Close
Close Language Selection
Health Articles

Mengenal "Menarche", si Menstruasi Pertama

Kamis, 21 Apr 2016
Mengenal "Menarche", si Menstruasi Pertama

Menarche adalah istilah kedokteran untuk menstruasi pertama. Usia terjadinya menarche dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti ras, keadaan gizi, dan kesehatan. Menarche biasanya terjadi pada usia 13 tahun dengan rentang usia 9-15 tahun.

Menurut pengertian awam, pendarahan bulanan yang dialami seorang perempuan merupakan perdarahan menstruasi. Padahal tidak selalu demikian halnya. Keluarnya darah menstruasi dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi dalam indung telur. Indung telur menghasilkan hormon estrogen setelah keluarnya darah menstruasi dan juga hormon progesteron setelah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur).

Pada menarche, flek-flek darah yang keluar sebenarnya bukan darah menstruasi. Perdarahan ini terjadi bukan akibat dari pengaruh hormon estrogen dan progesteron, melainkan hanya dipengaruhi oleh hormon estrogen. Artinya, ovulasi tidak terjadi sebelum keluarnya flek-flek darah ini. Hal ini juga berarti, menarche tidak serta-merta merupakan tanda seorang perempuan telah menjadi subur dan bisa hamil. Berbeda dengan perdarahan menstruasi normal, menarche dan beberapa siklus perdarahan berikutnya ditandai dengan siklus perdarahan yang tidak teratur dan panjang, serta jenis perdarahan lebih sering berupa flek-flek darah yang berlangsung lama.

Siklus menstruasi yang teratur berkaitan dengan kesuburan seorang perempuan. Pada umumnya, siklus perdarahan yang tidak teratur setelah terjadinya menarche tidak perlu diobati. Namun demikian, bila siklus perdarahan yang tidak teratur ini menetap setelah menikah, tentunya perlu segera dilakukan pemeriksaan. Perdarahan melalui jalan lahir yang berlangsung hebat atau lama bisa mengakibatkan anemia berat. Bila terjadi tanda-tanda anemia, pemeriksaan dan penanganan yang tepat tidak boleh sampai terlambat.

Timbulnya perdarahan melalui vagina pada anak perempuan yang berusia kurang dari 8 tahun merupakan indikasi untuk segera dilakukan pemeriksaan. Begitupun bila seorang perempuan telah berusia lebih dari 15 tahun dan belum mengalami menarche. Meskipun merupakan proses alamiah yang normal, timbulnya menarche sering membuat panik sehingga perlu dipersiapkan dengan baik. Orangtua disarankan membekali anak perempuannya dengan pembalut dan pengetahuan tentang cara penggunaannya.

Informasi tentang pembilasan daerah kewanitaan saat mengalami perdarahan juga harus diberikan, yaitu dari arah depan ke belakang. Setelah pembilasan, daerah kewanitaan dikeringkan dengan kertas tisu sebelum memakai celana dalam yang sebaiknya terbuat dari bahan katun. Pembalut juga harus segera diganti bila sudah terasa tidak nyaman atau lembab. Sebaiknya, informasi mengenai kesehatan reproduksi dan penularan penyakit menular seksual juga dijelaskan kepada anak.

DR. MED. dr. Calvin Tjong, Sp.OG

Spesialis Kebidanan & Kandungan
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Kamis, 06 Apr 2017

Optimalkan Pertumbuhan Badan Anak

Read More
Health Articles Selasa, 17 Des 2019

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Autoimun

Read More
Health Articles Rabu, 26 Des 2018

Kenali dan Atasi Alergi pada Mata

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor