Gigi Sehat Hingga ke Akarnya
30 March 2019

Terletak di bagian dalam, bukan berarti perawatan terhadap akar gigi dapat dikesampingkan. Menjadi penunjang keberadaan dan fungsi gigi, perawatan terhadap bagian ini menjadi hal penting untuk terus dilakukan.

Siapa yang tak mau memiliki gigi yang indah dan terawat? Tentu setiap orang menginginkannya. Sayangnya, terkadang gaya hidup dan perilaku sehari-hari dapat mengganggu dan merusak fungsi gigi. Ibarat akar pohon, akar gigi merupakan penunjang keberadaan gigi di dalam rongga mulut. Akar gigi yang sehat dan kuat akan menunjang gigi untuk berfungsi dengan baik.

Penyebab Permasalahan Akar Gigi

Meski berada di dalam gusi, akar gigi pun riskan terhadap permasalahan. Beberapa hal yang kerap menjadi penyebab permasalah akar gigi.

  • Infeksi bakteri yang masuk melalui lubang gigi atau tambalan gigi yang bocor
  • Iritasi akibat penambalan yang berulang
  • Retak atau pecahnya struktur gigi
  • Trauma akibat benturan benda keras pada wajah
  • Penyusutan gusi yang menyebabkan terbukanya akar gigi.

Karena menjadi penunjang keberadaan gigi, permasalahan pada akar gigi dapat mengakibatkan berbagai hal:

  • Bila akar gigi mengalami infeksi dan iritasi, akan timbul rasa sakit yang sangat mengganggu. Gigi pun tidak dapat dipakai untuk mengunyah.
  • Bila infeksi sudah menjalar hingga ke daerah ujung akar, dapat membuat gigi goyang serta pembengkakan pada gusi maupun wajah (terutama pada pipi hingga daerah di bawah mata).
  • Bakteri dari infeksi akar gigi dapat menyebar ke organ tubuh lain melalui aliran darah dan memicu terjadinya infeksi di organ lain yang rentan (fokal infeksi), seperti sinusitis pada hidung, endocarditis pada jantung, dan encephalitis pada selaput otak.

Tanda Akar Gigi Bermasalah

Saat akar gigi mengalami masalah, ada beberapa gejala yang terjadi.

  • Sakit gigi yang berkelanjutan, timbul-hilang, nyeri berdenyut, dan spontan.
  • Gigi tidak bisa digunakan untuk mengunyah.
  • Gigi berubah warna menjadi kecokelatan atau abu-abu kehitaman
  • Gigi terasa goyang
  • Pembengkakan di gusi maupun di wajah.

Mencegah Permasalahan Akar Gigi

Pola hidup yang sehat juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan akar gigi. Pembersihan gigi dan mulut yang teratur, baik, dan benar (menggunakan sikat gigi dan dental floss) menjadi rutinitas harian yang tak boleh terlewatkan. Perbanyak mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah, serta banyak minum air putih pun penting untuk merawat keutuhan gigi dan akar gigi. Selain itu, kurangi makan di antara waktu makan (ngemil) serta kurangi kebiasaan buruk seperti mengunyah makanan yang terlampau keras, seperti es batu dan tulang ayam, membuka tutup botol dengan gigi, menggeretakkan gigi, serta minum minuman beralkohol dan merokok. Hal lain yang tak boleh terlupa adalah memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Pemeriksaan Akar Gigi

Untuk mengetahui kondisi akar gigi, saat ini sudah terdapat berbagai pemeriksaan yang dapat dilakukan. Digital dental photo 2D dan Panoramic merupakan salah satunya.  Jadi, mari terapkan perilaku sehat, termasuk untuk gigi.

 

Dr. drg. Rina Permatasari, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi

RS Pondok Indah – Pondok Indah

RS Pondok Indah – Puri Indah

 

Berita Terkini
Seminar "Cone Beam Computed Tomography: Digital Dentistry Is The Future"
Solusi Minimal Invasive Untuk Penanganan Masalah Kesehatan
Wajah Baru Women & Fetal Diagnostic Center Dan Klinik Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah
Mom’s Gathering RS Pondok Indah Group
Deteksi Dini Skoliosis

RS PONDOK INDAH GROUP - COMPLIMENTARY NEWBORN PHOTO SESSION BY BABY AXIOO

Peristiwa kelahiran sang buah hati tentunya adalah momen istimewa yang tak terlupakan. Abadikan kenangan terindah momen kelahiran si kecil bersama Baby Axioo. Dapatkan sesi foto dan merchandise cantik dari Baby Axioo, gratis untuk Anda yang melahirkan di semua rumah sakit RS Pondok Indah Group. Penawaran istimewa ini berlaku untuk Anda yang melah...

Vol 43