Seputar Nutrisi Kesehatan Pria

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Di masyarakat, beredar berbagai hal terkait konsumsi makanan tertentu yang dapat membantu kesehatan pria

Seputar Nutrisi Kesehatan Pria

Beberapa merupakan fakta, tapi ada juga yang mitos.


Diet tinggi protein meningkatkan massa otot\


FAKTA

Diet tinggi protein dapat meningkatkan massa dan kekuatan otot, tapi harus disertai latihan fisik terutama yang bersifat resistance training (latihan beban). Hati-hati, mengonsumsi protein berlebihan lebih dari 30 persen dari total kalori, justru dapat merusak organ tubuh. 

- - -

Terlalu banyak bir menyebabkan beer belly


FAKTA

Menurut penelitian, konsumsi bir berlebihan dapat meningkatkan lingkar perut dan berat badan. Semakin besar lingkar perut, semakin tinggi risiko terkena penyakit metabolik (diabetes, perlemakan hati, obesitas, darah tinggi, kolesterol). 

- - -

Minuman beralkohol meningkatkan gairah seksual


FAKTA

Alkohol memiliki aktivitas aphrodisiac dengan cara meningkatkan aliran darah ke testis, sehingga dorongan seksual akan meningkat. Tetapi, konsumsi alkohol dalam jumlah besar dan jangka panjang dapat menimbulkan disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, menurunnya gairah, menurunnya jumlah sperma, dan gangguan ereksi.

- - -

Hindari makan terung agar tidak “loyo”


MITOS

Terung merupakan makanan rendah kalori, rendah serat, serta kaya vitamin (vitamin K, A, C, E, dan B kompleks), dan mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium, folat, zinc, besi). Terung juga memiliki pigmen antosianin, senyawa organik dari keluarga flavonoid yang dapat menurunkan disfungsi ereksi. 

- - -

Kopi hitam baik untuk kesehatan jantung


MITOS

Hingga saat ini, penelitian yang ada masih bersifat kontroversial. Risiko penyakit jantung dapat meningkat pada orang-orang yang memiliki mutasi genetik tertentu, seperti lambatnya metabolisme kafein dalam tubuh.