Close
Close Language Selection

CENTRE OF EXCELLENCE Jakarta Spine Clinic (JSC)


Jakarta Spine Clinic (JSC)

Jakarta Spine Clinic memberikan penanganan terpadu terhadap berbagai permasalahan tulang belakang yang dapat ditandai dengan adanya gejala, seperti nyeri leher, punggung, maupun pinggang yang bersifat lokal atau menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Penanganan holistik permasalahan tulang belakang dilakukan oleh tim dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi konsultan spine yang berpengalaman.  Klinik ini dilengkapi dengan teknologi canggih MRI 3 Tesla Skyra yang memberikan hasil yang lebih detail dengan waktu singkat, serta CT-Scan Flash with Dual Source yang memiliki akurasi lebih tinggi dibandingkan dengan pemeriksaan X-ray biasa.

Tersedia berbagai penatalaksanaan, mulai dari penanganan dengan obat-obatan dengan NSAID dan/atau steroid, elektroterapi, hingga tindakan operatif yang bersifat minimal invasive, seperti endoscopic spine surgery dan percutaneous laser disc decompression.

Conditions

Gejala nyeri leher, punggung, dan pinggang, baik yang terlokalisir maupun menjalar ke bagian tubuh lain, seperti kepala, dada, tungkai, serta bokong. Gejala tersebut dapat menjadi indikasi permasalahan tulang belakang, antara lain:

  • Skoliosis (kondisi alignment tulang belakang melengkung membentuk huruf “C” atau “S”)
  • Kifosis (kelainan lengkungan tulang belakang yang menyebabkan postur menjadi bungkuk) 
  • Herniated nucleus pulposus (HNP)/saraf terjepit
  • Degenerasi bantalan tulang belakang
  • Fraktur osteoporosis (patah tulang akibat pengeroposan tulang)
  • Stenosis spinal (penyempitan kanal tulang belakang)

Treatments We Offer

Endoscopic Spine Surgery
Teknik operasi tulang belakang dengan menggunakan endoskopi, terutama digunakan pada kasus tulang belakang yang gagal ditangani dengan terapi konservatif. Prosedur ini memiliki efek samping nyeri pascaoperasi yang lebih minimal dibandingkan terapi konservatif karena tidak mencederai otot dan jaringan sekitar tulang belakang, serta mempersingkat waktu perawatan di rumah sakit. Selain itu, endoscopic spine surgery memungkinkan pasien untuk melihat tindakan dokter melalui rekaman yang dilakukan selama operasi.

Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)
Metode operasi terkini yang bersifat minimal invasive, untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh robekan dinding bantalan tulang belakang (internal disc derrangement). PLDD menggunakan teknologi laser dengan C-arm fluoroscopy-guided, untuk membebaskan saraf dari tekanan bantalan ruas tulang belakang secara akurat.  Teknik ini hanya membutuhkan anestesi lokal dengan insisi minimal (kurang lebih 8 milimeter) sehingga waktu perawatan di rumah sakit, serta nyeri pascatindakan juga lebih minimal.

Teknik Fusi Tulang Belakang
Penanganan yang dilakukan untuk mendekompresi (mengangkat jaringan yang menekan saraf tulang belakang) dan menstabilkan (penyatuan tulang melalui proses cangkok tulang, substansi biologis, atau instrumental) tulang belakang. Tindakan ini dilakukan pada pasien dengan masalah pada bagian cervical, lumbar, dan thorachic.

Cervical Spine
1. Anterior Cervical Discectomy and Fusion
(ACDF)
2. Anterior Cervical Corpectomy and Fusion
3. Posterior Cervical Decompression and Fusion

Thoracic Spine
1. Anterior Decompression and Fusion
2. Posterior Instrumentation and Fusion

Lumbar Spine
1. Posterolateral Fusion
2. Interbody Fusion
3. Anterior Lumbar Interbody Fusion
(ALIF)
4. Posterior Lumbar Interbody Fusion (PLIF)
5. Transforaminal Lumbar Interbody Fusion (TLIF)

Laminektomi
Tindakan pembedahan untuk mengangkat bagian belakang tulang belakang (lamina) yang menekan saraf atau sumsum tulang belakang. Prosedur laminektomi dapat digunakan pada hernia nucleus pulposus (pergeseran bantalan ruas tulang belakang) yang gagal diobati dengan terapi konservatif dan kasus penyempitan saluran tulang belakang.  

Elektroterapi (Ultrasonografi)
Terapi yang memanfaatkan gelombang listrik untuk mengurangi rasa sakit akut maupun kronis, serta meningkatkan sirkulasi aliran darah yang menstimulasi regenerasi dan perbaikan jaringan. Elektroterapi juga dapat mencegah atrofi (pengecilan ukuran otot) dan meningkatkan rentang gerakan sendi yang mengalami gangguan. 

Suntikan Steroid
Terapi dengan suntikan penghilang rasa sakit biasanya dilakukan pada pasien dengan nyeri parah atau kronis yang tidak dapat disembuhkan oleh NSAID. Akurasi penyuntikan dibantu dengan sinar-X.

Medical Technology

CT-Scan Flash with Dual Source
Sebuah teknik yang menggabungkan beberapa rangkaian gambar X-ray yang diambil dari berbagai sisi di sekitar tubuh seseorang. Teknik pencitraan multi slices (MSCT scan) juga mengombinasikan teknologi X-ray yang terkomputerisasi sehingga mampu menghasilkan gambaran yang lebih detail dari otot, saraf, tulang, pembuluh darah serta berbagai jaringan lunak. 

Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk menegakkan diagnosis secara tepat dan menentukan penatalaksanaan untuk hasil yang lebih optimal.

High Definition Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla Skyra
Teknologi diagnostik pencitraan tubuh yang mutakhir dengan sinyal resonan tinggi dan memiliki berbagai kelebihan dari generasi sebelumnya, seperti durasi pemeriksaan yang lebih singkat serta gambaran tubuh dan pembuluh darah yang lebih detail dan tajam. Selain membantu memberikan diagnosis dan tindakan yang tepat, MRI 3 Tesla Skyra juga memanfaatkan teknologi medan magnet (tanpa radiasi sinar-X) serta jauh lebih tenang dan nyaman dibandingkan dengan MRI biasa.

Elektromiografi (EMG)
Teknik yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi saraf dan otot dengan cara merekam aktivitas listrik yang dihasilkan oleh otot skeletal.

Jadwal Praktik Dokter

Untuk melihat jadwal praktik dokter, silakan klik link di bawah ini:

Jadwal Praktik Dokter Jakarta Spine Clinic

Contacts

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lantai 6
Perjanjian: Call Centre (62-21) 765 7525 Ext. 2
Informasi:  Patient Relations RS Pondok Indah - Pondok Indah
Telepon: (62-21) 765 7525 Ext. 1300/1312
Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor