Close
Close Language Selection
Health Articles

Olah Tubuh di Masa Kehamilan

Senin, 18 Peb 2019
Olah Tubuh di Masa Kehamilan

Tak hanya melatih otot-otot tubuh, senam hamil dan prenatal yoga juga mempersiapkan calon ibu secara emosional, mental, dan spritiual.

Proses kehamilan menjadi masa yang menyenangkan, sekaligus mungkin menegangkan. Meski sangat dinanti, proses melahirkan kerap menimbulkan kekhawatrian tersendiri – terutama bagi para calon ibu. Karenanya, melakukan persiapan sebaik mungkin menjadi hal penting. Tidak sekadar melakukan pemeriksaan rutin, para calon ibu juga perlu melakukan oleh tubuh, seperti senam hamil atau yoga.

Senam hamil merupakan jenis olahraga ringan untuk ibu hamil. Gerakan-gerakan yang dilakukan merupakan gabungan dari yoga, pilates, taichi, maupun hipnoterapi. Kesemua gerakan ini dikonsentrasikan untuk memperkuat otot perut, paha, dan panggul. Sementara, prenatal yoga merupakan bentuk latihan fisik dan psikis melalui gerakan yoga yang telah disesuaikan dengan kemampuan ibu hamil. Pada prinsipnya, senam hamil dan prenatal yoga tidak banyak berbeda. Latihan yang dilakukan pada keduanya bertujuan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik, mental, dan spiritual dalam menjalani kehamilan dan persalinan.

Selain itu, mengikuti kelas senam hamil dan prenatal yoga juga memberikan kesempatan bagi para calon ibu untuk bertemu, bertukar pikiran, serta berbagi ilmu dan informasi dengan para calon ibu lainnya. Ketika bertemu para calon ibu lainnya, ibu hamil juga dapat saling memberikan dukungan moril untuk menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan dengan lebih semangat.

Kedua jenis latihan ini dapat dilakukan oleh semua calon ibu. Tapi yang perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda sebelum memutuskan mengikuti senam hamil atau prenatal yoga. Hal ini untuk menentukan target latihan yang akan dilakukan dan juga mengetahui apabila memang ada kontraindikasi dari kondisi kehamilan ibu sehingga tidak disarankan untuk mengikuti latihan.

Manfaat prenatal yoga

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi stres dan kecemasan melalui meditasi
  • Meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan memanjangkan otot panggul yang diperlukan saat melahirkan
  • Meringankan rasa nyeri pada punggung bawah, mual, nyeri kepala, napas pendek saat hamil

 Manfaat senam hamil 

  • Menjaga kehamilan dan kesehatan ibu hamil
  • Memberikan ketenangan, baik, pikiran dan fisik ibu hamil, terhadap keluhan yang dirasakan
  • Melatih pernapasan
  • Menjaga kinerja otak
  • Melancarkan persalinan
  • Mencegah kegemukan 

Persiapan yang baik akan membuat calon ibu merasa nyaman dan merasa siap untuk menjalanin proses kelahiran. Calon ibu pun akan lebih bahagia, sehingga janin yang dikandung pun turut berbahagia.

Selamat menyambut sang buah hati, mommies.

dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG

Spesialis Kebidanan & Kandungan
RS Pondok Indah - Puri Indah

HEALTHY CORNER More Health Articles


Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor