Tetap Percaya Diri Setelah Mastektomi

Rabu, 06 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Payudara merupakan salah satu mahkota penting bagi wanita. Seorang wanita terkena kanker payudara, tentunya akan mengalami kepedihan yang berkepanjangan, tak hanya secara fisik, melainkan juga secara psikologis

Tetap Percaya Diri Setelah Mastektomi

Tindakan Operasi Kanker Payudara

Penanganan kanker payudara yang terbaik adalah dengan tindakan operasi, yang jenisnya tergantung pada kondisi pasien saat pertama kali datang ke dokter, yaitu:


1. Breast Conserving Treatment

Tindakan ini hanya mengambil tumor dan sebagian jaringan payudara di sekitar tumor, sehingga pasca-operasi bentuk payudara masih utuh.


2. Mastektomi

Pada mastektomi, seluruh jaringan payudara dibuang termasuk puting susu. Tindakan ini merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi kanker payudara.


Bagi sebagian wanita, mastektomi merupakan hal yang sangat menakutkan akibat hilangnya salah satu mahkota sebagai konsekuensi dari tindakan tersebut. Aesthetic Clinic & Breast Centre (ABC) RS Pondok Indah - Pondok Indah menawarkan suatu solusi untuk mengatasi hal tersebut.


Tim dari klinik tersebut, yang terdiri dari dokter spesialis bedah onkologi dan spesialis bedah plastik, akan saling bekerja sama untuk mencapai hasil sesuai dengan harapan pasien.


Setelah dilakukan mastektomi oleh tim onkologi, terapi akan dilanjutkan dengan operasi rekonstruksi oleh tim bedah plastik untuk mengembalikan rasa percaya diri pasien dan mengurangi trauma secara psikologis. Hal ini diperlukan agar pasien tetap merasa menjadi wanita seutuhnya dan dapat memakai pakaian seperti semula.


Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan para wanita punya harapan yang lebih baik saat terkena kanker payudara. Tentunya tanpa mengenyampingkan pentingnya melakukan pemeriksaan diri secara dini sebelumnya.


Semakin dini diketahui, kanker payudara dapat semakin cepat ditangani dan hasil secara keseluruhan juga akan semakin baik.


Macam-macam Modalitas Rekonstruksi Payudara

Berikut adalah modalitas yang dipakai untuk rekonstruksi payudara:


1. Latissimus dorsi flap

Menggunakan donor otot, lemak, dan kulit dari punggung.


2. Transverse rectus abdominis muscle flap (tram)

Menggunakan donor otot, lemak, dan kulit dari perut.


3. Implan

Merupakan pilihan selain flap dan biasanya membutuhkan tissue expander sebelum pemasangan.


4. Tissue expander

Lebih mudah pemulihannya dibandingkan flap, tetapi membutuhkan proses rekonstruksi yang lebih lama. Diperlukan kunjungan berulang selama 4—6 bulan setelah penempatan expander untuk mengisi cairan secara bertahap melalui valve di dalam, agar kulit mengembang. Prosedur operasi tahap kedua diperlukan untuk mengganti expander dengan implan.


Setiap pasien memerlukan konsultasi dan perencanaan yang baik sebelum menentukan tindakan rekonstruksi yang akan dilakukan. Rekonstruksi payudara segera setelah operasi akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan yang ditunda.


Stadium kanker payudara juga mempengaruhi pilihan rekonstruksi, karena makin lanjut stadium kanker payudara tidak hanya memerlukan operasi, tetapi juga kemoterapi dan radiasi yang dapat mempengaruhi luka operasi.