Close
Close Language Selection
Health Articles

Sejuta Kebaikan Sayur dan Buah untuk Si Kecil

Senin, 20 Jan 2020
Sejuta Kebaikan Sayur dan Buah untuk Si Kecil

Sayur dan buah-buahan menjadi asupan kaya nutrisi untuk kita dan si kecil. Selain untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, kedua jenis makanan ini pun penting dikonsumsi oleh si kecil agar tumbuh kembang mereka optimal. Lalu, jenis sayur dan buah apa yang paling baik untuk si kecil?

Kebaikan sayur dan buah
Sayur dan buah kaya mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan juga untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang si kecil. Sayur dan buah juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga dapat menghindarkan si kecil dari konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya. Konsumsi serat yang dibutuhkan dalam sehari untuk anak adalah sekitar 19-25 gram, setara dengan empat buah dan tiga jenis sayur per hari. Jadi, usahakan harus selalu ada sayur dan buah di setiap sesi makan si kecil ya, Bunda.

Mata si kecil yang lebih sehat
Mata sehat bisa didapatkan dari makanan yang kaya vitamin A. Sebagian besar vitamin A dibuat dalam tubuh dari senyawa (karotenoid) yang ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan yang berwarna terang. Kandungan beta karoten dalam karotenoid yang berperan paling penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat ditemukan pada sayuran seperti wortel, ubi, labu, cabai, selada air, kacang polong, tomat, jagung manis, buncis, selada, dan brokoli. Sementara buah-buahan yang memiliki vitamin A adalah buah melon, aprikot, kesemek, terong belanda, persik kuning, jambu kletuk, dan jeruk. Namun, tetap hati-hati, si kecil sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A karena dapat menyebabkan kulit kuning bagi si kecil. Sebaiknya padukan dengan makanan yang kaya dengan vitamin dan mineral lainnya.

Membantu tubuh memproduksi energi
Salah satu kelebihan dari vitamin B adalah kemampuannya untuk membantu tubuh memproduksi energi. Energi ini berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang si kecil konsumsi. Selain itu, vitamin B juga memiliki peranan dalam memperbaiki jaringan dan pembentukan sel darah yang sehat. Vitamin B terdiri dari thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), pyridoxine (B6) dan biotin yang terdapat pada makanan seperti jamur, kacang polong, jagung, ubi, brokoli, asparagus, kentang, kembang kol, alpukat, pisang. Selain itu ada pula vitamin B folat yang terdapat pada sayuran hijau, serta vitamin B12 yang terdapat pada produk hewani seperti daging sapi, ayam, telur, susu, dan keju.

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C membantu mempertahankan tubuh dari infeksi dan memiliki peranan penting pada tulang, pembuluh darah, tulang rawan, gigi, dan gusi. Dengan daya tahan tubuh lebih kuat, tubuh si kecil juga akan tak mudah terkena penyakit. Vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu penyerapan zat besi. Kandungan vitamin C dapat ditemukan pada buah dan sayuran berwarna merah dan jingga seperti cabai, jambu klutuk, brokoli, buah-buahan sitrus, pepaya, kembang kol, stroberi, mangga, melon, dan kubis.

Memperkuat kesehatan tulang
Vitamin D dibutuhkan untuk mendukung berbagai fungsi tubuh si kecil. Mulai dari menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sumber makanan yang kaya kandungan vitamin D, meliputi kuning telur, margarin, minyak ikan, susu, keju, ikan salmon, minyak jagung, jamur, ikan tuna, ikan sarden, dan lainnya. Selain dari makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari. Misalnya ketika berjemur di bawah matahari saat pagi dan sore hari, atau mengajak si kecil bermain di luar rumah di pagi hari, bila ia sudah cukup umur.

Antioksidan tubuh
Dalam jumlah yang cukup, asupan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh si kecil dari serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah sebuah senyawa yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Makanan yang kaya kandungan vitamin E, misalnya kacang almond, minyak sayur, tomat, brokoli, minyak zaitun, kentang, bayam, jagung, serta kedelai.

Membiasakan si kecil makan sayur dan buah mungkin menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk Anda. Namun, dengan mengingat banyaknya manfaat baik sayur dan buah untuk tumbuh kembangnya, semoga hal ini dapat menjadi pendorong motivasi Anda dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil. 

dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK

Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor