Close
Close Language Selection
Health Articles

Bentuk Tubuh Impian dengan Bedah Plastik

Selasa, 26 Mei 2015
Bentuk Tubuh Impian dengan Bedah Plastik

Bedah plastik untuk kecantikan dikenal sebagai bedah plastik kosmetik. Tindakan ini merupakan tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk mencapai penampilan yang Anda inginkan. Bedah plastik kosmetik dapat dilakukan pada beberapa bagian tubuh.

Wajah
Seiring bertambahnya usia, wajah pun akan terlihat menua. Untuk ‘meringankan’ proses penuaan ini, dapat dilakukan operasi tarik muka (face lift) yang akan memperbaiki bagian tengah wajah/pipi yang menggantung/turun, lekukan yang dalam antara hidung dan mulut, kekenduran otot wajah bagian bawah, serta kekenduran kulit dan kelebihan lemak di dagu.

Tindakan operasi dilakukan dengan membuat sayatan di garis rambut menyusuri dalam atau luar telinga, bisa sampai belakang telinga. Terkadang, dibutuhkan sayatan tambahan dan sedot lemak di bawah dagu. Setelah operasi, wajah akan tampak bengkak dan lebam kebiruan kira-kira 2-4 minggu. Hasil akan mulai tampak 1-2 bulan. Luka bekas operasi makin tampak samar setelah 6-12 bulan.

Mata
Pada bagian mata, dapat dilakukan operasi kelopak mata atas, mata bawah, atau keduanya, yang bertujuan agar mata tampak lebih segar. Operasi mata dapat membantu memperbaiki lipatan mata atas atau kulit yang menutupi bentuk alami mata atas, menghilangkan kelebihan kulit mata atas yang kadang mengganggu penglihatan, membuang lemak yang berlebih pada mata atas, memperbaiki kantong mata, serta memperbaiki kelebihan kulit dan kerutan halus pada mata bawah.

Tindakan operasi dilakukan dengan membuat sayatan sesuai garis lipatan mata atas untuk membuang kelebihan kulit, otot, dan lemak. Pada mata bawah, sayatan persis di bawah bulu mata. Biasanya, lebam kebiruan hilang dalam 5-10 hari. Bengkak tampak 2-4 minggu. Luka operasi tampak makin samar setelah 3-12 bulan.

Hidung
Operasi hidung biasanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan dan proporsi hidung agar terlihat mancung, memperkecil tampilan hidung yang berkesan lebar, serta membentuk ujung/puncak hidung lebih kecil. Prosedur operasi dilakukan dengan sayatan yang tersembunyi di dasar hidung dan, atau, di dalam hidung. Memancungkan hidung bisa menggunakan implant silicon padat atau tulang rawan.

Payudara
Tindakan bedah plastik kosmetik pada payudara dapat dikerjakan dengan memperbesar payudara atau memperbaiki posisi payudara yang turun (breast lift). Prosedur memperbesar payudara adalah dengan menggunakan implan payudara. Implan payudara juga dapat digunakan untuk memperbaiki payudara setelah operasi membuang tumor payudara. Sayatan operasi pemasangan implan payudara dapat dilakukan di bawah lipatan paudara, lipatan ketiak, atau pinggir areola. Bengkak setelah operasi biasanya berkurang pada minggu kedua hingga keempat.

Sementara, tindakan memperbaiki posisi payudara dilakukan dengan membuang kulit yang berlebih atau kendur dan mengencangkan jaringan di sekitarnya untuk membentuk dan menyangga bentuk payudara yang baru. Kadang, daerah berpigmen sekitar puting susu yang melebar dengan tindakan ini akan diperbaiki. Bentuk sayatan tergantung dari kelebihan kulit dan pengangkatan payudara yang dibutuhkan sesuai hasil pemeriksaan sebelum operasi.

Perut
Tindakan bedah kosmetik pada perut adalah pengencangan perut dan membuat perut lebih rata. Tindakan ini dikenal sebagai tarik perut (tummy tuck). Prosedurnya adalah membuang kelebihan lemak, kulit, dan pada beberapa kasus dibutuhkan pengencangan otot perut. Pada kasus tertentu, kelebihan kulit tidak begitu besar dan dapat dilakukan mini tummy tuck dibantu dengan sedot lemak. Pembengkakan daerah perut masih tampak selama 2-4 minggu atau dapat lebih lama. Bekas luka yang panjang makin lama bertambah samar.

Sedot lemak adalah suatu tindakan bedah plastik yang bertujuan membentuk tubuh dengan melakukan sedot lemak pada area tertentu dari tubuh yang tidak dapat dihilangkan dengan melakukan olahraga. Teknik ini dapat dilakukan pada area paha, pinggul, pantat, perut, pinggang, lengan atas, punggung, dada, dagu dan leher. Operasi ini menggunakan alat yang berkerja menyedot lemak pada area yang diinginkan. Sayatan operasi pada area yang akan disedot kira-kira 1 sentimeter.
 

dr. Elida Sari Siburian, Sp. BPRE, Subsp. MO (K)

Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Subspesialis Rekonstruksi Bedah Mikro dan Onkoplasti
RS Pondok Indah - Pondok Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Senin, 16 Mei 2022

Ring Peredam Jantung Koroner

Read More
Health Articles Senin, 07 Mei 2018

Cegah Bullying pada Anak

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor