Halal Bihalal, Momentum Pembaharuan Sikap

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Setelah sukses melewati bulan Ramadhan, bulan yang penuh hikmah dan berkah, bulan yang sangat diistimewakan oleh Tuhan Yang Maha Esa; maka pada tanggal 7 Oktober 2009 lalu; RS Pondok Indah Group mengadakan acara halal bihalal dan silaturahmi 1430 H di Auditorium Lantai 6 RS Pondok Indah - Jakarta Selatan

Halal Bihalal, Momentum Pembaharuan Sikap

ASI merupakan nutrisi yang sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena ASI dikonsumsi sejak pertama ia hadir ke dunia sampai dengan 2 tahun kehidupannya. Pemberian ASI dari ibu kepada buah hatinya menjadi momen terjadinya ikatan yang kuat (bonding) antara Ibu dan anak. Namun kadangkala, kegiatan laktasi (kegiatan pemberian ASI) sering kali tidak berjalan sesuai harapan. Hal ini sering terjadi antara lain karena kurangnya dukungan orang terdekat, kurangnya informasi yang ibu perlukan; maupun adanya masalah-masalah yang timbul pada saat kegiatan berlangsung, baik dari pihak ibu maupun bayi. Hal inilah yang melatarbelakangi talkshow “Breastfeeding while Working” yang diadakan dariperempuan.com dan NUK bekerja sama dengan RSPI-Puri Indah.

Dalam talkshow yang dimoderatori oleh Angel Karamoy ini, Dr Jeanne Roos Tikoalu, Sp. A, dokter spesialis anak RSPI-Puri Indah membahas mengenai persiapan menyusui mulai dari persiapan psikis Ibu, pemeriksaan payudara Ibu, penjelasan tentang manfaat ASI dan kerugian pemberian susu formula serta memberikan edukasi seputar gizi Ibu hamil.

“Ibu baru terutama mereka yang baru pertama kali memiliki anak harus mengetahui tehnik menyusui dengan benar karena posisi menyusui yang benar akan menjamin pelekatan bayi pada payudara ibu dengan baik, sehingga laktasi dapat dijamin akan berjalan dengan baik,” ungkap Dr. Jeanne.  

“Kegiatan laktasi sering kali tidak berjalan mulus. Kadang terjadi perlukaan pada puting sehingga payudara bengkak dan ibu mengalami kesulitan menyusui. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa menyebabkan infeksi pada payudara Ibu. Topik-topik semacam ini coba kita angkat untuk menyiapkan ibu dan keluarganya sebelum bayi lahir; maupun pada saat pasca bersalin,” ungkap Kharina Wijaya, Corporate Communication & Public Relations RSPI Group.

Selain membahas mengenai persiapan menyusui, talkshow yang dihadiri lebih dari 50 orang ibu menyusui dan ibu hamil serta para bloggers ini membahas pula mengenai persiapan menyusui pasca persalinan seperti tehnik menyusui, penanganan masalah pada payudara Ibu maupun konsultasi gizi bayi dan ibu menyusui.