Close
Close Language Selection
Health Articles

Mitos Fakta Seputar Bayi Tabung

Selasa, 06 Jul 2021
Mitos Fakta Seputar Bayi Tabung

Derasnya informasi dari berbagai media sosial membuat masyarakat bimbang memilih mana informasi yang dapat dipercaya, termasuk mengenai bayi tabung.

Perkembangan teknologi sukses membuka lebar akses terhadap berbagai informasi. Sayangnya, derasnya informasi dari dunia maya dan berbagai media sosial tak jarang justru menjadikan masyarakat bimbang dalam menya ring informasi. Tak terkecuali dengan topik mengenai bayi tabung. Salah satu cara mendapatkan keturunan dengan mempertemukan sel telur dan sel sperma di luar tubuh ibu ini juga tak luput dari berbagai misinformation dan mitos yang tak akurat. Jadi, bagaimana informasi yang tepat soal bayi tabung?

Program bayi tabung membuat wanita tambah gemuk.
#FAKTA

Obat­-obat kesuburan akan meningkatkan kadar hormon estrogen sehingga tubuh menahan lebih banyak air dan meningkatkan sedikit berat badan. Namun, setiap orang memiliki bentuk reaksi yang berbeda terhadap suatu jenis obat. Oleh karena itu, setiap penggunaan obat sebaiknya didiskusikan secara detail dengan dokter fertilitas Anda.

Program bayi tabung meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium.
#MITOS

Obat-­obat hormonal yang digunakan dalam program bayi tabung dapat mempengaruhi ovarium yang pada beberapa kasus dikaitkan dengan kejadian kanker. Namun hal ini sifatnya multifaktorial, artinya ada banyak faktor lain yang lebih mempengaruhi terjadinya kanker. Dari 81 artikel penelitian yang telah dipublikasikan, tidak ada hubungan yang pasti antara penggunaan obat hormonal dan kanker.

Bayi hasil program bayi tabung memiliki risiko lebih tinggi mengalami cacat lahir dan lebih mudah terserang penyakit.
#MITOS

Sejak pertama kali dilaporkan kejadian cacat lahir pada bayi hasil program bayi tabung pada 1980, banyak penelitian yang mengulas hubungan antara keduanya. Namun, sampai dengan penelitian terbaru, angkanya tidak berbeda jauh dengan kejadian cacat lahir pada kehamilan yang terjadi secara alamiah. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat faktor lain yang menyebabkan kejadian cacat lahir tersebut.

Wanita yang sudah mengikuti program bayi tabung hanya bisa menggunakan metode tersebut untuk hamil selanjutnya.
#MITOS

Program bayi tabung hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan keturunan dengan mempertemukan sel telur dan sel sperma di luar tubuh calon ibu. Setelah hamil dengan program bayi tabung, pasangan dipersilakan memilih metode apapun untuk mendapatkan kehamilan selanjutnya selama masih sesuai dengan kondisi pasangan tersebut.

Proses bayi tabung meningkatkan risiko kehamilan kembar.
#FAKTA

Kehamilan kembar merupakan salah satu komplikasi dari teknologi reproduksi berbantu, termasuk bayi tabung. Hal ini terkait dengan jumlah embrio yang ditransfer. Walaupun hal ini sering dianggap menguntungkan, harus diketahui bahwa kehamilan kembar akan meningkatkan risiko komplikasi pada ibu, seperti diabetes gestasional, pre-eklamsia, prematuritas, dan angka persalinan sesar.

Program bayi tabung memungkinkan orang tua memilih jenis kelamin anak.
#FAKTA

Setelah pembuahan terjadi dan terbentuk embrio, jenis kelamin dapat diketahui dengan satu langkah tambahan yaitu Pre-implantation Genetic Screening (PGS). Namun demikian, pemeriksaan khusus memilih jenis kelamin masih kontroversial karena tujuan program bayi tabung adalah untuk mendapatkan embrio sehat, bukan untuk memilih jenis kelamin.

Konsumsi obat-obatan herbal membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.
#MITOS

Walaupun aman untuk dikonsumsi, pemakaian obat-obatan herbal belum terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung. Sehingga, bagi wanita yang mengonsumsi obat hormonal sebaiknya menghindari konsumsi obat herbal. Efeknya yang sering berlawanan dengan fungsi ovarium dapat berpengaruh negatif terhadap program.

Terapi akupunktur dapat membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.
#FAKTA

Meskipun belum diketahui secara pasti, tapi gambaran USG menunjukkan aliran darah rahim membaik setelah terapi akupunktur. Hal ini tentunya memberikan suasana lingkungan yang baik untuk implantasi embrio. Selain itu, penelitian juga menunjukkan peningkatan angka kehamilan sampai 20 persen pada pasien yang menerima terapi akupunktur saat menjalani program bayi tabung.

Program bayi tabung adalah usaha terakhir untuk mendapatkan keturunan sehingga pasangan baru menikah tidak boleh menggunakan metode ini.
#MITOS

Pasangan baru menikah yang memiliki masalah sumbatan saluran telur, gangguan sperma berat, atau indikasi lain, tapi memilih metode bayi tabung karena mengetahui angka keberhasilan lebih tinggi dibandingkan dengan metode lain, diperbolehkan untuk menjalaninya sejak pertama kali. Tidak dapat dipungkiri, pasangan yang menjalani program kehamilan bayi tabung biasanya memiliki tingkat kekhawatiran lebih tinggi dari pasangan lain yang menjalani program kehamilan selain bayi tabung.

Maka itu, RS Pondok Indah IVF Centre memberikan pelayanan melalui pendekatan personal. Setiap pasangan yang memulai program bayi tabung akan didampingi oleh tim RS Pondok Indah IVF Centre dalam setiap tahapan. Baik, dengan hadirnya dokter konselor yang siap menjawab setiap pertanyaan Anda dan pasangan selama program, juga penanganan profesional oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi pilihan Anda sejak awal program sampai akhir.

Pada prinsipnya bayi tabung adalah salah satu dari sekian cara untuk mendapatkan keturunan. Terlepas dari berbagai persepsi yang ada, kewajiban manusia dalam hidup ini adalah berusaha dan selebihnya Tuhan yang menentukan. Keyakinan terhadap Tuhanlah yang perlu dipelihara untuk menguatkan niat. Be positive, and you’ll get pregnant.

dr. Upik Anggraheni Priyambodo, Sp.OG-KFER

Spesialis Kebidanan & Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi & Reproduksi
RS Pondok Indah - Pondok Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 29 Nov 2019

Tidur Berkualitas, Aktivitas Lancar

Read More
Health Articles Minggu, 13 Des 2015

Kelainan Testis pada Anak Laki-laki

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor