ASK OUR   DOCTOR

Q

Sakit Di Telinga Bagian Dalam

rahmat,tangerang selatan
Dok, telinga kanan saya mengalami gangguan, bagian dalam telinga saya terasa sakit. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih.

A

Telinga yang sakit itu disebabkan oleh berbagai hal. Sumber sakit bisa berasal dari bagian luar telinga, bisa juga berasal dari bagian tengah telinga. Pertama, bila rasa sakit terasa dari bagian luar telinga, biasanya penyebab rasa sakit itu muncul ketika sehabis mengorek-ngorek liang telinga. Dan ketika kita tekan-tekan sekitar lubang telinga itu rasa nyerinya bertambah, maka kemungkinan besar nyerinya berasal dari peradangan liang telinga akibat adanya perlukaan saat telinga di korek-korek. Hal ini dikarenakan kulit liang telinga itu kulit yang sangat sensitif dan mudah terjadi peradangan.

Penyebab lain bisa karena di liang telinga menumpuk kotoran yang sangat banyak dan padat dan ini akan menyebabkan penekanan pada daerah liang telinga maupun daerah gendang telinga yang menyebabkan rasa nyeri apalagi ditambah jika kotoran ini menyebabkan peradangan atau infeksi di liang telinga.

Kedua, sumber sakit bisa juga dari bagian tengah telinga. Tengah telinga adalah daerah dari telinga di balik gendang telinga. Hal ini umumnya disebabkan karena terjadi infeksi peradangan akibat komplikasi dari batuk pilek sebelumnya. Sehingga ruang telinga tengah yang harusnya kosong berisi cairan yang makin lama makin menekan sehingga timbul nyeri dan biasanya disertai demam.

Tapi dari dua sumber rasa sakit ini, ada juga rasa sakit yang di telinga yang sumber awalnya bukan dipicu dari telinga. Jadi sakitnya terasa di telinga tapi sebenarnya sumbernya berasal dari tenggorokan atau gigi misalnya. Tapi ini memang relatif lebih jarang dari dua penyebab sebelumnya.

Cara mengatasinya tentunya harus diketahui sumber sakitnya dari daerah mana dan apa penyebabnya. Apabila liang telinga yang bermasalah, misalkan karena ada kotoran yang sangat banyak dan menekan, maka harus dibersihkan. Kalau liang telinganya bengkak dan radang maka harus diberi obat supaya infeksi atau radang itu berkurang. Sedangkan kalau telinga tengahnya meradang, maka harus diberikan obat-obat yang lengkap untuk mengatasi ini. Untuk diagnosa dan penanganan yang tepat ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. 

 

dr. Agus Subagio, Sp. THT-KL

Dokter Spesialis Telinga, Hidung , dan Tenggorokan

RS Pondok Indah- Pondok Indah & RS Pondok Indah- Puri Indah

More  Articles