Close
Close Language Selection
Health Articles

Keseleo yang Tidak Kunjung Sembuh

Jumat, 05 Mar 2021
Keseleo yang Tidak Kunjung Sembuh

Keseleo atau terkilir merupakan cedera yang sangat umum terjadi, terutama bagi mereka yang gemar berolahraga. Pada umumnya, keseleo dapat pulih secara spontan, jadi, tidak perlu buru-buru ke tukang urut ya. 

Keseleo atau yang biasa dikenal sebagai sprain merupakan cedera pada ligamen - jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang dalam sebuah sendi. Cedera paling sering timbul pada pergelangan kaki, tetapi dapat juga ditemukan pada sendi-sendi lainnya seperti lutut, panggul, siku, bahu, dan pergelangan tangan. 

Mekanisme terjadinya keseleo pun bermacam-macam, mulai dari jatuh dengan kecepatan tinggi hingga sekadar terpuntir ketika sedang berjalan. Pada kondisi-kondisi tersebut, ligamen pada sendi akan teregang melebihi kapasitas yang dimilikinya dan mengalami robekan. Robekan ini dapat terjadi secara sebagian ataupun total. Hal inilah yang membedakan spektrum gejala pada keseleo mulai dari yang sangat ringan sampai ke yang berat dan tidak kunjung sembuh. 

Setelah kejadian, keseleo dapat ditangani langsung secara mandiri dengan menggunakan teknik RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) dan akan sembuh spontan biasanya dalam 2-12 minggu. Ingat, keseleo tidak perlu ditangani dengan pemijatan ya. Alih-alih keseleonya pulih, justru malah akan memperparah kondisi cedera yang terjadi.

  • Rest: Istirahatkan sendi yang cedera untuk memberikan waktu penyembuhan pada sendi Anda. Sebaiknya, untuk sementara, jangan gunakan sendi yang cedera 
  • Ice: Es dapat mengurangi pembengkakan dan proses peradangan/inflamasi. Namun, jangan menempelkan es secara langsung ke kulit Anda, sebaiknya bungkus es dengan kain/handuk terlebih dahulu sebelum dikompres pada area yang cedera.
  • Compression: Pemberian tekanan dengan menggunakan perban dapat membantu mengurangi pembengkakan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tekanan yang diberikan jangan terlalu ketat karena justru hal ini dapat menghambat aliran darah ke area yang cedera.
  • Elevation: Sama halnya dengan kompresi, mengangkat sendi yang cedera lebih tinggi daripada posisi jantung dapat mengurangi proses pembengkakan

Apabila setelah beberapa waktu tidak ada perkembangan pemulihan pada cedera, perlu dipertimbangkan adanya cedera yang lebih serius. Selain cedera pada ligamen, cedera pada tulang, tulang rawan (cartilage), tendon, dan saraf tepi juga dapat terjadi pada saat awal kejadian atau seiring berjalannya waktu. Mekanisme cedera, struktur yang terkena, dan waktu merupakan faktor penting untuk menentukan tipe dan tatalaksana penanganan dari cedera yang dialami. 

Umumnya pasien dengan cedera ligamen yang berat, seringkali mengeluhkan adanya sensasi tidak stabil pada sendi yang cedera, dan terkadang diikuti rasa nyeri atau bengkak yang hilang timbul. Kegoyahan pada sendi ini dapat mengakibatkan cedera lebih lanjut pada struktur lain, seperti tulang rawan sendi, dan merupakan kemungkinan/risiko terjadinya pengapuran sendi dini (early osteoarthritis). 

Apabila keseleo dengan nyeri atau rasa tidak stabil sudah dirasakan lebih dari tiga bulan, kecil kemungkinannya untuk pulih tanpa suatu intervensi atau tindakan khusus. Cedera yang tidak tertangani dengan baik, lama-kelamaan dapat meningkatkan risiko timbulnya disabilitas yang bersifat permanen. Setelah jelas bahwa keseleo yang dialami bukanlah keseleo biasa atau tidak sembuh dengan tata laksana standar tadi, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis bedah ortopedi di bidang yang sesuai agar cedera Anda dapat tertangani secara optimal. 

dr. Yoshi Pratama Djaja, Sp.OT (K)

Spesialis Bedah Orthopedi Konsultan Hip & Knee Adult Reconstruction, Trauma, and Sports
RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

HEALTHY CORNER More Health Articles


Health Articles Selasa, 02 Jun 2020

Batu Empedu Hilang, Sayatan Tak Terpandang

Read More
Health Articles Kamis, 14 Des 2017

Kenali Rambut Rontok, Atasi Penyebabnya

Read More
Health Articles Jumat, 29 Mar 2019

Mikropenis

Read More
Call Ambulance Call Ambulance
Find a Doctor Find a Doctor