Solusi Sehat Bersihkan Karang Gigi

Minggu, 03 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Rajin menyikat gigi ternyata tidak menjamin kita bebas dari karang gigi atau kalkulus

Solusi Sehat Bersihkan Karang Gigi

Gigi bertumpu pada jaringan penyangga gigi, yaitu jaringan periodontal. Bagian jaringan periodontal disebut gingival (gusi) adalah mukosa di dalam mulut yang menutupi tulang alveolar dan menyelimuti leher gigi.


Plak di dalam gingival sulit dijangkau dan dibersihkan dengan sikat gigi, bahkan oleh dokter gigi. Plak adalah lapisan tipis, tidak berwarna yang melekat pada permukaan gigi dan terbentuk dari tiga elemen; bakteri, saliva, dan dari sisa makanan dalam mulut.


Plak yang bertumpuk di dalam mulut akan mengalami mineralisasi membentuk karang gigi. Karang gigi tidak secara langsung menjadi penyebab penyakit jaringan periodontal gigi, tetapi menjadi media untuk bakteri yang menimbulkan peradangan, yang memicu terjadinya penyakit periodontal.


Apabila tidak segera diatasi, akan terjadi kerusakan jaringan penyangga gigi yang lebih dalam, yaitu kerusakan tulang alveolar yang menyangga gigi. Gigi menjadi goyang dan berisiko harus dicabut. Karena itu, karang gigi harus segera dibersihkan, yang hanya bisa dilakukan dengan scaling oleh dokter gigi.


Scaling adalah salah satu perawatan gigi dan mulut yang tujuan utamanya membersihkan karang gigi. Peralatan yang biasa dipakai adalah hands instruments scaler atau manual scaler, dan ultrasonic scaler. Manual scaler mempunyai beberapa jenis yang bentuknya disesuaikan dengan anatomi gigi dan letak kalkulus.


Prosedur ScaIing

Sebelum dilakukan scaling, biasanya akan dilakukan pemeriksaan gigi. Dokter gigi akan memeriksa keadaan pasien ekstra dan intra-oral. Secara ekstra-oral akan dilakukan wawancara dan dilihat apakah ada pembengkakan kelenjar limfe di kepala dan leher sebagai tanda adanya penyebaran infeksi, lalu pemeriksaan intra-oral untuk melihat keadaan dalam mulut pasien.


Selain melihat keadaan giginya, dilihat juga keadaan jaringan lunak lainnya, seperti gingival, palatum (langit-langit mulut), dan lidah, karena beberapa penyakit sistemik memberikan gambaran yang khas dalam mulut, contohnya diabetes, herpes, dan leukemia.


Setelah semua pemeriksaan dilakukan, baru akan dilakukan scaling. Biasanya, prosedur scaling adalah kombinasi manual dan ultrasonic scaler, dan diawali dengan ultrasonic scaler untuk membuang kalkulus yang keras dan melekat erat pada permukaan gigi.


Manual scaler dipakai untuk membuang sisa-sisa karang gigi pada pemrukaan gigi yang lebih sensitif dan tidak bisa menggunakan ultrasonic scaler. Pada pasien dengan kalkulus yang dalam dan gingivitis, sedikit saja bersentuhan dengan gusi akan menimbulkan pendarahan dan rasa sakit, jadi biasanya akan dilakukan anestesi lokal.


Setelah scaling, dilakukan root planning dengan pemolesan atau polishing.


Prosedurnya sederhana, gigi akan diolesi dengan pumice, yang berbentuk pasta tapi kasar seperti berpasir. Kemudian gigi disikat dengan bur brush untuk membuang sisa karang gigi, menghaluskan permukaan gigi dan menimbulkan sensasi segar dalam mulut pasien, sehingga mulut terasa bersih dan segar.


Dengan permukaan gigi yang halus, diharapkan plak dan bakteri sulit terakumulasi kembali, Terbentuknya perlekatan gingival baru yang lebih baik, dan berkurangnya kedalaman kantung gingival yang menjadi media bakteri.


Sesudah dibersihkan, biasanya gigi terasa lebih sensitif. Ini wajar, terutama bila sebelumnya sudah mempunyai masalah gigi sensitif.


Hal ini bisa diatasi dengan melakukan topical fluorides, perawatan desensitisasi oleh dokter gigi, dan perawatan di rumah menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Penggunaan obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan antibiotik oral juga terkadang dibutuhkan untuk beberapa kasus.


Penyakit periodontal dalam mulut seperti gingivitis dan periodontitis, berproses secara lambat, tidak menimbulkan rasa sakit, dan progresif. Sehingga tanpa kita sadari proses tersebut terjadi di dalam rongga mulut. Scaling dengan rutin adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit periodontal. Jadi, jangan lagi menunda untuk melakukan scaling sebelum terlambat.