Close
Close Language Selection

MEDICAL SPECIALTIES Jantung & Pembuluh Darah


Jantung & Pembuluh Darah

Pelayanan kardiologi komprehensif yang didukung jajaran tim dokter spesialis dan subspesialis:

  • dokter spesialis jantung dan pembuluh darah,
  • dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiologi intervensi,
  • dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan pencitraan kardiovaskular,
  • dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiologi anak, serta
  • dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular.

Layanan kesehatan jantung di RS Pondok Indah Group juga dilengkapi dengan layanan Cardiac, Brain, & Vascular Intervention Centre. Tim dokter dan perawat khusus intervensi kardiologi kami yang terampil dan berpengalaman selalu siap melakukan tindakan intervensi untuk mengatasi masalah jantung, baik yang bersifat darurat atau elektif.

Kualitas pelayanan yang diberikan didukung teknologi medis yang lengkap dan terkini, seperti color Doppler echocardiography, treadmill test, elektrokardiologi, serta CT-Scan Flash Dual Source untuk hasil diagnosis yang lebih akurat. Selain itu, tersedia pula kamar operasi modern untuk bedah jantung dan ruang perawatan intensif khusus bagi pasien pasca bedah jantung.

Conditions

  • Penyakit jantung koroner
  • Aritmia (gangguan irama jantung): atrial fibrilasi, supraventrikular takikardi, ventrikel takikardia
  • Kelainan katup jantung
  • Penyakit jantung bawaan (Tetrealogy of Fallot, Ventricular Septal Defect)
  • Aneurisma pembuluh darah jantung
  • Kardiomipati (penyakit otot jantung)
  • Gangguan organ jantung
  • Gagal jantung
  • Penyakit arteri perifer
  • Perikarditis
  • Thrombosis pembuluh darah (DVT – deep vein thrombosis)
  • Varises
  • Tumor jantung
  • Tamponade jantung

Treatments We Offer

Coronary Artery Bypass Graft (CABG)
Prosedur terkini menggunakan pembuluh darah dari bagian tubuh lain untuk menyintas pembuluh darah jantung yang mengalami sumbatan pada kasus jantung koroner. Pembuluh darah yang digunakan dapat berasal dari lengan maupun tungkai, serta dapat dilakukan pada lebih dari satu pembuluh darah tergantung tingkat keparahan dan jumlah sumbatan. CABG terbukti mampu mengurangi gejala nyeri dada dan menurunkan resiko serangan jantung berulang.

Kateterisasi Jantung
Tindakan diagnostik untuk melihat kondisi jantung sekaligus menangani masalah jantung, seperti membuka pembuluh darah dengan pemasangan stent. Kateterisasi menggunakan alat menyerupai selang tipis berukuran panjang yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah di tangan atau paha, untuk keudian diarahkan menuju jantung.

Blalock-Taussig Shunt (BT Shunt)
BT shunt merupakan prosedur penyambungan pembuluh darah sistemik dengan pembuluh darah di paru-paru menggunakan tube khusus. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan suplai oksigen pada tubuh anak dengan kelainan jantung bawaan, serta mengatasi keadaan kebiruan/sianotik, kondisi yang sering menyertai kelainan jantung bawaan anak. 

Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA)
Prosedur penanganan penyempitan pembuluh darah jantung karena plak kolestrol maupun lemak, yang dapat menjadi penyebab serangan jantung. PTCA bersifat minimal invasive menggunakan kateter yang dapat masuk ke pembuluh darah jantung melalui insisi kecil di lengan atau paha. Untuk mencegah terjadinya sumbatan berulang, tindakan juga dilakukan bersamaan dengan pemasangan ring atau stent.

Pemasangan Implan Alat Pacu Jantung (Pacemaker)
Alat kecil yang digunakan pada penderita gangguan irama jantung agar jantung dapat berdetak dengan irama yang teratur. Alat ini juga berfungsi mendeteksi adanya perubahan pada irama detak jantung dan akan mengirimkan sinyal yang menstimulasi jantung untuk kembali berdetak normal. 

Pemasangan Implan Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD)
Perangkat bertenaga baterai kecil yang dapat ditanamkan dalam tubuh atau ditempatkan di dada, berfungsi melakukan kardioversi, defibrilasi, dan gerak jantung untuk mengoreksi aritmia jantung dan mendeteksi detak jantung yang tidak teratur. ICD dapat menghasilkan aliran kejutan listrik melalui satu atau lebih kabel yang terhubung ke jantung untuk memperbaiki irama jantung yang tidak normal.

Minimal Invasive Surgery (EVAR & TEVAR)
Endovascular aneurysm repair (EVAR) adalah tindakan perbaikan aneurisma endovaskular. Perbaikan aneurisma endovaskular melibatkan sebuah graft yang dimasukkan ke dalam aneurisma melalui sayatan pangkal paha kecil menggunakan sinar-X untuk memandu graft ke tempatnya. Keuntungan dari jenis tindakan ini adalah tidak memerlukan operasi besar di area perut, karena itu teknik ini dianggap lebih aman daripada operasi konvensional, dan Anda hanya perlu menghabiskan waktu lebih singkat di rumah sakit. Tidak setiap aneurisma cocok untuk dilakukan tindakan EVAR. Aneurisma yang timbul dekat atau di atas ginjal akan lebih sulit diobati dengan cara ini. Anda akan dipindai terlebih dahulu untuk menentukan apakah aneurisma Anda dapat ditangani dengan perbaikan endovaskular atau tindakan lainnya.

Thoracic endovascular aortic repair (TEVAR) adalah tindakan perbaikan aorta endovaskular toraks. Tindakan ini dilakukan ketika dinding arteri di bawah tulang rusuk Anda melemah dan membentuk tonjolan, yang menyebabkan darah mengalir ke daerah yang melemah, sehingga berisiko terjadi aneurisma aorta. Prosedur TEVAR melibatkan penempatan stent tertutup (tabung logam dengan lapisan kain) ke dalam area arteri yang melemah. Dengan melakukan tindakan TEVAR dapat memberikan jalur baru bagi darah untuk mengalir tanpa menggenang di bagian tonjolan tersebut. Tindakan ini dapat dilakukan untuk Anda yang memiliki aneurisma berdiameter lebih dari 5,5 cm atau jika telah berkembang lebih dari 0,5 mm dalam periode enam bulan, untuk mencegah pecahnya aneurisma yang dapat menyebabkan kematian.

Ablasi Kateter Jantung
Tindakan non-bedah untuk memperbaiki aktivitas listrik abnormal pada jantung dengan mengirimkan energi radiofrekuensi melalui kateter untuk mendestruksi jaringan abnormal yang dapat menyebabkan aritmia (gangguan irama jantung). Prosedur ini digunakan untuk mengatasi aritmia tipe tertentu seperti:

  • Atrial fibrilasi, gangguan irama jantung yang ditandai dengan denyut jantung cepat dan tidak beraturan.
  • Supraventrikular takikardi, gangguan irama jantung yang ditandai dengan denyut jantung terlalu cepat. Kondisi ini disebabkan oleh adanya rangsangan (impuls) listrik berlebihan di daerah sekitar serambi jantung. SVT bisa menyebabkan beberapa gejala, seperti pusing, keringat dingin, dan napas berat.
  • Ventrikel takikardia, kondisi ketika ventrikel (bilik) jantung berdetak terlalu cepat. Anda yang mengalami kondisi ini mungkin tidak selalu mengalami gejala. Namun, apabila tidak ditangani VT dapat menyebabkan sesak napas, dada terasa nyeri atau tertekan, dan pingsan, hingga henti jantung mendadak.

Cardiac Risk Screening
Pemeriksaan komprehensif untuk mendeteksi resiko penyakit kardiovaskular sedini mungkin melalui evaluasi tekanan darah, kadar kolestrol, gula darah, serta ditunjang dengan peralatan elektrokardiografi (EKG), ekokardiografi, angiografi, CT-scan, dan peralatan lain yang berteknologi tinggi. Cardiac risk screening akan melindungi Anda dari berbagai komplikasi penyakit kardiovaskular yang berpotensi timbul melalui penanganan sedini mungkin.

Medical Technology

CT-Scan Flash with Dual Source
Sebuah teknik yang menggabungkan beberapa rangkaian gambar X-ray yang diambil dari berbagai sisi di sekitar tubuh seseorang. Teknik pencitraan multi slices (MSCT scan) juga didukung dengan sistem terkomputerisasi sehingga mampu menghasilkan gambaran yang lebih detil dari otot, saraf, tulang, pembuluh darah, serta berbagai jaringan lunak. 

Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk menegakkan diagnosis secara tepat dan menentukan penatalaksanaan untuk hasil yang lebih optimal. 

Aspek terpenting dari MSCT scan adalah adanya multislice detector yang dapat memberikan tampilan gambar lebih baik dan dapat menangkap dalam hitungan detik kondisi organ jantung yang selalu bergerak, sehingga diagnosis pun bisa didapatkan dalam waktu singkat.

Color Doppler Echocardiography
Teknologi non-invasif untuk menilai fungsi dan struktur jantung dengan tampilan warna yang berbeda untuk merepresentasikan arah aliran darah sehingga memudahkan interpretasi dan penanganan segera.

Treadmill Test
Mengecek kesehatan jantung dan mengetahui tingkat kebugaran fisik Anda dengan menggunakan alat treadmill. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dapat mengevaluasi denyut jantung dan tekanan darah, melihat asupan darah ke jantung, hingga mendeteksi kelainan irama jantung dan aktivitas listrik di jantung saat Anda melakukan aktivitas fisik. Dengan pemeriksaan ini, dokter juga dapat menilai tingkat keparahan penyakit arteri koroner yang Anda miliki, hingga menentukan batas-batas latihan fisik yang aman sebelum memulai program rehabilitasi jantung akibat dari serangan jantung atau operasi jantung.

Contacts

RS Pondok Indah - Pondok Indah Lantai 2
Perjanjian:
Call Centre (62-21) 765 7525 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Pondok Indah
Telepon: (62-21) 765 7525 Ext. 1300/1312
Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB

RS Pondok Indah - Puri Indah Lantai 2
Perjanjian: Call Centre (62-21) 2569 5200 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Puri Indah
Telepon: (62-21) 2569 5200 Ext. 1200
Email: cr.puriindah@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 10.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu: pukul 10.00 - 14.00 WIB

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya Lantai 2
Perjanjian:
Call Centre (62-21) 8082 8888 Ext. 2
Informasi: Patient Relations RS Pondok Indah - Bintaro Jaya
Telepon: (62-21) 8082 8888 Ext. 1500/1501
Email: cr.bintarojaya@rspondokindah.co.id
Jam Operasional Patient Relations:

  • Senin-Jumat: pukul 09.30 - 16.30 WIB
  • Sabtu: pukul 09.30 - 14.30 WIB
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor