Me Time Hindarkan Depresi

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

Jangan sampai rutinitas membuat Anda terjebak dalam depresi. Lakukan me time sesering mungkin untuk menjaga keseimbangan hidup

Me Time Hindarkan Depresi

Perkembangan zaman menuntut kita untuk selalu lebih produktif, lebih kreatif, sehingga kita cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja. Yang terjadi kemudian, tanpa sadar kita terjebak dalam rutinitas pekerjaan dan pressure dari pekerjaan tersebut.


Jika kondisi ini berlanjut, kita akan mulai merasa terbebani dan tidak bisa lagi menikmati pekerjaan yang dilakukan. Ini adalah kondisi yang sering disebut burn out. Burn out yang berkelanjutan dapat mempengaruhi serta menurunkan mood, yang merupakan awal dari kondisi depresi.


Penting bagi setiap orang untuk peka terhadap tanda-tanda awal jika dirinya mulai berada dalam situasi burn out. Ketika situasi burn out cepat diatasi, tentunya akan semakin baik, karena jika dibiarkan bisa jadi semakin parah dan mengarah pada depresi.


Untuk itu, me time menjadi kebutuhan yang penting dilakukan sesering mungkin.


Siapapun tentu tidak ingin mengalami hal tersebut. Karenanya, kita perlu mengembangkan kemampuan atau kebiasaan sebagai berikut.


  1. Belajar membedakan eksistensi di pekerjaan dan di luar pekerjaan. Sebagai contoh: seorang pria yang berprofesi sebagai dokter, di rumah sakit harus berperan sebagai dokter, tapi di rumah ia dibutuhkan sebagai suami dan ayah. Pembedaan eksistensi ini akan membuat kita melakukan pekerjaan di waktu kerja dan tidak membawanya ke rumah.
  2. Buatlah suasana pekerjaan senyaman mungkin.
  3. Sediakan waktu untuk diri sendiri, me time. Ada berbagai cara bagi seseorang menikmati me time. Ada yang memanjakan telinganya dengan mendengarkan atau memainkan musik, ada yang memanjakan mata dengan menonton film atau membaca buku, ada yang memanjakan lidah dengan menikmati berbagai kuliner, ada yang memanjakan indra penciuman dengan aromaterapi, serta ada pula yang memanjakan kulit dan otot dengan melakukan refleksi atau pijat. Pada dasarnya, me time dilalui dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat mood kita menjadi lebih baik.


Dengan perkembangan teknologi, smartphone dan tablet dapat dimanfaatkan untuk menikmati me time. Saat ini, tersedia banyak aplikasi yang dapat membangkitkan rasa senang serta membuat mood menjadi lebih baik. Anda tinggal memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.


Namun, jika hal hal tersebut sudah dilakukan tetapi burn out masih berlanjut, sebaiknya segeralah berkonsultasi pada psikiater atau psikolog sebelum Anda terjebak dalam depresi.