Close
Close Language Selection
Health Articles

Tumor Otak, Kenali dan Tangani Sedini Mungkin

Selasa, 04 Okt 2022
Tumor Otak, Kenali dan Tangani Sedini Mungkin

Ketika mendengar kata tumor otak, apa yang biasa terbersit di benak kita? Apakah sesuatu momok menakutkan dan tidak ingin kita hadapi? Ada yang takut untuk berobat tapi ada pula yang ingin sesegera mungkin penyakitnya ditangani. Namun untuk lebih jelasnya, tidak ada salahnya kalau kita mengulik sedikit mengenai topik ini sebagai penambah wawasan.

Defisini tumor otak
Tumor otak adalah suatu pertumbuhan abnormal di otak, sifatnya bisa jinak ataupun ganas. Tumor dapat berasal dari sel otak itu sendiri (primer) karena adanya mutasi pada DNA, akibatnya sel terus bertumbuh dan tidak mengikuti siklus sel normal. Namun demikian, tumor otak juga dapat terjadi karena adanya penyebaran dari tempat lain (sekunder).

Faktor risiko dan gejala klinis tumor otak
Berikut ini adalah faktor risiko terjadinya tumor otak:

  • Terekspos radiasi seperti radiasi ionisasi terapi untuk kanker dan juga radiasi bom atom
  • Riwayat keluarga dengan tumor otak

Lokasi dan kecepatan pertumbuhan tumor mempengaruhi gejala klinis yang timbul. Pada umumnya orang sering bertanya-tanya bagaimanakah gejala tumor otak. Secara teori tentunya bergantung kepada faktor lokasi, jenis, dan kecepatan pertumbuhan tumor, tetapi umumnya 54 persen gejala adalah berupa sakit kepala, 45 persen adanya kelemahan anggota gerak, dan 26 persen berupa kejang.

Gejala lain yang dapat dirasakan dapat berupa:

  • Gangguan penglihatan (pandangan kabur, penglihatan ganda, atau hilangnya penglihatan bagian tertentu yakni di tepi)
  • Berkurangnya sensasi atau pergerakkan di kaki dan tangan
  • Gangguan keseimbangan
  • Gangguan bicara
  • Kebingungan terhadap hal umum sehari-hari
  • Perubahan kepribadian
  • Gangguan pendengaran

Keluhan sakit kepala dapat terjadi dengan atau tanpa peningkatan intrakranial yakni kondisi di mana adanya pertambahan isi di dalam rongga tengkorak maka tekanan terhadap otak meningkat. Keluhan klasik sakit kepala yang biasa dirasakan para pasien tumor otak terasa paling berat di pagi hari saat bangun tidur.

Gejala sakit kepala ini dapat memberat ketika batuk, mengedan, atau pada 30 persen kasus membungkuk. Keluhan sakit kepala juga disertai mual dan muntah dan merasakan keluhan terasa membaik setelah muntah. Keluhan-keluhan ini disertai dengan kelumpuhan atau kejang yang membedakan sakit kepala akibat tumor. Sebagai catatan, 77 persen kasus sering menyerupai tension headache dan 9 persennya menyerupai gejala migrain. Hanya 8 persen yang sesuai keluhan klasik tumor.

Jadi, apabila Anda mengalami rasa sakit kepala yang sangat mengganggu, maka segera periksakan diri kondisi Anda ke dokter spesialis saraf atau dokter spesialis bedah saraf.

Diagnosis tumor otak
Setelah berkonsultasi dengan dokter, biasanya dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang radiologi antara lain:

  • CT Scan dengan kontras
  • MRI kepala dengan kontras jika tersedia di fasilitas kesehatan terdekat
  • CT angiografi atau MR angiografi terkadang diperlukan tergantung dari temuan yang ada

Pemeriksaan tersebut adalah untuk memastikan ada dan tidaknya pertumbuhan abnormal. Sebagai pemeriksaan gold standard tetap perlu dilakukan biopsi yakni pengambilan jaringan abnormal untuk kemudian diperiksa oleh unit patologi anatomi untuk menentukan jenis tumor dan juga ganas tidaknya.

Penanganan tumor otak
Ada beberapa penanganan tumor otak yang dapat disesuaikan dengan jenis, letak, dan juga ukuran tumor.

  • Operasi
    Pada umumnya operasi adalah pilihan pertama dan sekaligus jaringan diambil melalui proses ini (biopsi).
  • Medikamentosa atau terapi pengobatan
    Pada sebagian kecil kasus yakni tumor otak dengan penyebab hormonal dapat dilakukan terapi pengobatan sambil evaluasi berkala
  • Radioterapi konvensional
    Setelah ada hasil patologi anatomi yang menentukan apakah tumor tergolong sensitif atau tidak terhadap penyinaran maka umumnya dilakukan penyinaran radioterapi yang sering berjalan beriringan dengan kemoterapi.
  • Gamma knife
    Teknologi penyinaran khusus untuk tumor otak yang bergantung pada jenis tumor dan juga ukuran tumor.

Sakit kepala mungkin merupakan gejala yang cukup umum, namun jika Anda sudah sering mengalami sakit kepala yang cukup mengganggu, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter ya. Penanganan keluhan kesehatan secara dini, meningkatkan peluang survival Anda.

dr. Nurullah Armyta Tasrif Sp.BS

Bedah Saraf
RS Pondok Indah - Pondok Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor