Close
Close Language Selection
Health Articles

Peran Vital Omega 3 Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

Kamis, 10 Peb 2022
Peran Vital Omega 3 Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

Tidak semua lemak buruk untuk tubuh kita. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 justru banyak memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsi organ dengan baik, meningkatkan kesehatan, hingga menurunkan risiko terserang penyakit. Salah satu nutrisi penting bagi tubuh ialah omega 3 yang berperan cukup vital dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jenis lipid ini meningkatkan kolesterol baik (HDL) sambil membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dari tubuh Anda. Karena tubuh tak bisa menghasilkan omega 3 sendiri, maka tubuh membutuhkan asupan omega 3 dari makanan. Secara umum, omega 3 terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Asam alfa-linoleat (ALA), dapat ditemukan pada minyak nabati.
  • Asam eicosapentaenoic (EPA), didapatkan dari minyak ikan seperti salmon sampai sarden.
  • Asam docosahexaenoic (DHA), diperoleh dari minyak ikan.

Lancarkan pembuluh darah
Omega 3 memiliki peranan vital untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sesuai dengan fungsi utama asam lemak sebagai bagian dari penyusun membran sel, omega 3 menjaga permeabilitas sel, terutama pembuluh darah, agar dapat bekerja dengan optimal. Omega 3 dibutuhkan tubuh untuk mengurangi inflamasi, yakni faktor yang memicu timbulnya plak penyumbat pembuluh darah. EPA dan DHA yang terkandung dalam omega 3, merupakan zat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Itulah mengapa banyaknya asupan omega 3 dalam tubuh dapat membantu memperbaiki aliran darah, baik yang menuju ke jantung maupun sebaliknya. Dengan lancarnya aliran darah, maka pembentukan sel-sel baru pada organ vital lain dalam tubuh pun akan ikut membaik.

Omega 3 juga dapat membantu mengencerkan darah dan menekan risiko penyumbatan pembuluh darah yang fatal. Walau begitu, konsumsi asam lemak ini dapat membuat pembekuan darah lebih lama ketika terjadi luka gores. Kondisi itu berbahaya jika Anda sedang dalam pengobatan pengencer darah. Karenanya, selalu konsultasikan riwayat obat Anda dengan dokter ketika akan mengonsumsi suplemen omega 3. Tidak hanya itu saja, konsumsi asam lemak omega 3 juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, orang dengan riwayat penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi ikan laut 3 kali seminggu, atau mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung minimal 1 gram omega 3 setiap hari.

Sumber alami omega 3

  • Beberapa jenis ikan laut yang kaya kandungan omega 3: Makarel, tuna, hering, salmon, teri, tiram
  • Omega 3 juga bisa didapat dari asupan nabati, seperti: kacang almond, kedelai, kenari, brokoli, chia seeds

dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK

Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Selasa, 19 Peb 2019

Persiapan Menyusui Bagi Calon Ibu

Read More
Health Articles Minggu, 05 Mar 2017

USG 4D pada Kehamilan

Read More
Health Articles Sabtu, 23 Okt 2021

5 Mitos dan Fakta Terkait Penyakit Reumatik

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor