RSPI Puri Indah Raih Akreditasi Joint Commission International (JCI)

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

RS Pondok Indah - Puri Indah mendapatkan Akreditasi Joint Commission International (JCI), yaitu standar akreditasi mutu dan pelayanan rumah sakit internasional

RSPI Puri Indah Raih Akreditasi Joint Commission International (JCI)

Standar JCI telah digunakan sebagai dasar penetapan program akreditasi dan sertifikasi setiap fasilitas dan program perawatan kesehatan di banyak negara dan telah dievaluasi oleh Dewan Penasehat Regional JCI di Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah serta pakar lainnya dari berbagai ranah perawatan kesehatan. Standar ini diterapkan baik oleh lembaga-lembaga masyarakat, departemen kesehatan, dan lain-lain sebagai metode untuk mengevaluasi dan memperbaiki keselamatan dan kualitas perawatan pasien.

 

Proses akreditasi dilakukan oleh tim JCI yang melakukan kunjungan penilaiannya pada tanggal 12-15 Maret 2013 lalu. Dalam penilaiannya, JCI memiliki standar dan program akreditasi untuk mengukur kualitas pelayanan, yakni melalui Daftar Tindakan JCI (Joint Commission International Library of Measures), yang terdiri dari penilaian akan SDM, program rawat jalan dan rawat inap, pusat pelayanan primer, administrasi dan komunikasi, peralatan medis, fasilitas penunjang seperti laboratorium klinik, transportasi medik, serta perawatan berkelanjutan/ The Care Continuum seperti perawatan di rumah, hidup dengan dibantu, dan perawatan jangka panjang. “Akreditasi menunjukkan komitmen nyata RSPI-Puri Indah untuk mengevaluasi mutu layanan kami, meningkatkan keselamatan dan kualitas perawatan pasien serta memastikan bahwa terdapat lingkungan perawatan yang aman untuk pasien dan staf RSPI-Puri Indah,” ungkap Dr. Yanwar Hadiyanto, CEO RS Pondok Indah Group.

 

Keberhasilan meraih akreditasi JCI ini merupakan upaya perbaikan kualitas pelayanan rumah sakit yang berkelanjutan lewat penerapan standar-standar konsensus internasional, Sasaran Internasional Keselamatan Pasien (International Patient Safety Goals), didukung oleh pengukuran data sebagai tambahan untuk penetapan standar rumah sakit. “JCI memacu semangat kami dalam mengupayakan peningkatan kualitas secara berkesinambungan. Kami berusaha untuk selalu mendengarkan pasien dan keluarga mereka, menghormati hak-hak pasien, dan melibatkan mereka sebagai mitra dalam proses perawatan,” ungkap Dr. Mus Aida, MARS selaku CEO RSPI-Puri Indah.