Close
Close Language Selection

MEDICAL SPECIALTIES Kulit & Kelamin


Kulit & Kelamin

Klinik Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah menyediakan berbagai layanan terkait permasalahan kulit, seperti alergi, dermatitis, psoriasis, infeksi kulit, serta berbagai keluhan kulit yang disebabkan oleh kondisi bawaan, autoimun, maupun keganasan.

Berbagai permasalahan kelamin, seperti kutil kelamin dan berbagai jenis penyakit menular seksual juga dapat ditangani oleh tim dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman. 

Klinik dilengkapi dengan berbagai peralatan, seperti elektrokauter, laser, microneedle, serta fototerapi; yang dapat menyelesaikan gangguan kulit seperti tumor jinak, kelainan pigmen, serta masalah kulit akibat proses degeneratif, seperti kerutan, flek, dan noda hitam.

Bagi Anda yang memiliki keluhan kerontokan rambut, Klinik Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah menyediakan solusi stimulasi regenerasi rambut dengan tindakan microneedling rejuvenation yang dilengkapi dengan platelet-rich plasma (PRP) yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dengan cara yang aman, efisien, dan durasi pengerjaan terapi yang singkat.

Conditions

1. Dermatologi umum 

  • Keluhan kulit yang disebabkan oleh bakteri (pyoderma), seperti karbunkel (bisulan), folikulitis (infeksi pada folikel rambut), ektima (infeksi bakteri pada lapisan dermis kulit yang menimbulkan luka dan keropeng), selulitis (kemerahan dan bengkak kulit yang disebabkan infeksi oleh bakteri Streptokokus atau Stafilokokus
  • Infeksi jamur pada kulit, seperti candidiasis, panu (pityriasis versikolor), kurap (dermatofita)
  • Gangguan kulit akibat kondisi autoimun, seperti psoriasis (kondisi kemerahan kulit disertai dengan kondisi kulit kering dan bersisik yang tebal), vitiligo  (penyakit yang menyebabkan warna kulit, mata, dan rambut memudar)
  • Tumor jinak maupun observasi deteksi tumor ganas
  • Neurodermatitis atau eksim menahun pada dewasa, serta dermatitis dengan berbagai pencetus

2. Dermatologi kosmetik

  • Permasalahan penuaan pada kulit (aging), seperti kerutan, kulit kendur, kusam, kasar, pori besar, serta flek 
  • Koreksi jaringan parut seperti stretchmark, acne scar, dan scar yang timbul pascaperadangan lain.
  • Berbagai tipe alopecia (kebotakan rambut).

3. Dermatologi anak

  • Dermatitis atopi (eksim)
  • Hemangioma (benjolan pembuluh darah pada kulit)
  • Ruam popok atau diaper rash (iritasi kulit akibat penggunaan popok)
  • Miliaria (biang keringat)
  • Infeksi kulit akibat bakteri, jamur, maupun kelainan kulit akibat genetik dan autoimun lainnya

4. Dermatologi remaja

Usia remaja ditandai dengan perubahan hormonal akibat pubertas. Beberapa masalah kulit yang sering dijumpai pada periode ini antara lain jerawat, ketombe, bau badan, dan efek yang terjadi akibat tingginya aktivitas fisik dan keringat misalnya infeksi jamur.

5. Dermatologi geriatri

  • Liken simpleks kronik (kondisi peradangan kulit kronik yang ditandai dengan gatal dan tekstur garis kulit yang semakin terlihat jelas)
  • Xerosis kutis (kekeringan abnormal pada kulit)
  • Keganasan kulit, seperti karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal, melanoma maligna
  • Infeksi kulit akibat bakteri, jamur, maupun kelainan kulit akibat penyakit sistemik, seperti diabetes melitus, gangguan hati, darah, dan sebagainya

6. Kesehatan rambut dan kuku

  • Alopecia (kebotakan rambut)
  • Eflluvium (kerontokan rambut)
  • Pitiriasis sika (ketombe kering) dan dermatitis seboroik (ketombe basah)
  • Tinea unguium (infeksi jamur pada kuku)

7. Pengobatan dan pencegahan penyakit infeksi menular seksual

Berbagai penyakit infeksi menular seksual yang kerap dialami oleh mereka yang aktif secara seksual dapat ditangani secara profesional oleh tim dokter spesialis kulit dan kelamin di Klinik Kulit & Kelamin. Penyakit infeksi menular seksual ini antara lain infeksi herpes kelamin, kutil kelamin, dan keluarnya cairan tidak normal dari alat kelamin laki-laki ataupun perempuan

Treatments We Offer

Microneedle Rejuvenation Therapy
Terapi ini akan membantu meningkatkan dan memelihara kekencangan kulit dengan menstimulasi produksi kolagen pada lapisan dermis dengan alat microneedling pen yang memiliki jarum berukuran halus yang nyaman, minimal invasive, dan menimbulkan rasa nyeri yang minimal. Microneedle rejuvenation therapy juga dapat mengurangi scar, kerutan, memperbaiki tampilan kulit, serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan mendukung hasil produk perawatan wajah yang Anda gunakan.

Platelet-Rich Plasma (PRP)
Prosedur penyuntikan plasma darah Anda yang telah disentrifugasi, sehingga  memiliki kandungan platelet yang berisi growth factor 4-7 kali lebih dari nilai normal yang dapat menstimulasi pembentukan epitel kulit, merangsang perbaikan jaringan baru, pembentukan pembuluh darah, dan produksi kolagen. 

PRP dapat memperbaiki tekstur kulit, serta mengatasi garis halus dan kerutan dengan pemberian secara langsung atau dikombinasikan dengan teknik microneedle. Prosedur ini juga dapat dilakukan untuk folikel rambut agar merangsang peredaran darah dan pertumbuhan rambut. 

Fototerapi
Pemanfaatan sinar ultraviolet dengan kadar dan durasi tertentu untuk menekan aktivitas yang berlebihan dari sel di sistem imun. Prosedur ini dikenal aman, serta memiliki efektivitas yang luas terhadap berbagai penyakit kulit. Fototerapi dapat digunakan pada kasus kulit, seperti vitiligo, psoriasis, dan eksim. Pemilihan teknik fototerapi disesuaikan dengan kondisi, serta derajat keparahan yang Anda alami.

Peeling 
Peeling Rejuvenation diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta stimulasi pertumbuhan kulit baru yang sehat  pada kulit menua.  Kondisi yang terjadi pada aging skin adalah wajah menjadi kusam, kendur, timbul flek gelap, warna kulit tak rata, juga melambatnya regenerasi kulit baru.

Sedangkan acne peeling, sangat baik manfaatnya untuk remaja maupun dewasa muda dengan kulit berminyak, mudah berkomedo dan rentan timbul jerawat.  Dengan tindakan ini, pori-pori menjadi lebih bersih, komedo mudah hilang, kulit berminyak dapat dikendalikan sehingga timbulnya jerawat dapat dicegah.   

Injeksi Botox
Prosedur yang digunakan untuk menghilangkan atau memudarkan kerutan dinamik yang sudah muncul, terutama di area sekitar mata, kening, smiling line, dan mulut.  Kerut dinamik ini terbentuk karena tarikan otot saat kita berekspresi.  Metode penyuntikan menggunakan toksin botulinum atau yang biasa disebut sebagai botox ini, hanya memakan waktu yang singkat dalam pengerjaannya dengan hasil yang langsung terlihat dalam hitungan hari serta dapat bertahan 4-6 bulan.

Filler
Tindakan injeksi berisi gel hyaluronic acid yang digunakan untuk memperbaiki kerutan halus pada wajah (dahi atau sekitar mulut), memberikan volume (bawah mata atau pipi), menegakkan tulang hidung, mengoreksi bentuk dan proyeksi wajah (kontur dagu, menambahkan efek V-shape), serta memperbaiki tekstur kerutan pada leher dan tangan.  

Bedah Listrik (Elektrokauter) & Laser Cutting 
Bedah listrik dan laser cutting CO2 merupakan tindakan yang digunakan untuk menghilangkan tumor jinak kulit misalnya skin tag, spruten, dan berbagai tahi lalat secara cepat. 

Injeksi Kortikosteroid
Prosedur pemberian kortikosteroid, obat yang dapat mengurangi peradangan langsung pada jerawat dan jaringan scar keloid. Prosedur ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat atau scar yang mengalami peradangan dalam waktu singkat sehingga meminimalisasi efek sisa yang timbul akibat peradangan tersebut. 

Cryotherapy (Bedah Beku)
Terapi menggunakan spray nitrogen cair yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai kutil kulit dan tumor jinak lainnya.

Eksisi dan Biopsi Kulit  
Eksisi merupakan tindakan untuk mengangkat jaringan yang mengalami gangguan dengan pisau bedah. Selain berfungsi sebagai terapi, tindakan ini dapat digunakan untuk pemeriksaan penunjang lanjutan berupa biopsi.

Biopsi dilakukan dengan mengambil kulit untuk pemeriksaan mikroskopis lebih lanjut, terutama pada kondisi kecurigaan kulit terkait jaringan yang berpotensi mengalami kanker, tumor, infeksi kronik, atau penyebab lainnya. Pemilihan teknik disesuaikan dengan lokasi dan ukuran kelainan kulit yang dialami. 

Dermatologi Intervensi Bedah Kulit
Penanganan yang mencakup tindakan dengan anestesi lokal, bedah beku, bedah listrik, perbaikan jaringan parut, bedah kulit untuk kondisi darurat, perawatan luka, dan komplikasi bedah kulit.

Medical Technology

Phototherapy Laser Excimer 308 nm
Teknologi mutakhir menggunakan emisi gas Xenon-Chloride, yang mampu menghasilkan sinar monokromatik energi tinggi dengan panjang gelombang 308 nm. Dengan teknologi ini, tindakan fototerapi ini hanya membutuhkan durasi yang singkat, nyaman, dapat digunakan pada area kulit yang sulit dijangkau, serta terfokus hanya pada area kulit target tanpa efek samping ke area kulit sekitarnya.

Fototerapi bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kulit, seperti vitiligo (gangguan pigmen kulit akibat autoimun), psoriasis (kondisi kulit kemerahan dan bersisik yang disebabkan oleh autoimun), alopesia areata (kebotakan rambut), serta dermatitis atopi (eksim).

Laser CO2
Teknologi laser yang mengonsentrasikan energi gelombang infrared dengan panjang gelombang 10.600 nm untuk mendestruksi lapisan kulit yang tidak diinginkan seperti kutil, tahi lalat (nevus pigmentosus), keratosis seboroik, mata ikan, veruka, dan lainnya.

Microneedling pen
Suatu alat berbentuk pen yang terdiri dari beberapa jarum halus yang digunakan untuk membentuk lubang halus di kulit dengan berbagai pilihan kedalaman yang dapat diatur secara mudah. Luka halus yang dihasilkan akan merangsang pembentukan kolagen dan vaskularisasi baru untuk memperbaiki scar, mengencangkan dan mencerahkan kulit, serta mengecilkan pori-pori.

Elektrokauter
Tindakan menggunakan tip bersumber energi listrik untuk upaya menghilangkan jaringan tumor jinak atau tonjolan yang menganggu. Kulit dipersiapkan dengan anestesi topikal sehingga tindakan berlangsung nyaman dengan luka kecil yang cepat kering tak meninggalkan bekas.

Contacts

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lantai 1
Perjanjian: Call Centre (62-21) 765 7525 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Pondok Indah
Telepon: (62-21) 765 7525 Ext. 1300/1312
Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Lantai 2
Perjanjian: Call Centre (62-21) 8082 8888 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Bintaro Jaya
Telepon: (62-21) 8082 8888 Ext. 1500/1501
Email: cr.bintarojaya@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 09.30 - 16.30 WIB
  • Sabtu: pukul 09.30 - 14.30 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor