Cari Jadwal Dokter Anak Jakarta dan Tangerang

Oleh Tim RS Pondok Indah

Selasa, 25 Juni 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Cari jadwal dokter spesialis anak di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan. Cek jadwal, profil dokter spesialis, dan booking online dokter.

Cari Jadwal Dokter Anak Jakarta dan Tangerang

Menyesuaikan kebutuhan medis anak merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua, terlebih menentukan dokter spesialis anak yang tepat. Salah satu upayanya adalah dengan memilih dokter anak yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menangani kasus yang sedang dialami oleh anak, termasuk dengan mengetahui subspesialis dokter anak beserta kompetensinya.


Dokter spesialis anak (Sp.A), memiliki tugas dan kompetensi utama untuk memeriksa, mendiagnosa dan memberikan pengobatan bagi anak dan bayi, atau mereka yang berusia 0-18 tahun. Selain itu, beberapa upaya pencegahan dan pemantauan tumbuh kembang anak juga menjadi perhatian dokter spesialis anak.


Mengenal Dokter Spesialis Anak Lebih Dekat

Selain ukuran tubuh yang berbeda dengan orang dewasa, anak juga memerlukan perhatian khusus dari dokter spesialis anak untuk menangani berbagai masalah kesehatan yang dialaminya. Dokter anak, atau ahli pediatri, memiliki pengetahuan yang meliputi perkembangan fisik, emosional, dan sosial anak-anak, serta telah terlatih dalam mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit yang umumnya dialami oleh anak-anak.


Kondisi yang Ditangani Dokter Spesialis Anak

Selain mendiagnosa dan menangani penyakit pada bayi, anak, dan remaja, dokter spesialis anak juga berperan dalam proses evaluasi kesehatan secara umum serta upaya pencegahan terjadinya penyakit. Beberapa kondisi yang ditangani dokter spesialis anak, antara lain:


  • Pemeriksaan kesehatan bayi dan anak
  • Evaluasi tumbuh kembang anak (termasuk status gizi) serta mendeteksi gangguan dalam proses ini, seperti stunting, sekaligus rencana penanganan untuk meminimalkan ketertinggalan tumbuh kembang 
  • Edukasi cara menyusui bayi yang tepat serta gaya hidup yang sebaiknya dijalani ibu
  • Memantau bayi yang baru lahir, terutama untuk yang lahir prematur, dan memberikan penanganan hingga ia siap dipulangkan 
  • Mendeteksi dan merencanakan penanganan untuk kelainan genetik atau cedera fisik pada anak 
  • Memberikan imunisasi serta merencanakan jadwal imunisasi selanjutnya, maupun rencana imunisasi kejar bagi yang ketinggalan
  • Memastikan dan memberikan penanganan untuk gangguan pernapasan pada anak, seperti asma dan pneumonia, infeksi saluran kemih, alergi, gangguan pencernaan, maupun penyakit menular atau penyakit tidak menular yang dialami anak
  • Memberikan rujukan ke spesialis lain jika memang diperlukan


Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Anak

Sedangkan tindakan medis yang dilakukan oleh dokter spesialis anak, meliputi: 


  • Melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan anak, tumbuh kembang anak, status vaksinasi anak, serta riwayat kehamilan dan persalinan ibu
  • Menentukan penanganan kesehatan sesuai kebutuhan anak, baik dengan peresepan obat, saran tindakan medis, maupun rawat inap
  • Menjelaskan kondisi medis yang dialami anak, pilihan serta rekomendasi pengobatan maupun tindakan medis untuk anak kepada orang tua atau wali dengan jelas dalam bahasa yang mudah dimengerti
  • Melakukan penyuntikan, baik dengan tujuan pengobatan maupun pemberian vaksinasi
  • Memberikan pertolongan medis pada kondisi gawat darurat yang dialami anak, termasuk sesak napas, kejang, dan sepsis atau syok, kemudian merencanakan penanganan lanjutan yang diperlukan anak
  • Memantau dan mengevaluasi kondisi anak selama perawatan


Subspesialisasi Dokter Spesialis Anak 

Untuk memberikan penanganan yang fokus dan khusus bagi anak, banyak spesialis anak di Jakarta yang memegang kualifikasi lanjutan seperti Sp.A (K) di berbagai bidang, menunjukkan pengetahuan dan pengalaman luas mereka. Beberapa subspesialis dokter spesialis anak, yang meliputi:


1. Alergi Imunologi

Meliputi pengobatan pada kasus alergi maupun kekebalan tubuh anak. Beberapa contoh kondisi medisnya meliputi urtikaria, alergi makanan, dan penyakit autoimun.


2. Emergensi dan Rawat Intensif Anak

Memberikan penanganan pertama pada kasus gawat darurat yang dialami anak, serta melakukan perawatan dan pemantauan bagi anak yang dirawat di ruang intensif anak, seperti pada kasus cedera karena kecelakaan dan memberikan resusitasi awal hingga lanjutannya.


3. Endokrinologi

Memeriksa dan menentukan penanganan terkait kelainan hormon yang dialami anak, seperti hipotiroid, diabetes, dan undesensus testis.


4. Gastrologi Hepatologi

Berperan dalam mengatasi masalah pada pencernaan dan liver anak, termasuk hepatitis, penyakit Hirschsprung, maupun intoleransi laktosa


5. Infeksi dan Pediatri Tropis

Menangani anak yang menderita penyakit anak di daerah tropis, meliputi cacingan, DBD, demam tifoid, dan malaria


6. Kardiologi

Bagi anak yang memiliki masalah dengan kesehatan jantung dan pembuluh darahnya, seperti endokarditis, miokarditis, dan tetralogy fallot.


7. Nefrologi

Menangani masalah terkait ginjal maupun saluran kemih yang lain. Beberapa contoh kasusnya adalah infeksi saluran kencing, ginjal polikistik, dan sindrom nefrotik.


8. Neonatalogi

Khusus menangani anak yang baru lahir, khususnya yang terlahir secara prematur, dengan cacat bawaan maupun kondisi medis yang kritis, meliputi bayi kuning, asfiksia, maupun kejang pada bayi baru lahir.


9. Neurologi

Menangani masalah terkait sistem saraf anak, termasuk kejang, epilepsi, dan gangguan tumbuh kembangnya


10. Nutrisi dan Penyakit Metabolik

Memastikan status gizi anak dan memberikan rencana makan anak untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, meliputi saran pengganti ASI, pemberian MPASI, dan mengatasi kesulitan makan pada anak


11. Pencitraan

Melakukan, memeriksa dan mengartikan pencitraan untuk anak, baik dalam bentuk USG, rontgen, CT-Scan, MRI, maupun pemeriksaan pencitraan lain.


12. Respirologi

Mengatasi masalah pernapasan pada anak, seperti tonsillitis, asma, pneumonia, dan TBC anak.


13. Pediatri Sosial

Menilai tumbuh kembang anak dan mendeteksi kemungkinan gangguan terkait, sekaligus interaksinya dengan lingkungan, termasuk mendeteksi dan mengatasi stunting.


14. Hematologi Onkologi

Menangani kasus kelainan darah serta kanker pada bayi dan anak. Beberapa contoh penyakit yang ditangani subspesialis ini adalah thalasemia, hemofilia, dan leukimia.


3 Tips Memilih Dokter Anak yang Tepat Bagi Si Kecil

Supaya lebih maksimal, pastikan Anda memilih dokter spesialis anak yang sesuai. Berikut ini adalah berbagai faktor yang bisa dipertimbangkan ketika hendak memilih dokter anak, di antaranya:


1. Riwayat Kesehatan Anak

Pertama, perhatikan kondisi dan riwayat kesehatan si kecil. Apakah si kecil memiliki kondisi medis khusus yang memerlukan perhatian lebih?


Kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti penyakit autoimun, jantung, atau gangguan hormon, dan gangguan gizi tentu memerlukan penanganan khusus. Jadi, Anda bisa mencari dokter anak dengan subspesialisasi terkait yang tentunya memiliki pengalaman dan kompetensi lebih dalam terhadap kondisi tersebut. Misalnya, anak dengan penyakit jantung sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anak subspesialis kardiologi.


2. Fasilitas yang Tersedia

Jangan lupa untuk memeriksa juga kelengkapan fasilitas yang tersedia di klinik atau rumah sakit tempat praktik dokter anak pilihan Anda.


Ketersediaan fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium, pemeriksaan radiologi, dan ruang rawat inap khusus anak yang nyaman, tentunya akan memudahkan proses pemeriksaan dan pengobatan si kecil.


Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan adanya ruang tunggu yang ramah anak, nyaman, aman, dan bersih, serta memiliki area bermain bagi si kecil. Kondisi ruang tunggu yang nyaman akan membuat anak merasa lebih tenang menjelang pemeriksaan dokter.


3. Kenyamanan Anak dan Orang Tua

Kenyamanan tentu merupakan salah satu faktor utama dalam memilih dokter bagi anak. Selain kompetensi dan pengalaman, dokter anak yang Anda pilih sebaiknya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi buah hati maupun Anda.


Hal ini dapat tercermin dengan penjelasan yang baik dan mudah dipahami, serta cara dokter berkomunikasi dengan si kecil. Selain itu, dokter anak juga memeriksa kondisi anak Anda dengan sabar dan teliti sambil terus menjaga ketenangan si kecil.


Rekomendasi Dokter Anak di Jakarta dan Tangerang

RS Pondok Indah sebagai salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Indonesia yang memiliki dokter spesialis anak dengan subspesialisasi lengkap, merupakan pilihan yang direkomendasikan bagi orang tua untuk menangani dan mengatasi masalah kesehatan anak.


Berikut ini adalah daftar dokter spesialis anak yang tersedia di RS Pondok Indah berdasarkan lokasi cabang yang tersedia: 


Daftar Dokter Anak Jakarta Selatan


RS Pondok Indah - Pondok Indah


Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp. A, Subsp. End., FAAP FRCPI (Hon.) (via Call Center)

Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp. A, Subsp. Neo. (via Call Center)

Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A, Subsp. I. P. T., M.TropPaed.

Prof. Dr. dr. Pustika A. Wahidiyat, Sp. A, Subsp. H. O

Dr. dr. Dwi Putro Widodo, Sp. A, Subsp. Neuro., M.Med (Clin Neurosci)

dr. Endah Citraresmi, Sp. A, Subsp. A. I.

dr. Evita Karianni Bermanshah, Sp. A, Subsp. Rad.

Dr. dr. Muzal Kadim, Sp. A, Subsp. G.H.

dr. Purnamawati, S.P., Sp. A, Subsp. G. H., MMed.Paed

dr. S. Harry Purwanto, Sp. A, Subsp. E. R. I. A.

dr. Wahyuni Indawati, Sp. A, Subsp. Resp.

dr. Winda Azwani, Sp. A, Subsp. Kardio.

dr. Cut Nurul Hafifah, Sp. A, Subsp. N. P. M.

dr. Ghaisani Fadiana, Sp. A, Subsp. End.

dr. Henny Adriani Puspitasari, Sp. A, Subsp. Nefro.

dr. Melani Rakhmi Mantu, Sp. A, Subsp. T. K. P. S

dr. Carlina Cornain, Sp. A

dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp. A

dr. Sander D. Teddy, Sp. A

dr. Yovita Ananta, Sp. A, MHSM, IBCLC

dr. Rosary, Sp. A

dr. William Jayadi Iskandar, Sp. A

dr. Radhian Amandito, Sp. A


Daftar Dokter Anak Jakarta Barat


RS Pondok Indah - Puri Indah


dr. Setya Dewi Lusyati, Sp. A, Subsp. Neo, Ph.D

dr. Martani Widjajanti Sukarlan, Sp. A, Subsp. A. I.

dr. Novitria Dwinanda, Sp. A, Subsp. N. P. M

dr. Dwinanda Aidina, Sp. A, Subsp. I. P. T

dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp. A, IBCLC, CIMI

dr. Frieda Hartono, Sp. A

dr. George Mogi, Sp. A

dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp. A

dr. Martine Natasuria, Sp. A, M.Kes

dr. Ellen Wijaya, Sp. A

dr. Felix, Sp. A

dr. Asri Kartika Putri, M.Med.Sc, Sp. A


Daftar Dokter Anak Tangerang Selatan


RS Pondok Indah - Bintaro Jaya


Dr. dr. Debbie Latupeirissa, Sp. A, Subsp. I. P. T

dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A, Subsp. G. H.

dr. Arie Sulistyowati, M.Sc., Subsp. Neuro

dr. Matheus Tatang Puspanjono, Sp. A, M.Klinik.Ped

dr. Robert Soetandio, Sp. A, M.Si.Med

dr.. A. A. A. Putu Indah Pratiwi, Sp. A

dr. Fransiska Farah, M.Kes, Sp. A

dr. Liza Fitria, Sp. A

dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M.Sc

dr. Nitish Basant Adnani, B.Med.Sc, M.Sc, Sp. A



Alasan membuat janji temu dengan dokter spesialis anak masih identik dengan penyakit atau kondisi medis yang dialami si kecil. Padahal kunjungan dan konsultasi ke dokter spesialis anak juga perlu dilakukan untuk memastikan tumbuh kembangnya sesuai, serta untuk melakukan beberapa upaya pencegahan terkena penyakit tertentu, seperti pemberian vaksin. Untuk itu, pilihlah dokter spesialis anak yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.


Jika ragu, ajak buah hati Anda ke RS Pondok Indah cabang terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh dari dokter spesialis anak terbaik, dengan pelayanan yang nyaman dan ramah bagi si kecil.