Close
Close Language Selection
Health Articles

Pelembab untuk si Wajah Berminyak, Perlu Tidak Ya?

Rabu, 23 Des 2020
Pelembab untuk si Wajah Berminyak, Perlu Tidak Ya?

Ada mitos yang mengatakan kulit berminyak tidak memerlukan pelembab karena penggunaan pelembab dapat meningkatkan kadar minyak wajah dan memicu jerawat. Benarkah demikian?

Pelembab merupakan salah satu komponen perawatan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Penggunaan pelembab secara rutin akan mencegah kulit mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang berlangsung lama akan menyebabkan kulit kering, gatal, dan kerutan akan lebih terlihat. Dehidrasi juga membuat kulit menjadi kusam. 

Tingkat kelembaban kulit ditentukan oleh kadar air di lapisan kulit. Sedangkan kadar minyak ditentukan oleh kandungan minyak atau sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak/sebasea. Apabila kadar minyak yang dihasilkan melebihi normal, maka kulit menjadi berminyak. Kulit berminyak tetap dapat mengalami kekurangan kandungan air dan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi pada kulit berminyak, akan dikompensasi oleh kulit Anda dengan meningkatkan aktivitas kelenjar minyak dengan memproduksi lebih banyak sebum. Nah, jadi berkurangnya kelembaban ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak, lho. Kulit yang berminyak akibat proses lanjutan dehidrasi tentulah akan menimbulkan masalah kulit lain misalnya jerawat. Kesimpulannya, semakin Anda menghindari pelembab, justru akan semakin memicu munculnya jerawat. Jadi, buat pemilik kulit berminyak, tetap pakai pelembab ya.

Berikut ini tips perawatan wajah bagi pemilik kulit berminyak:

  1. Pilihlah pelembab berbentuk gel atau losion. Kandungan air yang relatif tinggi pada gel dan losion akan meningkatkan kadar air pada kulit, tanpa menimbulkan sensasi berminyak yang meresahkan. 
  2. Gunakan pelembab segera setelah mencuci wajah sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan pelembab segera setelah mencuci wajah akan meningkatkan penyerapan, sehingga menghilangkan kesan lengket dan berminyak.
  3. Biasakan mencuci wajah dengan air keran bersuhu normal atau dingin. Penggunaan air panas berlebihan akan menghilangkan lapisan pelembab alami kulit dan memicu dehidrasi.
  4. Hindari penggunaan toner berlebihan pada kulit cantik Anda, karena hilangnya minyak berlebihan jangka panjang pada akhirnya juga akan dikompensasi dengan pembentukan kembali minyak secara berlebih. Hal ini terjadi akibat adanya mekanisme kontrol pada kulit Anda yang berfungsi menjaga keseimbangan.

Yuk, jaga kelembaban kulit dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Kulit sehat bisa jadi investasi jangka panjang sampai kita berusia lanjut nanti, lho.

dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV

Spesialis Kulit & Kelamin
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor