Close
Close Language Selection
Health Articles

Terapi Akupunktur Membantu Redam Kecanduan Rokok

Rabu, 23 Peb 2022
Terapi Akupunktur Membantu Redam Kecanduan Rokok

Berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi perokok “veteran”. Terapi akupunktur ternyata dapat membantu Anda yang telah memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan peningkatan terus terjadi pada jumlah perokok di Indonesia. Berdasarkan data Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) 2018, terjadi peningkatan prevalensi merokok pada kelompok usia di atas 15 tahun dari 32,8 persen (2016) menjadi 33,8 persen. Sementara itu, peningkatan prevalensi merokok pada remaja kelompok usia 10-18 tahun turut meningkat dari 7,20 persen (2013) ke 9,10 persen.

Ditinjau dari dunia kesehatan, ada berbagai cara yang dapat dicoba sebagai solusi untuk mengatasi kecanduan terhadap rokok dan nikotin. Salah satu yang cukup efektif adalah dengan mengikuti terapi akupunktur.

Secara umum, akupunktur adalah modalitas pengobatan dengan menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di kulit untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu berdasarkan pengetahuan anatomi, fisiologi, dan patologi serta berasas prinsip-prinsip evidence based medicine (EBM). Terapi akupunktur pada beberapa titik akupunktur mempunyai efek terhadap ketergantungan pada rokok, sehingga dapat dikurangi sampai dihentikan.

Terapi akupunktur dapat memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam rokok. Nikotin adalah salah satu zat yang memberikan efek candu.

Berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa teknik akupunktur dapat membantu perokok aktif untuk membatasi keinginan merokok. Dalam salah satu penelitian, terapi akupunktur yang diaplikasikan ke subjek penelitian (perokok aktif), efektif menurunkan sampai dengan 46 persen jumlah batang rokok per hari yang dihisap.

Modalitas akupunktur
Saat ini terdapat berbagai macam modalitas akupunktur selain menggunakan jarum. Penggunaan modalitas tergantung dengan keadaan pasien dan kontraindikasi dari setiap pasien. Beberapa modalitas non-jarum yang lazim digunakan antara lain:

  • Elektro akupunktur
  • Laserpunktur
  • Sonopunktur
  • Akupunktur tanam
  • Benang
  • Farmakopunktur

Ubah pola hidup
Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, sebaiknya Anda harus mempunyai komitmen yang kuat dan menyesuaikan pola hidup menjadi lebih sehat. Terapi akupunktur akan lebih efektif jika didukung dengan hal-hal berikut ini:

  • Berolahragalah untuk mengurangi stres dan membantu Anda lebih rileks dibandingkan dengan merokok
  • Konsumsi jus buah dan sayuran segar untuk menetralkan darah dari asam nikotin dan menstabilkan kadar gula darah
  • Hindari makanan siap saji, makanan dan minuman manis, dan kopi yang dapat mengganggu kadar gula darah dan meningkatkan keasaman darah yang dapat memperparah gejala “sakau” nikotin
  • Teh hijau atau green tea dapat diminum selama masa detoksifikasi untuk memberikan jaringan elemen yang mengurangi keinginan untuk merokok
  • Minum air yang cukup. Riset menunjukkan bahwa dehidrasi memunculkan rasa mengidam. Minum air yang cukup sepanjang hari mampu membantu meredamnya
  • Latihan pernapasan dalam (meditasi) untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan membuat Anda tenang

Kuatkan niat dan tekad
Sebelum menjalankan terapi akupunktur untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan merokok, ada baiknya untuk membulatkan niat dan tekad Anda terlebih dahulu. Pada dasarnya, tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum melakukan tindakan akupunktur ini. Akan tetapi, jika niat dan tekad Anda masih kurang maksimal, maka ada risiko terapi yang akan Anda lakukan akan menjadi sia-sia.

Keinginan fisik hanyalah satu aspek dari ketergantungan pada rokok. Sering kali, kebiasaan merokok lebih sulit dihentikan dibanding dengan ketergantungan fisik terhadap kebiasaan merokok. Namun, apabila merokok dapat membantu mengatasi situasi sulit Anda, berhenti merokok dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika merokok adalah bagian ritual Anda sehari-hari, maka tidak merokok dapat membuat hari Anda menjadi sangat berat.

Menghentikan kebiasaan merokok memerlukan dukungan, baik secara fisik dan emosional, maupun dari keluarga dan lingkungan sekitar. Perlu Anda ingat, terapi akupunktur hanya membantu mengatasi ketergantungan pada rokok dengan menghentikan rasa gelisah, menurunkan rasa emosi dan lelah, meningkatkan proses relaksasi tubuh, serta membantu mendetoksifikasi nikotin dari tubuh.

Akupunktur bukanlah pengobatan yang instan untuk kecanduan seperti merokok. Untuk membantu Anda berhenti merokok, Anda memerlukan satu seri terapi (12 kali), seminggu dua kali. Akupunktur efektif dalam membantu Anda menghentikan kebiasaan merokok seutuhnya. Maka itu, kuatkan niat dan tekad Anda dulu. Apabila Anda sudah siap untuk berhenti merokok, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis akupunktur klinik dan lihatlah bagaimana akupunktur dapat membantu Anda memulai hidup sehat tanpa rokok.

dr. R. Handaya Dipanegara, M.Kes, Sp.Ak

Spesialis Akupunktur Klinik
RS Pondok Indah - Pondok Indah
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 25 Jan 2019

Tulang Belakang Ideal Remaja Aktif

Read More
Health Articles Selasa, 10 Des 2019

Menyiapkan Asupan Pertama untuk Si Kecil

Read More
Health Articles Kamis, 05 Apr 2018

Bahaya Difteri pada Anak

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor