Close
Close Language Selection
News

RS Pondok Indah Raih Predikat "Excellent" Kategori Best IT System

Rabu, 11 Nov 2015
RS Pondok Indah Raih Predikat "Excellent" Kategori Best IT System

RS Pondok Indah Group meraih penghargaan dalam kompetisi Best E-Corp 2015 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA. Best e-Corp merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mencari best practice dan teladan (role model) penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi (TI) terbaik di kalangan korporasi di Indonesia, sekaligus sebagai ajang apresiasi bagi mereka yang sudah menunjukkan prestasi dan contoh terbaik.

Ajang Best e-Corp yang diadakan untuk ketiga kalinya ini memiliki tiga kategori yaitu Best IT Systems, Best CIO, dan Best IT Future Leaders. RS Pondok Indah Group mengikuti kategori Best IT System dan berhasil meraih predikat “Excellent” dari 19 perusahaan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang kompetisi ini.

Kompetisi Best IT Systems ditujukan bagi kalangan korporasi/instansi dalam pemanfaatan sistem TI untuk meningkatkan kualitas proses bisnis dan hasilnya. Partisipan diundang untuk mengajukan satu sistem TI terbaik atau andalannya untuk dikompetisikan.

Sistem informasi rumah sakit (hospital information system, HIS) yang diajukan RS Pondok Indah mendapatkan predikat “Excellent” dari para dewan juri yang terdiri dari Richard Kartawijaya (CEO PT Graha Teknologi Nusantara), Prof. Riri Fitri Sari (Profesor bidang Teknik Komputer Universitas Indonesia), All Mulk (Associate Director PwC Consulting Indonesia, dan Joko Sugiarsono (Redaktur Eksekutif dan Kepala Kompartemen TI Majalah SWA).

Ada empat dimensi yang diukur untuk kompetisi sistem IT korporat ini. Pertama, keunikan dan inovasi yang ditawarkan sistem TI tersebut dalam mendukung proses bisnis perusahaan. Kedua, proses implementasi, yakni seberapa baik proses implementasi sistem ini dijalankan. Dimensi penilaian ketiga adalah efektivitas biaya. Dan dimensi keempat adalah business impact, yakni hasil atau dampak dari pemanfaatan sistem terhadap bisnis yang dijalankan perusahaan/instansi itu.

Sistem TI di RS Pondok Indah Group dianggap mendukung seluruh layanan operasional rumah sakit secara end-to-end mulai dari booking appointment, pelaksanaan konsultasi, rawat inap, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi hingga pemberian obat oleh farmasi yang kemudian diakhiri dengan proses billing baik oleh pasien secara pribadi maupun dengan jasa asuransi atau kerjasama dengan pihak ketiga.

RS Pondok Indah termasuk salah satu pengguna yang memiliki tingkat adopsi terbaik dari hampir 500 rumah sakit pengguna sistem informasi rumah sakit yang sama di dunia. RS Pondok Indah bahkan menjadi salah satu referensi implementasi sistem informasi tersebut. Review pun terus dilakukan setelah implementasi, dengan tujuan untuk memastikan implementasi sistem telah sesuai, berjalan baik, dan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan.

Sistem informasi digital ini juga mempercepat proses pelayanan karena banyak memangkas prosedur yang sebelumnya memakan waktu lebih panjang. Dokter pun dapat melihat hasil laboratorium atau radiologi pasien sesegera mungkin setelah hasil tersebut diotorisasi oleh tim bersangkutan. Hasil pemeriksaan dan analisa menjadi lebih cepat, up-to-date, akurat, dan lengkap.

“Sesuai dengan misi RS Pondok Indah Group yang ingin memberikan pelayanan secara konsisten, terpadu, dan fokus pada pasien, kami terus melakukan continuous improvement yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kami, salah satunya dengan menerapkan digitalisasi pada sistem informasi rumah sakit,” kata Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto, MARS. “Kami bangga dapat berpartisipasi di kompetisi Best e-Corp dan menyadari bahwa kami harus terus melakukan inovasi agar dapat memberikan pelayanan terdepan bagi pasien RS Pondok Indah Group.”

HEALTHY CORNER More News


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor