Close
Close Language Selection
Health Articles

Mengatasi Obesitas pada Anak

Jumat, 26 Mei 2017
Mengatasi Obesitas pada Anak

Anak kecil dengan tubuh yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi, tahukah Anda bahwa ia mungkin mengalami kelebihan lemak atau yang dikenal dengan obesitas?

Banyak orang yang mengartikan obesitas sebagai kelebihan berat badan. Padahal, pengertian tersebut kurang tepat. Obesitas adalah kelebihan lemak tubuh yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi kelebihan berat badan.

Tubuh manusia terdiri dari fat free mass dan fat mass. Fat free mass meliputi tulang, otot, dan organ tubuh vital. Sedangkan fat mass adalah lemak tubuh, yang pada keadaan obesitas berkembang lebih dari normal. Anak dengan berat badan lebih kemungkinan menderita obesitas.

Faktor obesitas pada anak

Obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga dapat dialami oleh anak-anak. Anak yang obesitas dapat dinilai dari indeks massa tubuh (body mass index), atau dinilai dari perbandingan berat badan terhadap tinggi badan pada usia tertentu.

Obesitas dapat disebabkan oleh faktor genetik, juga faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah gaya hidup seperti asupan makanan yang diberikan oleh orangtua. Oleh karena itu pada anak obesitas, orangtua disarakankan untuk mengajarkan pola hidup yang benar sejak dini. Jika anak dibiasakan mengonsumsi makanan cepat saji dan tidak dibiasakan berolahraga, maka akan sulit mengatasi problema obesitasnya.

Akibat obesitas pada anak

Obesitas pada anak dapat menyebabkan berbagai komplikasi misalnya diabetes, kelainan metabolisme lemak yang ditandai dengan peningkatan lemak dalam darah dan dapat menyebabkan penyakit kolesterol (dyslipidemia), penimbunan lemak yang berlebih di sel-sel hati (fatty liver), hipertensi, gangguan tidur (obstructive sleep apnea), asma, bahkan gangguan hormon yang ditandai puber lebih awal. Selain itu, obesitas juga menimbukan masalah sosial, misalnya harga diri rendah, bullying, bahkan depresi pada anak.

Anak obesitas bisa kekurangan gizi

Anak yang obesitas belum tentu mendapatkan gizi baik, mungkin juga mengalami malnutrisi atau nutrisi yang salah. Mereka kelebihan kalori dan lemak, tetapi kurang asupan protein, vitamin, mineral dan serat yang sehat karena umumnya telalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak, tinggi garam, dan tinggi gula.

Vitamin, mineral, dan serat banyak terdapat di dalam sayuran dan buah segar yang tidak dapat digantikan oleh produk instan atau makanan olahan meskipun dengan klaim mengandung vitamin dari sayur dan buah-buahan. Oleh karenanya, mari ajak anak-anak kita untuk hidup sehat sejak dini dengan membiasakannya aktif berolahraga dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Cegah dan atasi obesitas pada anak

Untuk penanganan obesitas pada anak dapat dilakukan dengan diet dan berolah raga. Pemberian obat-obatan tidak disarankan, apalagi tindakan operatif

  • Diet seimbang

Cara ini dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang cukup kalori, lemak dan protein. Perhatikan besar kalori setiap makanan yang diberikan pada anak.

  • Olahraga

Cari kegiatan seru untuk anak, misalnya bersepeda dan berenang. Jika anak sudah dibiarkan menonton televisi sambil mengonsumsi camilan atau makanan cepat saji, tentu kemungkinan anak mengalami obesitas akan semakin besar.

  • Edukasi

Memberikan edukasi terhadap anak tentang bahaya obesitas adalah cara mencegah yang cukup ampuh. Oleh karena itu, orangtua harus aktif mencari informasi tentang gaya hidup sehat dan pola hidup yang baik, kemudian menerapkannya pada anak.

dr. David Fadjar Putra, M.S, Sp.GK

Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah - Pondok Indah
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Selasa, 24 Mar 2020

Pentingnya Vaksin Influenza

Read More
Health Articles Senin, 18 Mei 2015

Mengenal Penyakit Jantung Koroner

Read More
Health Articles Rabu, 07 Jun 2017

Penyakit Jantung Koroner, Kenali Gejalanya

Read More
Health Articles Kamis, 24 Jan 2019

Bebas Pegal, Tubuh Nyaman Saat Hamil

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor