Mitos-Fakta Kehamilan

Rabu, 06 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Banyaknya mitos tentang kehamilan yang beredar di masyarakat kerap dipercaya sebagai sesuatu yang bisa dijadikan patokan dalam kehidupan sehari-hari

Mitos-Fakta Kehamilan

Banyaknya mitos tentang kehamilan yang beredar di masyarakat kerap dipercaya sebagai sesuatu yang bisa dijadikan patokan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, tidak semua mitos itu benar adanya.


Mari cek kebenarannya di artikel ini.


Apakah bentuk perut ibu hamil menunjukkan jenis kelamin bayi?


MITOS

Kontur perut ibu hamil tergantung dari otot serta bentuk rahim masing-masing orang. Adanya kondisi tertentu, seperti mioma, juga dapat mempengaruhi bentuk perut ibu hamil.

- - -

Apakah ibu hamil tidak boleh mandi air panas atau sauna?


FAKTA

Terutama pada trimester pertama. Suhu air di atas 38 derajat Celcius dapat mempengaruhi tumbuh kembang organ-organ janin yang sedang dalam puncaknya.

- - -

Apakah ibu hamil harus makan dua porsi?


MITOS

Pada trimester pertama, ibu hamil memerlukan 1.800 kalori per hari. Pada trimester kedua dan ketiga, kebutuhan kalori bertambah 300 kalori per hari. Sementara wanita yang tidak hamil membutuhkan sekitar 1.500–1.800 kalori per hari.

- - -

Apakah ibu hamil tidak boleh naik pesawat terbang?


MITOS

Tekanan di dalam pesawat terbang tidak mempengaruhi janin dalam kandungan. Namun, setiap maskapai penerbangan memiliki regulasi tersendiri. Biasanya ibu hamil di atas 32 minggu harus disertai surat dokter jika ingin melakukan penerbangan.

- - -

Apakah berhubungan seksual saat hamil dapat membahayakan kehamilan?


MITOS

Guncangan saat berhubungan seksual akan membuat bayi tetap merasa nyaman (seperti sedang diayun-ayun). Pada trimester pertama, hendaknya hubungan seksual dilakukan secara lebih hati-hati. Sementara, pada trimester kedua dan ketiga justru dianjurkan.

- - -

Apakah ibu hamil tidak boleh mengecat rambut?


MITOS

Jarak antara kepala dengan rahim sangat jauh sehingga kecil kemungkinan memengaruhi janin. Sementara, untuk pewarna kuku disarankan memilih produk tanpa kandungan phtalates.

- - -

Apakah ibu hamil tidak boleh memelihara kucing?


MITOS

Memelihara kucing diperbolehkan selama kucing yang dipelihara terjaga kebersihannya dan sudah divaksinasi. Sebaiknya ibu hamil menghindari membersihkan kotoran kucing.

- - -

Apakah kulit ibu hamil akan terlihat lebih bersinar?


FAKTA

Terutama pada orang berkulit putih. Saat hamil, kulit ibu hamil juga akan tampak kemerahan karena banyaknya pembuluh darah yang muncul ke permukaan. Selain itu, zat melanin (pemberi warna) akan meningkat sehingga disarankan menggunakan sunscreen.

- - -

Apakah ibu hamil harus menjauhi telepon seluler?


FAKTA

Penggunaan telepon seluler dengan intensitas tinggi dapat mempengaruhi behavior bayi. Terlebih jika jumlah telepon seluler yang digunakan lebih dari satu. Tetapi dalam penggunaan yang minim, radiasi telepon seluler tidak berbahaya.

- - -

Apakah ibu hamil tidak boleh makan pedas?


MITOS

Kecuali bagi ibu hamil yang tidak suka pedas, karena dikhawatirkan akan terkena diare.

- - -

Apakah morning sickness mempengaruhi IQ bayi?


FAKTA

Saat hamil, hormon ibu akan mencapai puncaknya, begitu pula dengan efeknya (morning sickness). Ketika hormon mencapai puncak, aliran darah ke janin menjadi lebih lancar. Kandungan menjadi lebih kuat dan perkembangan janin lebih baik.

- - -

Apakah minum air kelapa dapat membuat bayi terlahir dengan kulit putih bersih?


MITOS

Makanan tidak mempengaruhi gen.

- - -

Apakah suami mengalami perubahan hormon saat istri hamil?


FAKTA

Suami juga dapat mengalami perubahan hormon saat istri sedang hamil (couvades syndrome). Pada kondisi ini, suami dapat merasa mual, sakit pinggang, ngidam, serta ikut bertambah berat badan.


Yang penting diingat adalah, kehamilan merupakan kondisi ketika perempuan mengalami perubahan dari segi psikologis, mental, dan sosial secara alamiah. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila ibu hamil tidak terlalu memikirkan mitos yang beredar di masyarakat.


Konfirmasikan informasi tersebut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Ikuti insting masing-masing, karena ibulah yang paling memahami yang terbaik untuk dirinya dan calon buah hati.


Always be happy, Mom!