Close
Close Language Selection

CENTRE OF EXCELLENCE Women & Fetal Diagnostic Centre


Women & Fetal Diagnostic Centre

Women & Fetal Diagnostic Centre menghadirkan pelayanan holistik terkait kesehatan reproduksi wanita, mulai dari pemeriksaan kehamilan, deteksi abnormalitas janin sejak dari dalam kandungan, serta pelayanan berbagai keluhan penyakit kandungan.

Teknologi USG 4D terkini yang tersedia di klinik ini dapat memberikan gambaran janin secara real time yang detail bila dibandingkan dengan USG 2D dan 3D. Tersedia pula pemeriksaan non-invasive prenatal testing (NIPT) yang mampu mendeteksi abnormalitas janin terkait gangguan genetik dan kromosom, seperti Down syndrome, sejak janin masih berada dalam kandungan. Deteksi dini dengan berbagai teknologi medis yang tersedia di Women & Fetal Diagnostic Centre memungkinkan penanganan terkait tumbuh kembang janin dapat diberikan secara lebih optimal.

Pelayanan penyakit kandungan mencakup deteksi, penanganan, dan perawatan kesehatan organ reproduksi wanita, yang meliputi kondisi keputihan, benjolan jinak dan ganas di berbagai bagian saluran reproduksi wanita, keluhan pascapersalinan, kelainan bawaan pada saluran genitalia, dan keluhan terkait organ reproduksi lainnya. 

Conditions

Pelayanan Obstetri

  • Pemeriksaan kehamilan
  • Deteksi abnormalitas kromosom pada janin, seperti Down syndrome (trisomi 21), Patau syndrome (trisomi 13), Edwards syndrome (trisomi 18), Turner syndrome (monosomi 45)

Pelayanan Ginekologi 

  • Deteksi dini tumor (benjolan) di saluran genitalia wanita
    • Benjolan jinak: kista ovarium (indung telur) dan mioma uteri
    • Benjolan ganas: kanker ovarium (indung telur), uterus (rahim), serviks (mulut rahim), vagina
  • Keputihan
  • Perdarahan tak teratur
  • Kelainan anatomi atau bawaan saluran genitalia wanita
  • Prolaps uteri (turun peranakan)
  • Sistokel (turunnya kandung kemih ke area vagina)/rektokel (kondisi kelemahan dinding yang membatasi vagina dengan bagian usus besar sehingga menyebabkan tonjolan pada dinding vagina bagian belakang) 
  • Keluhan pascapersalinan:
    • Robekan jalan lahir 
    • Gangguan mengontrol buang air kecil (inkontinensia urin) maupun buang air besar (inkontinensia alvi)

Treatments We Offer

DETEKSI ABNORMALITAS JANIN

Non-Invasive Prenatal Testing (NIPT)
Screening yang bersifat non-invasif yang dilakukan pada trimester pertama kehamilan, untuk mengetahui jenis kelamin dan mendeteksi abnormalitas genetik, seperti Down syndrome, Edwards syndrome, maupun kondisi hilangnya kromosom X atau Y. Pemeriksaan ini menggunakan media darah untuk mendeteksi cfDNA yang nilainya berbanding lurus dengan resiko kelainan genetik.   

Amniocentesis
Prosedur untuk mendeteksi kelainan genetik, infeksi, maupun kematangan paru janin melalui pengambilan sampel cairan ketuban (amnion). Cairan ketuban tersebut akan diambil menggunakan jarum khusus dengan menggunakan ultrasound sebagai guidance, untuk pemeriksaan mikroskopis lanjutan guna mendeteksi penyimpangan kromosom dalam sel amnion yang dapat memberikan petunjuk terhadap kondisi janin.  

PENANGANAN PENYAKIT KANDUNGAN

Pada stadium awal, kanker serviks dan beberapa penyakit kandungan lain kerap tidak memunculkan gejala sehingga screening atau deteksi dini berperan penting dalam mendeteksi kondisi ini. Women & Fetal Diagnostic Centre menyediakan pelayanan deteksi abnormalitas mulut rahim melalui pemeriksaan papsmear, thin prep, dan kolposkopi, serta pelayanan deteksi penyakit kandungan lain dengan pemeriksaan biopsi.

Apabila terdeteksi kelainan, Anda tidak perlu khawatir karena kami juga menyediakan beberapa pilihan terapi, seperti cryotherapy, Loop Electrical Excision Procedure (LEEP)laparotomi, dan laparoskopi, serta berbagai alternatif pilihan lainnya, yang disesuaikan secara personalized dengan kebutuhan dan gangguan yang anda alami.

Papsmear
Metode deteksi dini kanker mulut rahim (serviks) dengan mengambil sampel sel serviks yang diobservasi dengan pemeriksaan mikroskop di laboratorium. Pemeriksaan ini mulai dianjurkan rutin pada wanita yang sudah aktif secara seksual.

Thin Prep
Pemeriksaan abnormalitas sel, terutama pada mulut rahim, untuk mendeteksi kanker rahim. Berbeda dengan pap smear pada umumnya, sampel pemeriksaan thin prep pap test dibersihkan dari darah dan lendir, yang sering mengganggu dalam pembacaan hasil pap smear, sehingga pembacaan hasil menjadi lebih tepat dan akurat.

Kolposkopi
Pemeriksaan menggunakan kolposkop, alat yang dilengkapi dengan kaca pembesar dan digunakan dalam pemeriksaan singkat untuk menilai sel abnormal pada vagina hingga mulut rahim (serviks). Pemeriksaan ini umumnya disarankan apabila terdapat abnormalitas pada hasil pap smear dan juga dapat menilai keadaan kutil kelamin, peradangan serviks maupun keganasan pada mulut rahim atau vagina.  

Biopsi
Pengambilan sampel jaringan tubuh untuk diteliti menggunakan mikroskop oleh dokter spesialis patologi anatomi. Pemeriksaan ini biasa digunakan untuk mengonfirmasi lesi abnormal tubuh, seperti massa atau tumor. 

Loop Electrical Excision Procedure (LEEP)
Penggunaan wire loop yang dikombinasikan dengan arus listrik untuk mengangkat sel dan jaringan abnormal atau kanker pada saluran genitalia bawah wanita, termasuk mulut rahim (serviks) dan vagina. Pengangkatan jaringan tersebut menstimulasi pertumbuhan jaringan sehat baru, sekaligus mengambil bagian dari jaringan untuk pemeriksaan laboratorium lanjutan. 

Cryotherapy
Prosedur medis untuk menangani jaringan abnormal pada serviks, terutama yang dicurigai sebagai lesi prekanker. Tindakan ini dilakukan menggunakan probe dengan gas nitrogen yang dengan suhu -50 derajat Celsius yang dapat mematikan sel abnormal tersebut. 

Laparatomi & Laparaskopi
Laparatomi merupakan tindakan bedah pada dinding perut dengan memberikan sayatan besar sehingga akses dan lapang pandang organ pada tindakan operasi menjadi lebih besar. Lapang pandang operasi yang luas memungkinkan dokter untuk mendeteksi kelainan secara cepat dan tepat, serta langsung menangani permasalahan tersebut secara optimal.

Sementara, laparoskopi merupakan prosedur yang membantu visualisasi rongga perut dan ovarium menggunakan alat sejenis teleskop dan sistem serat optik. Teknik ini bersifat minimal invasive sehingga rasa nyeri lebih minimal dan durasi perawatan juga lebih singkat.

Kedua prosedur ini dapat menatalaksana miom, kista ovarium, maupun tumor yang terjadi pada saluran reproduksi wanita.

PENCEGAHAN KANKER SERVIKS

Vaksinasi Human Papiloma Virus (HPV)
Perlindungan diri dari strain virus yang berisiko tinggi mengakibatkan kanker serviks dan dapat diberikan pada anak-anak perempuan sejak usia 10 tahun, remaja, maupun dewasa. Selain itu, vaksin HPV juga mampu memberikan proteksi terhadap kanker vagina, anus, serta kutil kelamin.

Medical Technology

USG 4D
Pemeriksaan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dapat memberikan gambaran janin, plasenta, cairan ketuban, serta penentuan usia kehamilan tanpa radiasi. Berbeda dengan USG 2D dan 3D, USG 4D dapat memberikan gambaran bergerak secara real time sehingga aktivitas dan bagian tubuh janin lebih terlihat secara nyata. 

Histeroskopi
Pemeriksaan menggunakan teleskop kecil (histeroskop) untuk melihat rongga uterus atau rongga rahim, guna mendeteksi ada-tidaknya fibroid, polip, kanker endometrium, atau bentuk rahim yang tidak lazim.

Contacts

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lantai 3
Perjanjian: Call Centre (62-21) 765 7525 Ext. 2
Informasi:  Patient Relations RS Pondok Indah - Pondok Indah
Telepon: (62-21) 765 7525 Ext. 1300/1312
Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor