Mempertahankan Fungsi dan Kesehatan Gigi

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Perawatan gigi dan mulut kini telah menjadi salah satu prioritas kesehatan bagi masyarakat

Mempertahankan Fungsi dan Kesehatan Gigi

RS Pondok Indah Group memperkenalkan Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah yang merupakan wajah baru dari Klinik Gigi dan Mulut. Klinik berkonsep one stop service tersebut menghadirkan lebih banyak dokter gigi spesialis serta menyediakan teknologi terkini dan fasilitas terlengkap untuk kesehatan gigi dan mulut. Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah kini juga memprioritaskan sistem pengendalian dan pencegahan infeksi di ruang lingkup klinik gigi.

Dengan peranan gigi sebagai fungsi oral dan estetika, setiap orang ingin mempertahankan kesehatan dan keindahan giginya. Banyak pasien seringkali tidak menyadari masalah gigi dan mulut yang dialaminya. Salah satu permasalahan yang kerap dialami pasien adalah gigi retak (cracked tooth). Gigi retak dapat terjadi pada pria maupun wanita, akibat menggigit obyek yang keras, salah posisi dalam mengunyah, atau karena struktur gigi yang lemah.

Gejala rasa sakit pada gigi retak tidak terjadi terus menerus sehingga banyak pasien mengabaikannya. Diagnosis sindrom gigi retak juga cukup sulit. Dokter gigi harus melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara menyeluruh. Dokter gigi spesialis konservasi gigi RS Pondok Indah - Pondok Indah, drg. Rina Permatasari, Sp. KG, menjelaskan, “Retakan pada gigi biasanya cukup halus dan sulit terlihat secara klinis. Bila pemeriksaan awal tidak dapat memperlihatkan posisi dan kedalaman retakan gigi, dokter akan membutuhkan pemeriksaan dengan 3D cone beam computed tomography (CBCT). Dengan 3D CBCT imaging, pencitraan yang dihasilkan memiliki detil lebih tajam, bahkan slice by slice (per potong).”

Dokter gigi Rina melanjutkan, bila retakan sudah jauh hingga ke akar atau bahkan gigi menjadi terbelah, maka gigi terpaksa harus dicabut, kemudian diganti dengan gigi tiruan atau implan.

Gigi yang terpaksa harus dicabut karena kerusakan kompleks atau akibat hal lainnya seperti trauma, tentunya akan membuat pasien tidak nyaman. Kondisi tersebut tidak hanya mempengaruhi estetika dan fungsi oral, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan umum dan kualitas hidup seseorang. Berkembangnya teknologi memungkinkan dokter gigi untuk memberikan pilihan yang lebih luas untuk jenis gigi tiruan.

#####

Dokter gigi spesialis prostodonsia RS Pondok Indah – Pondok Indah, drg. Jonan Angkawidjaja, Sp. Pros, menjelaskan, “Jika gigi asli masih indikasi dan memungkinkan untuk dipertahankan, sebaiknya tidak dilakukan pencabutan karena pencabutan gigi selalu diikuti penciutan tulang rahang. Dengan kemajuan ilmu dan bahan kedokteran gigi, pasien disarankan selalu meminta pendapat ahli sebelum mengambil keputusan untuk mencabut gigi. Banyak solusi yang mungkin dapat dipilih untuk merestorasi gigi. Namun jika memang harus dilakukan pencabutan, maka diperlukan gigi tiruan sebagai pengganti agar tidak terjadi masalah yang lebih kompleks pasca pencabutan. Misalnya, susunan gigi yang bergeser, radang gusi, kelainan sendi rahang, perubahan intonasi suara, dan yang tidak kalah pentingnya, yaitu berkurangnya dukungan terhadap bibir dan pipi sehingga wajah penampilan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.”

Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan perawatan gigi terbaik dan berkualitas seiring dengan meningkatnya kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, mengatakan “Kami berharap Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah akan menjadi klinik gigi terdepan dalam melayani masyarakat. Tim Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah memiliki tim dokter gigi yang lengkap meliputi berbagai ilmu kedokteran gigi dengan kurang lebih 30 orang dokter gigi spesialis. Para dokter gigi spesialis ini akan didukung oleh perlengkapan dan teknologi kedokteran gigi terkini agar dapat memberikan pelayanan gigi spesialistik yang prima dan lebih aman.”

Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah mengedepankan sisi modernitas dari segi fasilitas pendukung untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti 3D X-ray, yaitu Carestream 9300 C 3D Premium System yang merupakan 3-in-one solution dengan sistem panoramik, sefalometri,  dan CBCT (cone beam computed tomography) dalam satu alat. Alat ini merupakan fasilitas terkini yang dimiliki Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah.

Demi keselamatan dan keamanan pasien, Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah - Pondok Indah pun kini memprioritaskan sistem pengendalian dan pencegahan infeksi di dalam ruang lingkup Dental Sepecialist Clinic. Pencegahan tersebut termasuk kebersihan tangan, pembersihan dan disinfeksi ruangan sebelum mulai praktik dan setiap selesai satu pasien. Sterilisasi peralatan dan bahan yang digunakan dilakukan kepada setiap pasien sebelum memulai perawatan. Setiap alat-alat atau instrumen gigi yang digunakan terbungkus dalam Wipak yang disegel dan memiliki indikator steril. Untuk memastikan semua prosedur dilaksanakan dengan seksama, alat dikemas dalam dental instrument cassette dan setiap pasien akan mendapatkan satu set alat dan bahan steril masing-masing.