Close
Close Language Selection
Health Articles

Me Time Hindarkan Depresi

Rabu, 05 Des 2018
Me Time Hindarkan Depresi

Jangan sampai rutinitas membuat Anda terjebak dalam depresi. Lakukan me time sesering mungkin untuk menjaga keseimbangan hidup.

Perkembangan zaman menuntut kita untuk selalu lebih produktif, lebih kreatif, sehingga kita cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja. Yang terjadi kemudian, tanpa sadar kita terjebak dalam rutinitas pekerjaan dan pressure dari pekerjaan tersebut. Jika kondisi ini berlanjut, kita akan mulai merasa terbebani dan tidak bisa lagi menikmati pekerjaan yang dilakukan. Ini adalah kondisi yang sering disebut burn out. Burn out yang berkelanjutan dapat mempengaruhi serta menurunkan mood, yang merupakan awal dari kondisi depresi.

Penting bagi setiap orang untuk peka terhadap tanda-tanda awal jika dirinya mulai berada dalam situasi burn out. Ketika situasi burn out cepat diatasi, tentunya akan semakin baik, karena jika dibiarkan bisa jadi semakin parah dan mengarah pada depresi. Untuk itu, me time menjadi kebutuhan yang penting dilakukan sesering mungkin.

Siapapun tentu tidak ingin mengalami hal tersebut. Karenanya, kita perlu mengembangkan kemampuan atau kebiasaan sebagai berikut.

  1. Belajar membedakan eksistensi di pekerjaan dan di luar pekerjaan. Sebagai contoh: seorang pria yang berprofesi sebagai dokter, di rumah sakit harus berperan sebagai dokter, tapi di rumah ia dibutuhkan sebagai suami dan ayah. Pembedaan eksistensi ini akan membuat kita melakukan pekerjaan di waktu kerja dan tidak membawanya ke rumah.
  2. Buatlah suasana pekerjaan senyaman mungkin
  3. Sediakan waktu untuk diri sendiri, me time. Ada berbagai cara bagi seseorang menikmati me time. Ada yang memanjakan telinganya dengan mendengarkan atau memainkan musik, ada yang memanjakan mata dengan menonton film atau membaca buku, ada yang memanjakan lidah dengan menikmati berbagai kuliner, ada yang memanjakan indra penciuman dengan aromaterapi, serta ada pula yang memanjakan kulit dan otot dengan melakukan refleksi atau pijat. Pada dasarnya, me time dilalui dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat mood kita menjadi lebih baik.

Dengan perkembangan teknologi, smartphone dan tablet dapat dimanfaatkan untuk menikmati me time. Saat ini, tersedia banyak aplikasi yang dapat membangkitkan rasa senang serta membuat mood menjadi lebih baik. Anda tinggal memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Namun, jika hal hal tersebut sudah dilakukan tetapi burn out masih berlanjut, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada psikiater atau psikolog sebelum Anda terjebak dalam depresi.

dr. Leonardi A. Goenawan, Sp.KJ

Spesialis Kedokteran Jiwa
RS Pondok Indah - Puri Indah
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Selasa, 22 Des 2020

Sakit Gigi, Apakah Sebaiknya Dicabut Saja?

Read More
Health Articles Selasa, 06 Mar 2018

Mengenal Lebih Dalam Demensia

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor