Close
Close Language Selection
Health Articles

Penanganan Saat Cedera Olahraga

Selasa, 28 Okt 2014
Penanganan Saat Cedera Olahraga

Pertolongan pertama akan sangat menentukan proses penyembuhan suatu cedera. Pertolongan pertama yang paling penting adalah menghentikan pendarahan untuk meminimalisir pembengkakan dan sakit yang terjadi akibat pendarahan. Diagnosa dilakukan segera pada saat cedera guna menentukan langkah penanggulangannya.

Prinsip pertolongan pertama untuk cedera adalah 'rest, ice, compression, elevation' (RICE). 'Rest' atau istirahat sebagai salah satu proses pemeriksaan dan observasi lebih lanjut. 'Ice' bertujuan memberikan kompres es guna mengurangi rasa sakit dan pembekakan. 'Compression' dilakukan bersamaan dengan kompres es dengan ditekan pada daerah cedera. 'Elevation' adalah meninggikan bagian anggota tubuh yang cedera untuk mengurangi aliran darah ke daerah cedera. Tindakan RICE sebaiknya dilakukan secara terus-menerus untuk perbaikan rasa sakit, perbaikan batasan gerak dan pengurangan pembengkakan.

Apabila keluhan tetap tidak berubah, apalagi keadaan memburuk, segera berkonsultasi ke dokter untuk perawatan selanjutnya. Untuk mengetahui diagnosa lebih lanjut, penderita cedera dapat melakukan pemeriksaan diagnostik, seperti MRI 3T Skyra. Kelebihan dari MRI 3T Skyra adalah mempertajam diagnosis yang sebelumnya tidak terlihat jelas di alat MRI 1,5 Tesla. MRI 3T Skyra mampu mendeteksi bagian kepala, tulang belakang, jaringan lunak, persendian, dan tulang belakang.

dr. Carmen S. Y. Jahja

Dokter Umum
RS Pondok Indah - Pondok Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 14 Sep 2018

Kegunaan MRI untuk Diagnosis Penyakit Jantung

Read More
Health Articles Senin, 30 Apr 2018

Kanker Serviks Bisa Disembuhkan?

Read More
Health Articles Rabu, 11 Des 2019

Sukses Stop Rokok dengan Akupunktur

Read More
Health Articles Kamis, 22 Okt 2015

Waspadai Nyeri Perut Saat Haid

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor