Dokter Spesialis Kandungan Jakarta dan Tangerang

Oleh Tim RS Pondok Indah

Jumat, 14 Juni 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Cari jadwal dokter spesialis kandungan (Obgyn) di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan. Cek jadwal, profil dokter spesialis, dan booking online.

Dokter Spesialis Kandungan Jakarta dan Tangerang

Dokter kandungan, atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan, tidak hanya menangani masalah kehamilan. Berbagai keluhan pada organ reproduksi wanita juga termasuk lingkup kerja dokter spesialis kandungan. 


Sesuai dengan gelarnya, dokter kandungan yang dikenal juga dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Sp.OG) sebenarnya mencakup segala masalah terkait obstetri (kebidanan) dan ginekologi (kandungan). 


Jadi, pada dasarnya semua wanita dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan, tidak hanya saat hamil saja. Sebelum memutuskan dokter kandungan yang tepat untuk Anda, ketahui kondisi yang ditangani dokter kandungan beserta subspesialis yang tersedia, agar tidak salah pilih dan penanganan keluhan Anda dapat lebih optimal.


Mengenal Dokter Spesialis Kandungan 

Walaupun sering digabungkan, obstetri dan ginekologi memiliki arti dan cakupan kasus yang berbeda. Obstetri dikenal juga dengan kebidanan merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang kehamilan dan persalinan secara khusus. Sementara, ginekologi adalah ilmu seputar sistem reproduksi wanita.


Obstetri atau kebidanan adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan perawatan medis dan bedah sebelum hamil (promil dan perawatan gangguan kesuburan), selama, dan setelah seorang wanita melahirkan, termasuk perawatan pasca melahirkan. Fokus utamanya, yaitu pemeliharaan dan perawatan kesehatan wanita secara keseluruhan selama proses bersalin. 


Ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada tubuh wanita dan kesehatan reproduksinya mulai dari pubertas hingga ia dewasa. Dokter dapat melakukan diagnosis, pengobatan, dan perawatan sistem reproduksi wanita, termasuk vagina, rahim, ovarium, dan saluran tuba.


Baca juga: Pemeriksaan Kehamilan Tentukan Kualitas Hidup Anak


Kondisi yang Ditangani Dokter Spesialis Kandungan

Selain memeriksa kehamilan, dokter kandungan juga menangani beberapa kondisi medis lain, termasuk keluhan seputar menstruasi. Kunjungan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan sebenarnya perlu dilakukan secara rutin tiap setahun sekali, tanpa menunggu hingga ada keluhan. 


Beberapa kondisi yang ditangani oleh dokter kandungan dan kebidanan antara lain:


  • Masalah pada saluran kemih, termasuk infeksi saluran kemih, inkontinensia urine
  • Infeksi pada organ reproduksi, seperti infeksi vagina hingga nyeri panggul
  • Gangguan menstruasi, termasuk pendarahan menstruasi yang lebih banyak, lebih sedikit, lebih sering, maupun lebih jarang
  • Pertumbuhan tidak normal pada organ reproduksi, seperti endometriosis, miom, dan fibroid, hingga kanker serviks
  • Gangguan hormonal, meliputi menstruasi pertama yang terlambat maupun menopause
  • Gangguan seksual, termasuk penurunan libido, vagina kering, maupun nyeri saat berhubungan seksual
  • Masalah kesuburan, bahkan gangguan kesuburan
  • Persiapan kehamilan, baik dengan konsultasi, peresepan vitamin prenatal, inseminasi buatan, hingga bayi tabung
  • Komplikasi kehamilan, termasuk insufisiensi serviks, hipertensi dalam kehamilan, maupun keguguran
  • Kelainan bawaan dan gangguan organ reproduksi, seperti gangguan pada tuba falopi, maupun pada organ reproduksi lain


Baca juga: NIPT: Skrining Risiko Kelainan Bawaan Genetik Janin dalam Kandungan


Tindakan Medis yang Dilakukan Dokter Kandungan

Tidak hanya memeriksa dan memberikan edukasi terkait kesehatan reproduksi wanita, dokter obstetri dan ginekologi juga terlatih dalam melakukan beberapa tindakan medis, termasuk operasi persalinan. Selain itu, beberapa tindakan medis yang masih merupakan kompetensi dokter spesialis kandungan meliputi:


  • Pemeriksaan seputar organ reproduksi wanita, meliputi pemeriksaan panggul, dan vagina
  • Pemeriksaan penunjang untuk organ reproduksi wanita, seperti USG, baik yang dari perut atau dalam vagina
  • Konsultasi kehamilan atau perawatan prenatal (sebelum melahirkan)
  • Program hamil, termasuk inseminasi buatan bahkan bayi tabung
  • Pemeriksaan kehamilan rutin, sekaligus mendeteksi komplikasi kehamilan
  • Persalinan, baik dengan cara alami, alat bantu, maupun dengan operasi
  • Konsultasi dan pemasangan kontrasepsi yang tepat untuk masing-masing pasangan, termasuk ligasi tuba untuk sterilisasi wanita
  • Operasi pada organ reproduksi wanita, termasuk histerektomi (pengangkatan rahim), miomektomi (menghilangkan miom), kistektomi (menghilangkan kista rahim), maupun operasi untuk memperbaiki cedera organ panggul
  • Deteksi dini kanker serviks dan biopsi, seperti pemeriksaan pap smear
  • Terapi hormon untuk mengatasi gejala menopause
  • Kemoterapi, operasi, maupun terapi lain untuk menangani kanker reproduksi



Subspesialisasi Dokter Spesialis Kandungan 

Beberapa subspesialis dokter spesialis kandungan yang tersedia adalah sebagai berikut ini:


1. Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi

Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi merupakan subspesialis dari dokter kandungan yang mendalami tentang kesuburan, kelenjar, dan hormon reproduksi wanita.


Beberapa kondisi medis yang ditangani subspesialis ini antara lain disfungsi seksual pada wanita, gangguan kesuburan yang disebabkan hormonal seperti PCOS, program hamil dengan induksi ovulasi, inseminasi buatan, maupun bayi tabung, dan lainnya.


2. Fetomaternal

Fetomaternal menangani penyakit maupun komplikasi pada ibu dan janin, termasuk hipertensi dalam kehamilan, preeklampsia, menyarankan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan kelainan bawaan, seperti NIPT, serta pemeriksaan fetomaternal menggunakan USG untuk mendeteksi adanya kelainan pada janin 


3. Onkologi

Onkologi merupakan subspesialis dari dokter kandungan dengan fokus kasusnya adalah keganasan atau kanker pada organ reproduksi wanita, meliputi miom, endometriosis, maupun kanker pada organ reproduksi wanita, seperti kanker rahim dan kanker serviks


4. Uroginekologi Rekonstruksi

Uroginekologi Rekonstruksi adalah dokter spesialis kandungan yang menangani masalah pada otot dasar panggul dan saluran kemih.


Beser atau sering kencing, turun peranakan atau prolaps uteri, dan tidak bisa menahan urine ketika merasa ingin BAK (inkontinensia urine), adalah beberapa contoh kondisi medis yang ditangani dokter kandungan subspesialis ini


Baca juga: Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Janin, Nutrisi Apa Saja yang Dibutuhkan?


4 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Supaya lebih maksimal, pastikan Anda memilih dokter kandungan yang sesuai. Berikut ini adalah berbagai faktor yang bisa dipertimbangkan ketika hendak memilih dokter kandungan, di antaranya:


1. Riwayat Kesehatan 

Pastikan Anda menyesuaikan keluhan yang Anda alami dengan subspesialisasi dari dokter kandungan yang dipilih. 


2. Keputusan Dokter

Saran dokter juga sebaiknya disesuaikan dengan keinginan atau pilihan Anda. Contohnya, Anda ingin melahirkan dengan metode persalinan alami, maka sebaiknya pilihlah dokter kandungan yang memang mendukung persalinan dengan metode alami.


Namun, jangan dulu berkecil hati, bahkan menolak saran dokter kandungan, jika saran yang diberikan tidak sesuai. Anda dapat mengomunikasikan dan menanyakan alasan pemilihan metode bersalin tersebut, keuntungan dan kerugiannya, serta alternatif tindakan tersebut. Sebab bisa saja metode yang disarankan memang yang terbaik bagi kesehatan dan keselamatan Anda maupun si kecil.


3. Praktik Dokter 

Jika memilih untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan yang berpraktik pribadi, atau di klinik, Anda sebaiknya mempertimbangkan rumah sakit tempat dokter bekerja atau yang bekerja sama dengan dokter yang dipilih. 


Jadwal praktik dokter juga dapat Anda pertimbangkan. Sesuaikan jadwal praktik dokter dengan jadwal yang nyaman bagi Anda. Tentunya success story dokter kandungan dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan organ reproduksi perlu Anda pertimbangkan juga dalam pemilihan dokter kandungan.


4. Fasilitas yang Tersedia

Jika dokter kandungan yang Anda pilih berpraktik di rumah sakit, pastikan rumah sakit tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar bersalin, ruang operasi, ruang perawatan, kamar bayi yang nyaman, serta tersedianya fasilitas Neonatal Intensive Care Unit (NICU).


Semua fasilitas ini tetap perlu dipersiapkan untuk mencegah kemungkinan terburuk, misalnya persalinan macet sehingga perlu dilakukan operasi sebagai metode persalinan. Atau misalkan ada kondisi bayi lahir dan membutuhkan perawatan intensif.


Baca juga: Mitos-Fakta Kehamilan


Rekomendasi Dokter Kandungan di Jakarta dan Tangerang

RS Pondok Indah telah memiliki semua subspesialis dokter kandungan dengan fasilitas kesehatan yang nyaman dan terpercaya, merupakan pilihan untuk menangani kesehatan kandungan maupun organ reproduksi Anda. Berikut ini adalah daftar dokter spesialis kandungan yang tersedia di RS Pondok Indah berdasarkan lokasi cabang yang tersedia: 


Daftar Dokter Spesialis Kandungan Jakarta Selatan


RS Pondok Indah - Pondok Indah


Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp. O. G, Subsp. F. E. R., MPH, Int. Aff. RANZCOG

Prof. Dr. dr. R. Muharam Natadisastra, Sp. O. G, Subsp. F. E. R., MPH

Dr. dr. Soemanadi, Sp. O. G

Dr. dr. Fitriyadi Kusuma, Sp. O. G, Subsp. Onk.

Dr. dr. Kanadi Sumapradja, Sp. O.G, Subsp. F. E. R., M.Sc

Dr. dr. Sutan Finekri Arifin Abidin, Sp. O. G, Subsp. K.Fm., MARS

Dr. dr. Gita Pratama, Sp. O. G, Subsp. F. E. R., M.Sc, Rep

dr. Azen Salim, Sp. O. G, Subsp. K.Fm.

dr. H. Djoko Sekti Wibisono, Sp. O. G, Subsp. F. E. R.

dr. A. Giri Respati, Sp. O. G, Subsp. K.Fm.

dr. Widyorini Lestari Hanafy, Sp. O. G, Subsp. Onk.

dr. Aida Riyanti, Sp. O. G, Subsp. F. E. R., M.Sc, Rep

dr. Astrid Yunita, Sp. O. G, Subsp. Urogin Re.

dr. Moh. Luky Satria Syahbana Marwali, Sp. O. G, Subsp. F. E. R.

dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp. O. G, Subsp. F. E. R., M.Sc

dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp. O. G, Subsp. F. E. R.

dr. Upik Anggraheni Priyambodo, Sp. O.G, Subsp. F. E. R.

dr. Sawitri Setiati Sp. O. G

dr. Aswin Wisaksono Sastrowardoyo, Sp. O. G

dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. O. G

dr. Bramundito, Sp. O. G

dr. F. X. A. Bhimantoro, Sp. O. G

dr. Rifardi Rifiar, Sp. O. G

dr. Muhammad Fadli, Sp. O. G

dr. Putri Deva Karimah, Sp. O. G

dr. Mario Krishna, Sp. O. G


Daftar Dokter Kandungan Jakarta Barat


RS Pondok Indah - Puri Indah


dr. A. Budi Marjono, Sp. O. G, Ph.D (via Call Center)

DR. dr. Calvin Tjong, Sp. O. G (via Call Center)

dr. Astrid Yunita, Sp. O. G, Subsp. Urogin Re.

dr. Astrid Fransisca Padang, Sp. O. G, Subsp. K. Fm.

dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp. O. G, Subsp. F. E. R.

dr. Kartika Hapsari, Sp. O. G, FNVOG

dr. Eric Kasmara, Sp. O. G

dr. Erdwin Rakun, Sp. O. G

dr. Andry, Sp. O. G, FMIGS, FEGRF

dr. Dhely Lesthama Atmadikoesoemah, Sp. O. G

dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp. O. G

dr. Grace Valentine, Sp. O. G

dr. Thomas Chayadi, Sp. O. G


Daftar Dokter Kandungan Tangerang Selatan


RS Pondok Indah - Bintaro Jaya


Dr. dr. Soemanadi, Sp. O. G

Dr. dr. R. Aditya Kusuma, Sp. O. G, M.Sc

dr. Shirley Anggraini Tunggadewi, Sp. O. G. Subsp.Urogin Re, M.Kes (via Call Center)

dr. Bambang Dwipoyono, Sp. O. G, Subsp. Onk.

dr. Aida Riyanti, Sp. O. G, Subsp. F. E. R, MSc.Rep

dr. Novan Satya Pamungkas, Sp. O. G, Subsp. K-Fm

dr. Rudi Simanjuntak, Sp. O. G

dr. Andry, Sp. O. G, FMIGS, FEGRF

dr. Merwin Tjahjadi, Sp. O. G

dr. M. Charnaen Ibrahim, Sp. O. G

dr. Zeissa Rectifa Wismayanti, Sp. O. G


Pemeriksaan rutin ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan dapat menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan organ reproduksi Anda. Tidak hanya kualitas dokter kandungannya, fasilitas kesehatan yang lengkap dan berkualitas juga diperlukan, supaya upaya ini lebih optimal. Jadi, pilihlah dokter kandungan berdasarkan subspesialisasi yang sesuai dengan kondisi Anda, dan juga pastikan fasilitas tempat dokter praktik sudah lengkap dan berkualitas.


Jika ragu, konsultasikan kondisi Anda ke RS Pondok Indah cabang terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh dari dokter kandungan terbaik, dengan pelayanan yang nyaman dan fasilitas yang berkualitas.