Anda alami. Misalnya saja, jika Anda memiliki keluhan suara serak dan tengah mengalami batuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis THT dengan subspesialisasi Laring Faring.


2. Fasilitas yang Tersedia

Meski kebanyakan klinik maupun rumah sakit saat ini sudah memiliki standar kenyamanan dan kebersihan bagi pelayanan pasiennya, Anda tetap perlu memastikan tempat praktek dokter THT yang dipilih sesuai dengan preferensi. Tidak hanya itu, ketersediaan alat pemeriksaan juga patut diperhatikan, seperti tersedianya alat endoskopi, alat pemeriksa tajam pendengaran, hingga laboratorium pribadi.



Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Jakarta dan Tangerang

Subspesialisasi dokter THT di RS Pondok Indah yang terpercaya pada semua cabangnya, serta fasilitas kesehatan yang terkini dapat membantu mengatasi keluhan Anda terkait masalah di telinga, hidung, dan tenggorok. Berikut ini adalah daftar dokter spesialis THT yang tersedia di RS Pondok Indah pada masing-masing cabang: 


Daftar Dokter Spesialis THT Jakarta Selatan


RS Pondok Indah - Pondok Indah


Dr. dr. Tri Juda Airlangga Hardjoprawito, Sp. Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. K. (K)

Dr. dr. Cita Herawati Murjantyo, Sp. Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Onk. (K)

Dr. dr. Fauziah Fardizza, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. L. F. (K), FICS

dr. Syahrial M.H, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. L. F. (K)

dr. Ibnu Harris Fadillah, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Onk. (K)

dr. Zainal Adhim, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. L. F. (K), Ph.D

dr. Chippy Ahwil, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Onk. (K)

dr. Edo Wira Candra, Sp. Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Onk. (K) , M.Kes, FICS

dr. Lola Yucola, Sp. T. H. T. B. K. L, M.Kes


Daftar Dokter Spesialis THT Jakarta Barat


RS Pondok Indah - Puri Indah


dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Oto. (K)

dr. Agus Subagio, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Aries Hariadi Putra, DPBO, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Ricky Yue, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Vika Aryan Sari, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Dwi Wahyu Manunggal, Sp. T. H. T. B. K. L


Daftar Dokter Spesialis THT Tangerang Selatan


RS Pondok Indah - Bintaro Jaya


dr. Ibnu Harris Fadillah, Sp. T. H. T. B. K. L, Subsp. Onk. (K)

dr. Emma Agustini, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Ashadi Budi, Sp. T. H. T. B. K. L

dr. Jessica Fedriani, Sp. T. H. T. B. K. L


Tidak hanya menyediakan dokter spesialis THT dari berbagai subspesialis yang kompeten, fasilitas dan pelayanan yang lengkap serta menggunakan teknologi terkini perlu Anda pertimbangkan. Sebab semua komponen ini diperlukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan akurat dalam mengatasi keluhan di telinga, hidung, dan tenggorok yang Anda alami.


RS Pondok Indah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik demi kesehatan dan kenyamanan pasien. Selain dokter spesialis THT yang kompeten dari berbagai subspesialisnya, fasilitas dan pelayanan yang terdepan dapat menyuguhkan alur pengobatan tepat, akurat, serta nyaman bagi Anda maupun keluarga dengan keluhan pada ketiga organ ini.