Hand Hygiene Champion RSPI-Puri Indah

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia dan sebagai bentuk komitmen dalam melakukan cuci tangan bagi setiap paramedis dan staff rumah sakit, RSPI-Puri Indah mengadakan lomba cuci tangan Hand Hygiene Champion

Hand Hygiene Champion RSPI-Puri Indah

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia dan sebagai bentuk komitmen dalam melakukan cuci tangan bagi setiap paramedis dan staff rumah sakit, RSPI-Puri Indah mengadakan lomba cuci tangan “Hand Hygiene Champion”.

Sesuai dengan kebijakan yang mengacu pada guideline WHO, langkah cuci tangan dengan handrub yaitu 8 langkah sedangkan dengan menggunakan air mengalir sebanyak 11 langkah cuci tangan, namun langkah utama gerakan tersebut berjumlah 6 langkah.

“Lomba ini dihadiri seluruh unit, mulai dari para dokter, perawat, radiologi, laboratorium, check up, sampai manajemen gedung dan lingkungan, dan lainnya yang berada di RSPI-Puri Indah. Kriteria penilaian berdasarkan pada 6 langkah gerakan cuci tangan yang dilakukan secara tepat dan sesuai dengan urutan, kekompakan gerakan, dan kreativitas para staff,” ungkap Dr. Diba Astried, MARS selaku Infection Control Coordinator RSPI-Puri Indah.

“Dalam lomba hand hygiene step, peserta dari setiap unit harus menampilkan gerakan cuci tangan sesuai dengan 6 langkah utama yang dimodifikasi dalam bentuk tarian (dance), lagu-lagu, pantomim, atau cerita. Kami melakukan proses seleksi dan lima regu terbaik akan tampil memperebutkan gelar Hand Hygiene Champion pada babak final yang rencananya diadakan pada tanggal 6 Juli mendatang pada momen perayaan HUT ke-5 RSPI-Indah,” ungkap Kharina Wijaya, Corporate Communication and PR RSPI Group.

Hari itu, tim dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) yang ditunjuk sebagai duta cuci tangan di RSPI-Puri Indah juga mengajarkan cara cuci tangan yang sesuai langkah dari WHO kepada para pasien dan pelanggan RSPI-Puri Indah.