RS Pondok Indah - Pondok Indah Meraih Penghargaan IBCLC Care Award 2020

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

RS Pondok Indah Group selalu berkomitmen mendukung program pemberian ASI

RS Pondok Indah - Pondok Indah Meraih Penghargaan IBCLC Care Award 2020

IBCLC Care Award 2020 yang diraih oleh RS Pondok Indah – Pondok Indah adalah salah satu wujud nyata komitmen tersebut. RS Pondok Indah – Pondok Indah adalah satu-satunya rumah sakit di Indonesia dan Asia yang mendapatkan penghargaan ini. 


Sejak awal, RS Pondok Indah Group memahami bahwa kualitas generasi penerus bangsa ditentukan sejak dini, bahkan sejak si kecil berada di dalam kandungan dan terus berlanjut hingga si kecil lahir, yang dikenal dengan 1.000 hari pertama kehidupan.


Karena begitu pentingnya periode ini, RS Pondok Indah Group selalu berupaya untuk memprioritaskan layanan kesehatan untuk ibu, bayi, dan anak, termasuk untuk kesuksesan pemberian ASI. Prioritas ini ditunjukkan dengan menghadirkan berbagai layanan lengkap untuk mendukung keberhasilan pemberian ASI, salah satunya dengan menyediakan Klinik Laktasi dengan konsultan menyusui bersertifikat internasional (IBCLC).


IBCLC Care Award digagas oleh International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC), lembaga sertifikasi konsultan laktasi internasional. Penghargaan ini menunjukkan bahwa RS Pondok Indah – Pondok Indah adalah rumah sakit, fasilitas persalinan, layanan persalinan, dan lembaga kesehatan berbasis komunitas yang mempekerjakan konsultan laktasi bersertifikat IBCLC dan memiliki program dukungan laktasi khusus.


RS Pondok Indah – Pondok Indah juga dinilai telah memberikan pelatihan mengenai laktasi yang mumpuni untuk staf keperawatan, tim medis, staf yang merawat keluarga yang menyusui, dan telah melaksanakan kegiatan khusus yang mempromosikan, melindungi, dan mendukung ASI, serta profesi konsultan laktasi. Dengan raihan penghargaan ini, nama RS Pondok Indah – Pondok Indah akan tercantum dalam direktori situs IBCLC Care (http://www.ibclccare.org/directory.html).


Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS menjelaskan, “Pelayanan ibu dan anak selalu menjadi salah satu prioritas layanan kami. Kami selalu berusaha menghadirkan layanan yang lengkap, berkualitas, dan berbasis bukti ilmiah, serta memenuhi standar yang diakui internasional. Kami memahami bahwa apa yang kita persiapkan dan kita lakukan sebelum dan selama masa kehidupan awal si buah hati akan memberikan konsekuensi yang penting bagi kehidupan mereka di masa yang akan datang.”

RS Pondok Indah Group sangat mendukung pemberian ASI eksklusif dari ibu untuk bayinya. Dukungan tersebut terlihat dari penciptaan lingkungan rumah sakit nyaman untuk ibu dan bayi. Kehadiran tim dokter bersertifikat IBCLC, tim bidan, dan tim keperawatan yang kompeten siap memberikan edukasi mengenai manfaat ASI bagi bayi, mengetahui teknik menyusui yang baik dan benar, mengetahui cara perawatan payudara, mempersiapkan ibu bekerja agar dapat tetap memberikan ASI, dan konsultasi nutrisi bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Semua demi tercapainya kesuksesan pemberian ASI.”


“RS Pondok Indah Group menghadirkan layanan laktasi yang komprehensif dan terintegrasi, mulai dari kelas laktasi antenatal, khusus bagi ibu hamil, untuk memberikan edukasi kepada calon ibu dalam memberikan ASI kepada buah hati; penerapan inisiasi menyusu dini (IMD) ketika melahirkan; konseling laktasi pada saat sebelum, sesaat setelah melahirkan, hingga selama periode menyusui; fasilitas ruangan laktasi, hingga dukungan konseling menyusui profesional dari tim multidisiplin dokter, bidan, dan perawat. Kami siap memberikan layanan terdepan untuk ibu dan bayi,” tutur dr. Meutia Ayuputeri Kumaheri, MRes, IBCLC, CIMI Konsultan Laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya. Beliau adalah salah satu dari beberapa dokter RS Pondok Indah Group yang mendapatkan sertifikasi dari International Board Certified Lactation Consultant.


Di seluruh RS Pondok Indah Group, layanan ibu dan anak selalu berada terpisah dengan layanan lainnya. Pemisahan ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan pasien ibu, bayi, dan anak dalam mengakses layanan kesehatan di RS Pondok Indah Group.


Ruang rawat inap untuk ibu melahirkan berada di satu lantai dengan kamar bayi dan tidak digabung dengan ruang rawat inap pasien lainnya. Layanan pemeriksaan ibu dan anak pun sangat komprehensif, mulai dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta dokter spesialis anak dari berbagai subspesialis, teknologi medis untuk pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan kesehatan ibu, bayi, dan anak, hingga paket pemeriksaan kesehatan anak. 


“Penghargaan ini menjadi hal yang memotivasi kami untuk terus konsisten menjadi rumah sakit sayang ibu dan bayi. Semoga ke depannya, semua jaringan RS Pondok Indah Group dapat meraih penghargaan serupa. Kami berharap kami dapat terus memberikan layanan kesehatan terdepan untuk ibu dan bayi,” tutup dr. Yanwar.