RS Pondok Indah Group Terapkan Sistem Informasi Rumah Sakit Digital

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Tahun ini, RS Pondok Indah Group menerapkan sistem informasi rumah sakit baru pada jaringan teknologi informasi di RS Pondok Indah - Pondok Indah untuk menjadi digital hospital pertama di Indonesia

RS Pondok Indah Group Terapkan Sistem Informasi Rumah Sakit Digital

Tahun ini, RS Pondok Indah Group menerapkan sistem informasi rumah sakit baru pada jaringan teknologi informasi di RS Pondok Indah – Pondok Indah untuk menjadi digital hospital pertama di Indonesia. Sistem informasi baru tersebut bersifat menyeluruh, yang diimplementasikan baik dalam administrasi pasien, maupun layanan klinis dan penunjang medis. Menjadi digital hospital menunjukkan komitmen RS Pondok Indah Group untuk selalu menghadirkan layanan dan fasilitas kesehatan terdepan bagi pasien.

“Selain layanan medis, kenyamanan dan kemudahan menjadi hal yang didambakan pasien saat berkunjung ke rumah sakit,” papar CEO RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, saat konferensi pers. “Karenanya, selain berinvestasi pada teknologi medis, RS Pondok Indah Group juga tidak ragu untuk berinvestasi pada sistem informasi rumah sakit demi kecepatan, kemudahan, dan ketepatan dalam melakukan tindakan medis.”

#####

Penerapan sistem informasi digital menjadikan semua informasi terintegrasi secara online dan rekam medis pasien akan tercatat secara real-time. Hal tersebut memudahkan tim medis untuk mengakses data sehingga pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat dan tepat. Dan untuk menjamin keamanan sistem digital ini, semua data harus diakses dengan password dan hanya dapat dibuka oleh tim medis yang melayani dan/atau merawat pasien.

Dengan electronic medical records atau rekam medis elektronik, semua catatan rekam medis, kunjungan pasien ke dokter untuk rawat jalan, riwayat operasi dan riwayat penyakit tercatat dalam e-medical records yang mempersingkat waktu pelayanan untuk mencari catatan fisik rekam medis pasien. Hasil pemeriksaan, termasuk hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi, juga akan tercatat secara digital dan dapat diakses dengan cepat oleh tim medis.

RS Pondok Indah – Pondok Indah sudah menerapkan digitalisasi sejak 5 Februari 2014, sedangkan RS Pondok Indah – Puri Indah saat ini masih semidigital dengan e-medical records saja. Proses yang sama akan terimplementasi penuh pada September 2014 di RS Pondok Indah – Puri Indah.