Jangan Khawatir, Kanker Bisa Diobati

Thursday, 20 June 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Kanker bisa diobati dan disembuhkan. Sembuh-tidaknya kanker tergantung pada stadium dan jenis kanker. Semakin tinggi stadium, semakin sulit penanganannya.

Jangan Khawatir, Kanker Bisa Diobati

Kanker masih menjadi momok yang menakutkan, dan dianggap sebagai lonceng kematian. Selain bisa kambuh, kanker juga bisa menyebar ke tempat lain. Walau begitu, bukan berarti kanker berujung pada kematian.


Apakah kanker bisa diobati? Ya, pasalnya, kanker bisa diobati. Ber­dasarkan data, dengan pengobatan modern, keber­hasilan penanganan kanker mencapai 70 persen.


Sembuh-tidaknya kanker tergantung pada stadium dan jenis kanker. Pada stadium dini, kemungkinan untuk sembuh semakin besar, dan jika ditemukan pada stadium lanjut, penanganan akan semakin sulit. Selain itu, pengobatannya pun harus tepat, serta ada dukungan dari berbagai pihak, terutama dari kelu­arga pasien dan sekitarnya.


Baca juga: Kenali Bahaya Kanker Hati, Lakukan Pemeriksaan Sedini Mungkin


Pentingnya Edukasi dan Deteksi Dini

Meski deteksi dini sangat penting untuk tingkat keberhasilan pengobatan, nyatanya masih banyak masyarakat yang takut memeriksakan diri. Penye­babnya bisa karena takut akan kematian, takut operasi, takut menjalani kemoterapi, dan lainnya.


Kanker yang ditemukan pada stadium 0, tingkat kesembuhannya mencapai 100 persen, 90 persen pada stadium 1, 80 persen pada stadium 2, 60 persen pada stadium 3, serta tidak bisa disembuhkan jika baru ditemukan pada stadium 4. Terbukti jika ditemukan lebih dini, peluang sembuh kanker sangat besar.


Gaya Hidup Sehat dan Kanker

Gaya hidup menjadi faktor penting dalam penyakit kanker. Bahkan, kontribusinya sebesar 30 – 40 persen, selain faktor lain yang belum diketa­hui. Sedangkan faktor keturunan atau genetik perannya hanya 5 persen.


Jadi, meskipun tidak memiliki keturunan penderita kanker, bukan berarti Anda aman. Jalani hidup sehat dengan cukup beristirahat, beraktivitas, menjaga pola makan, serta pandangan hidup yang selalu positif.



3 Cara Mencegah Kanker


1. Pencegahan Primer

Mencegah agar tidak terkena kanker dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, olahraga dan menjaga pola makan


2. Pencegahan Sekunder

Melakukan deteksi dini agar keberadaan kanker bisa diketahui lebih awal.


3. Pencegahan Tertier

Memberikan pengobatan yang tepat jika sudah divonis kanker, agar diperoleh hasil yang maksimal.


Jenis-jenis Pengobatan Kanker

Pengobatan kanker tergantung pada jenis, lokasi, dan stadium kanker. Metode pengobatan utama meliputi:


1. Bedah (Surgery)

Prosedur untuk mengangkat tumor dan jaringan sekitarnya. Ini sering menjadi pilihan pertama untuk kanker yang terlokalisasi.


2. Kemoterapi (Chemotherapy)

Penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel kanker atau menghentikan pertumbuhannya. Kemoterapi bisa diberikan secara oral atau intravena dan sering digunakan bersama metode lain.


3. Radioterapi (Radiation Therapy)

Menggunakan sinar-X atau radiasi tinggi lainnya untuk membunuh sel kanker. Ini dapat digunakan sebelum atau setelah operasi, atau sebagai pengobatan utama.


4. Terapi Target (Targeted Therapy)

Menggunakan obat atau zat lain untuk secara khusus menargetkan dan membunuh sel kanker dengan sedikit kerusakan pada sel normal.


5. Imunoterapi (Immunotherapy)

Menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Obat-obatan seperti checkpoint inhibitors dan CAR-T cell therapy termasuk dalam kategori ini.


6. Terapi Hormon (Hormone Therapy)

Digunakan untuk kanker yang peka terhadap hormon seperti kanker payudara dan prostat. Terapi ini mengurangi atau memblokir hormon yang mendorong pertumbuhan kanker.


7. Transplantasi Sumsum Tulang (Bone Marrow Transplant)

Menggantikan sumsum tulang yang sakit dengan sumsum tulang sehat. Ini sering digunakan untuk mengobati leukemia dan limfoma.


Apakah Kanker Bisa Sembuh?

Tidak semua kanker bisa disembuhkan. Namun banyak jenis kanker yang dapat diobati dan dikelola dengan sukses, terutama jika terdeteksi pada tahap awal.


Perkembangan dalam penelitian dan pengobatan kanker terus meningkatkan harapan bagi pasien.


Penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rencana pengobatan yang tepat. Dengan pendekatan yang komprehensif dan dukungan yang tepat, peluang untuk mengatasi kanker semakin besar.


Satu-satunya penanganan untuk kanker adalah dengan pengobatan yang diberikan langsung oleh dokter spesialis bedah onkologi. Jadi, jangan ragu untuk membuat janji temu dengan dokter spesialis bedah onkologi di RS Pondok Indah cabang terdekat.