Temu Ilmiah-Seminar Medis Pengobatan Rasional Pada Kasus-Kasus Infeksi

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Dalam rangka menyambut hari AIDS Sedunia dan HUT-nya yang ke-25, RS Pondok Indah Group mengadakan seminar medis Pengobatan Rasional Pada Kasus - Kasus Infeksi pada tanggal 30 November lalu

Temu Ilmiah-Seminar Medis Pengobatan Rasional Pada Kasus-Kasus Infeksi

Dalam rangka menyambut hari AIDS Sedunia dan HUT-nya yang ke-25, RS Pondok Indah Group mengadakan seminar medis “Pengobatan Rasional Pada Kasus - Kasus Infeksi” pada tanggal 30 November lalu.

Penggunaan obat yang tidak rasional merupakan permasalahan global yang sangat serius karena merupakan tindakan pemubadziran dan berbahaya. Penggunaan obat yang tidak rasional antara lain obat tidak sesuai indikasi, regimen dosis yang tidak tepat, durasi penggunaan tidak tepat, dan cara penggunaan yang tidak sesuai.

Antibiotik sering digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai indikasinya dan hal ini telah dipraktekkan di seluruh dunia. Padahal, banyak penyakit infeksi berbahaya yang sudah dikenal maupun new emerging disease semakin mengancam kesehatan penduduk dunia. 

#####

“Penggunaan obat yang tidak rasional ini merupakan krisis kesehatan publik global dan minimnya investasi untuk memperbaiki situasi tersebut merupakan tantangan kita di masa depan,” ungkap dr. Bing Widjaja, Sp.PK (K) selaku Ketua Panita acara seminar tersebut.

Seminar yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan para dokter dan profesi penunjang pelayanan medis ini menghadirkan narasumber para dokter ahli dari berbagai spesialisasi mulai dari Penyakit Dalam, dr. Chaidir Aulia, Sp.PD-KGEH yang membahas mengenai “Terapi Terkini Pada Penderita HIV-AIDS”; dr. Suhendro, Sp.PD-KPTI tentang “Terapi Antibiotika Terkini Pada Orang Dewasa/Usia Lanjut di Unit Rawat Jalan“; spesialisasi Anak: dr. Hinky H.I. Satari, Sp.A (K) yang membahas mengenai “Terapi Antibiotika Terkini Pada Anak di Unit Rawat Jalan”; Anestesi: dr. Yohannes W. H. George, Sp.An-KIC yang membahas mengenai “Pengobatan Terkini Pada Kasus Infeksi di ICU/ICCU“, Patologi Klinik: dr. Tony Loho, Sp.PK tentang “Do and Don’t Pada Penggunaan Antibiotika", sampai Bedah Mulut yakni Prof. Dr. Drg. Benny S. Latief, Sp.BM (K) tentang “Penatalaksanaan dan Perawatan Oro Maxillo Facial Infection”.