Close
Close Language Selection
News

Transplantasi Hati Sukses Dilaksanakan di RS Puri Indah

Minggu, 23 Jan 2011
Transplantasi Hati Sukses Dilaksanakan di RS Puri Indah

Kini tak perlu lagi ke luar negeri untuk menjalani cangkok hati. Tim dokter Indonesia telah berhasil melakukan operasi cangkok hati di negeri tercinta, Indonesia.

Prestasi ini tentu membanggakan bagi RS Puri Indah, Jakarta. Sebab, sejak didirikan, RS Puri Indah merupakan salah satu rumah sakit swasta milik RS Pondok Indah Group yang telah mendedikasikan layanannya sebagai Pusat Layanan Hepato-Pankreo-Bilier dan Transplantasi Hati. Cita-cita itu telah terwujud dengan diselenggarakannya operasi transplantasi hati di RS Puri Indah pada tanggal 14 dan 17 Desember 2010.

Dengan demikian, RS Puri Indah merupakan rumah sakit swasta Indonesia pertama yang melaksanakan operasi transplantasi hati. ‘’Kami bersyukur atas terealisasinya cita-cita untuk dapat melaksanakan transplantasi hati di negeri sendiri, namun masih banyak yang akan kita upayakan untuk menjadikan RS Puri Indah sebagai centre of excellence di bidang hepato-pankreo-bilier dan transplantasi hati di Indonesia,” ungkap dr. Hermansyur Kartowisastro, Sp.B-KBD selaku Board of Management RS Pondok Indah Group.

Operasi ini merupakan realisasi kerja sama antara RS Puri Indah, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo dengan The First Affiliated Hospital of Zhejiang University, Cina. ”Merupakan suatu kehormatan bagi RS Puri Indah untuk ambil bagian dalam kerja sama bidang hepato-pankreo-bilier dan transplantasi hati yang melibatkan rumah sakit utama dan institusi pendidikan kesehatan terbesar di dua negara, Indonesia dan Cina,” ungkap dr. Yanwar Hadiyanto selaku Direktur Eksekutif RS Pondok Indah Group.

Operasi transplantasi hati ini dilakukan oleh tim transplantasi hati yang dipimpin Prof. Zheng Shu-sen, MD, PhD, FACS dari The First Affiliated Hospital Zhejiang University, Cina bersama tim dokter dan perawat Indonesia.

Zhejiang Hospital sendiri dipililih sebagai institusi untuk melakukan transfer ilmu dan teknologi yang kredibel dan terpercaya di Cina dan dunia, hal ini terbukti dengan digunakannya “Kriteria Hangzhou”, yaitu kriteria dalam tata laksana operasi transplantasi hati yang diakui dan digunakan oleh pusat transplantasi hati di seluruh dunia. Zhejiang Hospital juga telah menangani kasus dan penyakit hati, pankreas, serta kandung empedu, dan terkenal dengan kesuksesannya melakukan lebih dari 1000 operasi cangkok hati.

Statistik menunjukkan, jumlah penderita kelainan fungsi hati di Indonesia terus meningkat, begitu pula penyakit hati yang memerlukan transplantasi hati seperti sirosis maupun kanker hati. Penderita batu empedu dan penyakit pankreas juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan adanya Gastrointestinal, Liver, and Pancreas Centre di RS Puri Indah, masyarakat Indonesia akan mendapatkan pilihan solusi penanganan dan pengobatan di negeri sendiri. Centre ini dipimpin oleh dr. Hermansyur Kartowisastro Sp.B-KBD yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Dokter Transplantasi Hati RS Puri Indah, dengan dibantu oleh asistennya, dr. Tjhang Supardjo yang telah menempuh pendidikan di bidang hepato-pankreo-bilier dan menjadi murid Prof. Zheng Shu-sen, MD, PhD, FACS di Zhejiang Hospital, Cina selama 4 tahun.

HEALTHY CORNER More News


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor