Kanker Serviks, Berkembang Diam-diam tapi Dapat Ditaklukan

Selasa, 05 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Termasuk sebagai penyakit yang slow-growing, kanker serviks menyebar dengan cepat di Indonesia

Kanker Serviks, Berkembang Diam-diam tapi Dapat Ditaklukan

Sebuah kenyataan yang tidak mengenakkan: Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks (mulut rahim) terbanyak di dunia. Kanker yang disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus), terutama tipe 16 dan 18, ini biasanya tidak menunjukkan gejala atau keluhan pada tahap awal.


Gejala atau keluhan tersebut biasanya baru muncul ketika kanker sudah memasuki stadium 2 atau lebih. Keputihan yang berulang meski telah diobati, juga post-coital bleeding (pendarahan pasca-senggama), kerap menjadi gejala yang dirasakan meski tidak selalu merujuk pada kanker serviks. Meski begitu, bukan berarti kanker ini tidak bisa dihindari.


Penyebab dan kehadiran kanker serviks dapat dideteksi. Terlebih, kanker ini termasuk yang slow-growing. Diperlukan fase yang panjang dari tahap infeksi sampai menjadi kanker. 


HPV memiliki masa inkubasi selama 9 – 12 bulan. Kemudian setelahnya, memasuki fase lesi pra-kanker. Ada tiga sub pada fase ini: atypical, low grade lession, dan high grade lession. Jika terus berkembang, barulah menjadi kanker. 


Sampai pada low grade lession, masih ada kemungkinan infeksi HPV menghilang meski tanpa tindakan medis. HPV merupakan virus yang sangat selektif, yang hanya berkembang di lingkungan yang sesuai.


Berikut adalah beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker serviks:


  • Menikah di usia muda (15 – 20 tahun), di mana pada masa ini masih terjadi perubahan sel (metaplasia) di mulut rahim
  • Berganti pasangan seksual
  • Infeksi gonorhea (kencing nanah), sifilis, herpes, atau HIV
  • Mengonsumsi pil KB kombinasi dapat memicu perkembangan HPV, tapi tidak menyebabkan timbulnya HPV
  • Kekurangan vitamin C, D, E, asam folat, dan mineral


Skrining menjadi hal yang penting dilakukan untuk terhindar dari kanker serviks. Sejak aktif berhubungan seksual, pemeriksaan setiap tahun diperlukan untuk memantau kondisi organ kewanitaan.


Jenis-jenis Tes Pra-Kanker

Saat ini, terdapat beberapa tes yang bisa dilakukan untuk mendeteksi lesi pra-kanker. 


IVA

IVA merupakan metode pemeriksaan yang paling mudah, murah, mampu laksana di Indonesia. Mulut rahim dibalur dengan asam cuka (25 persen) kemudian reaksi yang terjadi dianalisa. 


Papsmear

Tes ini dilakukan dengan pengambilan contoh sel-sel yang dilepaskan (eksfoliasi) dari lapisan epitel serviks, yang akan tampak tidak normal bila terjadi perubahan karena infeksi HPV, lesi pra-kanker atau kanker, jika diperiksa di laboratorium. Terdapat dua jenis papsmear, yaitu konvensional (tingkat akurasi 50 – 70 persen) dan Thinprep (tingkat akurasi 80 persen). 


Tes DNA HPV

Pemeriksaan molekuler ini memiliki tingkat akurasi hingga 99 persen. Tes ini dapat mendeteksi kemungkinan timbulnya lesi pra-kanker meski belum terjadi perubahan pada sel.


Kolposkopi

Pemeriksaan ini menggunakan alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mengamati bagian yang terinfeksi. Jika memang ditemukan ada jaringan yang terinfeksi, biopsi terarah (pengambilan sejumlah kecil jaringan tubuh) dapat dilakukan dengan alat ini.


Keempat tes ini tersedia di RS Pondok Indah Group. Selain pemeriksaan rutin, yang juga perlu dilakukan adalah melakukan vaksinasi HPV. Vaksinasi ini dapat dilakukan oleh wanita berusia mulai 9 sampai 55 tahun, meski masa terbaik adalah pada 9 sampai 12 tahun. Vaksinasi akan dilakukan tiga kali (0 bulan, 1 – 3 bulan, dan 6 bulan). Dengan vaksinasi dan pemeriksaan rutin, tak perlu khawatir kanker akan menyerang organ kewanitaan Anda.