Bincang Sehat RS Puri Indah, Golden Period Stroke dan Penanganannya

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Kegiatan talkshow bulanan RS Puri Indah yang biasa disebut Bincang Sehat kembali dilaksanakan pada bulan April, tepatnya hari Sabtu 24 April 2010

Bincang Sehat RS Puri Indah, Golden Period Stroke dan Penanganannya

Terdapat dua pembicara yang dihadirkan untuk talkshow kali ini, yakni dokter spesialis Syaraf, Dr. Firman Hendrik Sp.S dan dokter spesialis Rehabilitasi Medik, Dr Ratna Kalijana Sp.RM.

Stroke sampai sekarang masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Stroke juga berada di urutan teratas penyebab kecacatan permanen. Padahal, stroke sebetulnya dapat dicegah dan diobati.

Pengobatan segera dapat menghindari kematian dan mempercepat pemulihan dari kecacatan akibat kerusakan otak yang terjadi saat serangan stroke. Jangka waktu penanganan stroke yang biasa dikenal dengan Golden Period inilah yang menjadi tema Bincang Sehat hari itu.

Menurut Dr.Firman, jangka waktu terbaik untuk menangani stroke maksimal 4,5 jam setelah serangan atau setelah timbul gejala stroke sendiri. “Jika dalam kurun waktu itu penderita mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat, maka ia akan terhindar dari kematian, komplikasi, atau kecacatan,” ungkapnya di depan 73 orang peserta yang menghadiri acara tersebut.