Atasi Cedera Lutut Akibat Lari dengan Penanganan Spesifik di Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center (JKOSC)

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Olahraga lari yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini menjadi alternatif pilihan bagi sebagian besar masyarakat untuk berolahraga karena mudah dan praktis

Atasi Cedera Lutut Akibat Lari dengan Penanganan Spesifik di Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center (JKOSC)

Olahraga lari yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini menjadi alternatif pilihan bagi sebagian besar masyarakat untuk berolahraga karena mudah dan praktis. Namun, tak sedikit yang kemudian mengalami cedera lutut saat olahraga lari.


Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center (JKOSC) RS Pondok Indah Group dapat menjadi solusi bagi pasien dengan keluhan sendi lutut, bahu, atau cedera akibat olahraga.


dr. L. Andre Pontoh, Sp.OT (K), Dokter Spesialis Bedah Orthopedi Konsultan Sport Medicine RS Pondok Indah – Pondok Indah menjelaskan, “Cedera pada lutut seringkali diabaikan padahal cedera lutut tak boleh dianggap remeh. Bila tidak ditangani dengan benar, cedera lutut dapat berbahaya dan menimbulkan disfungsi lutut. Lebih dari 41 persen pasien cedera lutut di Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center (JKOSC) disebabkan terutama oleh olahraga yang melibatkan gerakan lari dan lompat, seperti bola kaki, futsal, basket, dan bela diri.”


Sebagian besar cedera karena olahraga tidak memerlukan tindakan operasi, yang penting adalah diagnosa yang akurat dan penanganan dini yang tepat. “Jika memerlukan tindakan operasi di lutut, dengan kemajuan teknologi kedokteran, operasi konvensional dengan luka yang lebar sudah ditinggalkan.


Sekarang dipakai teknik operasi arthroscopy, yaitu teknik operasi luka kecil, luka hanya berukuran sekitar 1 cm. Pada teknik operasi ini dipakai bantuan alat kamera yang dimasukkan ke dalam sendi lutut untuk melihat kerusakan-kerusakan dalam sendi sekaligus melakukan terapi,” papar dr. Andre.


Teknik operasi ini dapat mengurangi komplikasi pasca operasi dan menyenangkan untuk pasien karena nyeri jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan teknik operasi konvensional yang mempunyai luka yang lebar. Keuntungan lainnya adalah pemulihan pasien menjadi lebih cepat.


Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center (JKOSC) hadir sebagai upaya RS Pondok Indah Group untuk menjadi centre of excellence dalam penanganan cedera olahraga. Layanan ini merupakan layanan khusus kesehatan olahraga yang komprehensif demi kenyamanan dan keakuratan penanganan pasien, salah satunya dengan menyediakan dokter spesialis olahraga dan fisioterapi one-on-one.


Klinik yang tersedia di RS Pondok Indah – Pondok Indah ini didukung dokter spesialis dan sub spesialis orthopaedic serta sports Medicine yang profesional dalam menangani berbagai masalah tulang untuk mendukung penegakan diagnosa dan terapi.


Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center juga dilengkapi dengan Ruang Exercise untuk mendukung kebutuhan pasien akan pemulihan yang lebih cepat paska operasi dengan pendampingan dokter spesialis rehabilitasi medik dan kesehatan olahraga. 


Layanan ini juga dilengkapi dengan teknologi operasi arthroscopy yang sudah menggunakan kamera High Definition sehingga gambar yang dihasilkan sangat tajam yang pada akhirnya akan memberikan hasil operasi operasi yang lebih baik.


Teknologi lain yang mendukung layanan Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center adalah MRI 3 Tesla Skyra yang memberikan hasil gambar anatomi tubuh bagian dalam yang lebih detil dan tajam, tanpa radiasi, juga Computer Assisted Surgery (CAS) untuk operasi penggantian sendi lutut yang menggunakan 3D computer system dengan tingkat akurasi yang tinggi.