Close
Close Language Selection
Health Articles

Jangan Takut Dengan Jarum Satu ini

Kamis, 09 Apr 2015
Jangan Takut Dengan Jarum Satu ini

Collagen induction therapy (CIT) adalah suatu teknik untuk menginduksi (merangsang) pembentukan kolagen di lapisan kulit dengan menggunakan suatu alat roller. Roller tersebut berbentuk tabung kecil yang terdiri atas ratusan jarum-jarum berukuran halus (mikro).

Prosedur CIT
Sebenarnya seperti apa prosedur CIT ini? Jika Anda ingin terus tampil cantik ada baiknya simak penjelasan berikut.

Dalam metode CIT untuk mendapatkan hasil maksimal, maka langkah yang dilakukan:

  • Pengolesan krim kebal 30-45 menit untuk menghilangkan rasa nyeri waktu pengerjaan. Bila masih nyeri, biasanya minimal dan dapat ditoleransi.
  • Roller digerakkan berulang kali di atas permukaan kulit sampai terjadi perdarahan halus (pin point bleeding). Perdarahan hanya terjadi sebentar. Pasien pulang tanpa perdarahan, hanya dengan muka sedikit lebih merah dari normal. Selama prosedur, pengolesan growth factor dari luar terus dilakukan untuk meningkatkan hasil kerja growth factor internal.
  • Selesai tindakan, dilakukan pengolesan masker vitamin C.
  • Saat pulang, pasien akan mendapatkan 1 macam krim perawatan di rumah yang harus digunakan selama beberapa hari pascatindakan.
  • Prosedur serupa diulang 2 minggu kemudian, dengan menggunakan alat yang sama (1 pasien, 1 alat). Alat berkualitas baik dapat digunakan 4-6 kali.

Selama 2-4 minggu sebelum tindakan, dokter akan memberikan beberapa krim untuk digunakan secara teratur, sebagai skin priming. Tujuannya mempersiapkan kulit agar siap menerima tindakan tertentu, hasil lebih optimal, masa penyembuhan lebih cepat, serta efek samping (terutama bercak kehitaman) lebih minimal.

Keuntungan CIT adalah risiko minimal (bila dilakukan oleh tangan yang terampil), masa penyembuhan singkat (3-4 hari), pasien dapat langsung pulang dan beraktivitas selesai tindakan, serta dapat dilakukan pada berbagai tipe kulit, termasuk kulit orang Asia. Sudah banyak hasil CIT pada orang Asia (terutama orang Thailand dengan jenis kulit mirip orang Indonesia) yang dipublikasikan di jurnal kedokteran internasional.

Seperti juga tindakan lain, efek samping kadang dapat terjadi. Efek samping yang mungkin terjadi pada CIT adalah rasa nyeri, perdarahan, infeksi, milia (bintik-bintik putih), dan warna/bercak kehitaman (hiperpigmentasi).

Pemilihan alat
Saat ini tersedia beberapa roller dari produsen dan negara berbeda (Perancis, Cina, Korea, Australia, Amerika, dan Afrika Selatan). Namun, sampai saat ini yang memperoleh approval FDA (Food and Drug Administration - Badan POM di Amerika Serikat) adalah roller buatan Perancis. Perbedaan antara roller-roller tersebut terletak pada diameter jarum, kekuatan logam, dan homogenisitas jarum.

Alat berkualitas baik mempunyai diameter jarum yang kecil untuk mempercepat penyembuhan, terbuat dari bahan logam yang kuat untuk digunakan berulang kali tanpa berubah bentuk, ukuran, dan ketajaman jarum yang homogen/sama. Untuk hasil optimal, diperlukan dokter spesialis kulit dan kelamin yang terlatih dan berpengalaman, serta kualitas alat yang baik.

dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV

Spesialis Kulit & Kelamin
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Jumat, 02 Agu 2019

Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Read More
Health Articles Jumat, 27 Des 2019

Gangguan Berkemih pada Geriatri

Read More
Health Articles Senin, 08 Mar 2021

Nutrisi Tepat untuk Pegiat Olahraga

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor