Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Jakarta dan Tangerang

By Tim RS Pondok Indah

Friday, 14 June 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Cari jadwal dokter spesialis kulit dan kelamin di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan. Cek jadwal, profil dokter spesialis, dan booking online.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Jakarta dan Tangerang

Segala keluhan pada kulit, dapat diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Namun, tak terbatas pada masalah kulit saja, dokter spesialis ini juga dapat menangani keluhan seputar masalah kesehatan rambut, kuku, dan alat kelamin. Dengan beberapa subspesialisasinya, dokter spesialis kulit dan kelamin dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih spesifik.


Dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp. K. K) khusus menangani masalah kesehatan terkait kulit dan alat kelamin, baik pada pria maupun wanita. Tidak ada batasan usia untuk pasien yang akan berobat ke dokter kulit dan kelamin, baik anak, dewasa, maupun lansia, semua bisa saja berobat pada spesialis ini jika mengalami keluhan pada kulit maupun kelamin.


Mengenal Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga dikenal dengan spesialis dermato venerologi (Sp. D. V. E), bahkan ada juga yang bergelar Sp. D. V, E.


Sebenarnya ketiga gelar ini sama-sama merujuk pada dokter spesialis yang memiliki pengetahuan dan keterampilan medis untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati berbagai kondisi yang berkaitan dengan kesehatan kulit dan kelamin. Yang membedakan ketiga gelar tersebut hanyalah tahun lulusnya. 


Kondisi yang Ditangani Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Penyakit kulit merupakan salah satu kondisi medis dengan jenis yang banyak, sekitar 3.000 penyakit. Dari banyaknya penyakit tersebut, di bawah ini adalah beberapa contoh kondisi medis yang ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin:


  1. Kondisi yang terjadi akibat alergi dan gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti eritema, dermatitis, dan pitiriasis rosea
  2. Gangguan pembentukan maupun keratinisasi pada lapisan epidermis, meliputi keratosis pilaris dan porokeratosis
  3. Masalah pada pigmen kulit, termasuk vitiligo
  4. Kelainan kelenjar minyak maupun kelenjar keringat, meliputi miliaria, hiperhidrosis lokalisata, dan jerawat
  5. Gangguan kulit akibat masalah pada saraf dan mental, termasuk neurodermatitis
  6. Kondisi medis pada kulit akibat gangguan nutrisi metabolik dan turunan, seperti porfiria dan amiloidosis
  7. Cedera pada kulit akibat karena faktor eksternal (fisik, kimia, maupun radiasi), yang meliputi luka bakar derajat 1 dan 2, maupun frost bite
  8. Masalah pada kelamin, terutama infeksi menular seksual, berupa kutu rambut kemaluan, kutil kelamin, dan herpes genital.


Baca juga: Teknologi Laser Tangani Masalah Kulit


Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Tidak hanya melakukan pemeriksaan langsung, dokter spesialis kulit dan kelamin juga memiliki kompetensi untuk melakukan tindakan medis. Tujuan tindakan medis tersebut bisa sebagai diagnostik maupun penanganan. Berikut ini adalah beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin:


  1. Menyarankan pemeriksaan penunjang, termasuk pemeriksaan darah untuk memastikan penyebab keluhan kulit dan kelamin yang dialami 
  2. Pemeriksaan penunjang, termasuk uji tusuk atau uji tempel untuk memeriksa alergi, uji intradermal, dan dermatopatologi
  3. Peresepan obat untuk mengatasi keluhan pada kulit dan kelamin, baik dengan obat yang dioleskan, diminum, maupun disuntikkan
  4. Tindakan intervensi kosmetik, atau tindakan medis dengan menggunakan alat berbasis cahaya maupun energi, seperti suntik botox, skleroterapi, dan mikrodermabrasi 
  5. Bedah kulit, mulai dari pembiusan lokal, bedah beku maupun bedah listrik, serta perawatan luka dan komplikasi bedah kulit


Baca juga: Jerawat, Stretchmark, dan Selulit Saat Hamil, Berbahayakah?



Subspesialisasi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Pembagian subspesialis dari dokter spesialis kulit dan kelamin berdasarkan gejala klinis yang terjadi, antara lain:


1. Anak

Fokus penanganan subspesialisasi ini lebih ke kondisi medis terkait kesehatan kulit dan kelamin yang dialami anak, baik yang terjadi karena infeksi, efek dari malnutrisi maupun kelainan bawaan atau yang terjadi saat proses persalinan. Kondisi yang ditangani termasuk tanda lahir, eksim, hingga iktiosis.


2. Geriatri

Geriatri, merupakan cabang keilmuan dokter kulit dan kelamin yang menangani masalah kulit akibat proses penuaan, maupun kondisi medis pada kulit dan kelamin yang kerap dialami lansia, antara lain pruritus, lentigo senilis, dan dermatitis asteatotic.


3. Kosmetik

Subspesialisasi ini lebih terarah untuk mengatasi masalah penampilan, estetika, atau kecantikan kulit, termasuk bekas luka, kerontokan rambut, serta deposit lemak dan selulit.


4. Alergi dan Imunologi

Alergi dan Imunologi adalah salah satu subspesialisasi dokter spesialis kulit dan kelamin yang menangani kondisi kulit akibat gangguan sistem imunitas dan alergi, meliputi biduran, dermatitis kontak alergi, dan psoriasis.


5. Infeksi Tropis

Dokter kulit dengan subspesialisasi ini bertugas mengatasi kondisi medis pada kulit karena berada pada iklim tropis, seperti selulitis, kurapa atau infeksi jamur lain, maupun erisipelas atau infeksi bakteri lain.


6. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Lingkup penanganan dokter dengan subspesialisasi ini adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui kontak seksual, termasuk vaginosis bakterialis, gonore, dan sifilis.


7. Bedah Tumor Kulit

Subspesialisasi ini lebih fokus untuk tindakan diagnostik dan penanganan tumor maupun kanker kulit, seperti leukoplakia, melanoma, maupun karsinoma sel basal.


Baca juga: Kulit Terjaga Hingga Usia Senja


Tips Memilih Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang Tepat

Ketika memilih dokter spesialis kulit dan kelamin, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan, antara lain: 


1. Sesuaikan dengan Keluhan Anda

Hendaknya dokter kulit dan kelamin yang Anda pilih sesuai dengan kondisi medis yang Anda alami. Misalnya, jika anak memiliki masalah kulit dermatitis, sebaiknya ajak ia periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin subspesialis anak 


2. Pencapaian Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 

Jika membahas tentang kompetensi, semua dokter spesialis kulit dan kelamin telah menempuh pendidikan hingga lulus dan dinyatakan layak sebagai seorang spesialis, artinya mereka telah memiliki kompetensi yang setara. Namun, pastikan bahwa dokter yang dipilih memang mampu, bahkan memang ahli, untuk menangani kondisi seperti yang Anda keluhkan 


3. Keterampilan dan Fasilitas

Beberapa pemeriksaan dan penanganan yang dilakukan dokter spesialis kulit dan kelamin memerlukan tindakan medis khusus. Jadi, sangat penting memastikan bahwa dokter yang dipilih memang memiliki keterampilan yang cakap untuk melakukan tindakan terkait kondisi yang Anda alami 


Selain itu, pastikan juga bahwa keterampilan dokter tersebut didukung dengan fasilitas yang memadai dengan kualitas terbaik, guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang optimal.


Baca juga: Kulit Mulus dengan Jarum-Jarum Halus


Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Jakarta dan Tangerang

Sesuai dengan komitmen untuk memprioritaskan kesehatan pelanggan, RS Pondok Indah menyediakan fasilitas medis serta tenaga medis yang profesional, sehingga pelayanan yang diberikan pun merupakan yang terdepan. Berbagai subspesialis dari dokter spesialis kulit dan kelamin telah bergabung dengan kami, dengan daftar sebagai berikut:


Daftar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Jakarta Selatan


RS Pondok Indah - Pondok Indah


dr. Triana Agustin, Sp. D. V. E, Subsp. D. A

dr. Rohprabhowo, Sp. D. V. E

dr. Budi Harjandi Widjaja, Sp. D. V. E (J-Clinic, via Call Center)

dr. Suksmagita Pratidina, Sp. D. V. E

dr. R. Aj. Putri Ambarani P., Sp. D. V. E

dr. Vinia Ardiani Permata, Sp. D. V. E, FINSDV, FAADV

dr. Benny Nelson, Sp. D. V. E



Daftar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Jakarta Barat


RS Pondok Indah - Puri Indah


dr. Susie Rendra, Sp. D. V. E, FINSDV

dr. Alexander Chandra, Sp. D. V. E, FINSDV

dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp. D. V. E


Daftar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Tangerang Selatan


RS Pondok Indah - Bintaro Jaya


dr. Suksmagita Pratidina, Sp. D. V. E

dr. Umi Rinasari, Sp. D. V. E, MARS, FINDSV

dr. Jonathan R. Subekti, Sp. D. V. E, B.Med.Sc


Memilih dokter spesialis kulit dan kelamin yang tepat sangat penting untuk mendapatkan solusi kesehatan kulit maupun kelamin. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di RS Pondok Indah cabang terdekat untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, RS Pondok Indah juga menyediakan fasilitas yang terkini dalam merawat kesehatan kulit maupun kelamin. 


Tidak ada masalah yang ringan atau sepele ketika menyangkut kesehatan kulit, karena kulit merupakan organ tubuh yang paling besar dan kulit juga merupakan pembungkus terluar tubuh. Jadi, pilihlah dokter dan fasilitas terbaik untuk hasil pengobatan yang optimal, dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Pondok Indah cabang terdekat.