Penyakit Reumatik dan Kaitannya dengan Kondisi Pascainfeksi COVID-19

Jumat, 08 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa seseorang yang baru sembuh dari COVID-19 dapat terkena gejala reumatik, bahkan memicu penyakit reumatik kronis seperti reumatik autoimun

Penyakit Reumatik dan Kaitannya dengan Kondisi Pascainfeksi COVID-19

Penyakit reumatik adalah setiap gangguan yang melibatkan sistem organ muskuloskeletal (sendi, otot, tulang, dan struktur jaringan ikat) dan autoimun. Sedangkan infeksi COVID-19 adalah penyakit infeksi oleh virus severe acute respiratory syndrome 2 (SARS-CoV-2) yang menimbulkan kelainan atau gangguan pada sistem organ pernapasan dan berbagai sistem organ lainnya.


Diskusi yang saat ini masih hangat dibahas adalah kaitan penyakit reumatik (terutama kelompok reumatik-autoimun/penyakit reumatik dengan penyebab autoimun) dengan kondisi pascainfeksi COVID-19. 


Berbagai laporan dari seluruh pelosok dunia, tentang kondisi individu pascainfeksi COVID-19, menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen pasien masih memiliki beberapa gejala gangguan muskuloskeletal yang menetap dalam jangka waktu yang cukup lama hingga 6-9 bulan setelah infeksi.


Kondisi yang dikenal dengan post-covid syndrome/long-covid condition ini sangat mungkin juga disertai gangguan pada sistem organ yang lain, terutama paru dan jantung. Beberapa gejala gangguan muskuloskeletal yang dilaporkan antara lain kelemahan lengan atau tungkai, nyeri otot, nyeri sendi, kekakuan, bengkak dan kesemutan, juga keluhan fatique/kelelahan.


Pasien-pasien yang mengalami keluhan-keluhan yang menetap ini bukan hanya pasien dengan infeksi COVID-19 sedang atau berat, tetapi juga pasien dengan infeksi yang ringan. Para dokter ditantang untuk dapat mengenali kondisi ini dan membedakan dengan kondisi kronis lain, termasuk reumatik autoimun yang memerlukan terapi jangka panjang.


Terapi pada kondisi post covid ini lebih bersifat simtomatik dan rehabilitatif, baik dengan obat-obatan maupun dengan modalitas terapi fisik/latihan fisik.


Kondisi kedua yang juga kerap menjadi pertanyaan adalah apakah kondisi setelah sembuh dari infeksi COVID-19 dapat memicu penyakit reumatik kronis (terutama reumatik autoimun) atau tidak.


Penyakit reumatik autoimun diketahui merupakan hasil interaksi adanya faktor genetik yang memudahkan munculnya kondisi autoimun, ditambah dengan faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang banyak diteliti salah satunya adalah infeksi virus, tetapi untuk infeksi COVID-19 tentu belum cukup data untuk memastikan hal tersebut.


Para ahli sedang melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan itu, karena dari berbagai observasi selama ini, kemungkinan tersebut cukup besar. Beberapa jurnal melaporkan adanya pasien-pasien yang didiagnosis arthritis rheumatoid (RA) pascainfeksi COVID-19. Namun, hasil penelitian belum diungkapkan secara luas.


Hal ketiga adalah bagaimana dan apa yang terjadi dengan pasien reumatik (terutama reumatik autoimun) pascainfeksi COVID-19? Berbagai laporan yang ada menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 lebih besar dampaknya pada pasien dengan autoimun, apalagi dengan terapi imunosupresan (obat yang menekan sistem imun).


Di samping itu, infeksi juga dapat menjadi pemicu aktivitas penyakit autoimun. Hal ini menjadi dasar mengapa pasien autoimun dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19, terutama pada kondisi autoimun yang terkendali, karena keuntungannya yang lebih besar dibandingkan risikonya. 


Sedangkan untuk kondisi pascainfeksi, nampaknya tidak terdapat perbedaan yang signifikan yang berkaitan dengan kondisi autoimun yang diderita, kecuali adanya post-covid syndrome yang dapat memperberat kondisi autoimun. Hal ini perlu dievaluasi dengan baik dan teliti oleh dokter yang menangani untuk membedakan mana yang merupakan manifestasi dari reumatik autoimun atau merupakan manifestasi post-covid syndrome, atau justru kombinasi dari keduanya.


Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis penyakit dalam konsultan reumatologi jika Anda mengalami gejala post-covid syndrome yang menuju kepada gejala reumatik, ataupun penyakit reumatik autoimun. Penanganan dini pada gejala, dapat membantu mempercepat pemulihan.