Syukuran Bayi Tara, Kelahiran Bayi Terkecil di RS Pondok Indah

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Pada 2 Januari lalu, lahir bayi dengan berat hanya 660 gram dan panjang 34 centimeter di RS Pondok Indah - Jakarta Selatan

Syukuran Bayi Tara, Kelahiran Bayi Terkecil di RS Pondok Indah

Pada 2 Januari lalu, lahir bayi dengan berat hanya 660 gram dan panjang 34 centimeter di RS Pondok Indah - Jakarta Selatan. Umumnya bayi yang baru dilahirkan beratnya rata-rata di atas 2 kilogram dan panjang badan sekitar 40 centimeter. Bayi Tara lahir  pada minggu ke-30 melalui pembedahan caesar. Tara bisa melewati masa-masa kritis selama dua bulan menjalani perawatan intensif di rumah sakit, sampai akhirnya diizinkan untuk dibawa pulang dan dirawat di rumah oleh orang tuanya.

Tara kemudian dirawat dalam ruang perawatan intensif (NICU) yang dilengkapi dengan berbagai peralatan medis berteknologi tinggi dan didukung oleh tim dokter yang terdiri atas dokter ahli perawatan intensif serta dokter ahli perinatologi yang berpengalaman dan terampil menangani pasien kritikal dan memerlukan perawatan intensif.

Tara ditempatkan di dalam inkubator, lengkap dengan saluran makanan, respirator (alat bantu pernapasan), dan alat monitor jantung. Ia juga diberikan obat-obatan untuk membentuk sistem pertahanan tubuhnya.

#####

Pada Maret lalu, bayi ini akhirnya dinyatakan dalam kondisi stabil setelah mencapai bobot sekitar 2.050 gram. Dokter telah memastikan kondisi bayi ini sudah cukup kuat untuk dirawat di rumah. Tim dokter pun yakin bahwa bayi tersebut akan tumbuh secara normal dan sehat. Pada 29 Maret 2011, syukuran sekaligus penyerahan bayi Tara dilakukan langsung oleh tim dokter dan manajemen RS Pondok Indah - Jakarta Selatan.