Kenali Sinyal Penyakit Jantung Usia Produktif dengan DSCT Flash

Kamis, 07 Maret 2024

RSPI Facebook linkRSPI twitter linkRSPI Linkedin link
RSPI link

RS Pondok Indah Group kembali menegaskan komitmennya dalam berinvestasi dengan memperkenalkan alat medis terbarunya DSCT Flash pada Kamis (8/5) di RS Pondok Indah - Pondok Indah

Kenali Sinyal Penyakit Jantung Usia Produktif dengan DSCT Flash

RS Pondok Indah Group kembali menegaskan komitmennya dalam berinvestasi dengan memperkenalkan alat medis terbarunya DSCT Flash pada Kamis (8/5) di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Dual Source CT Scan atau DSCT Flash adalah teknologi terkini CT scan dengan kecepatan scanning dalam hitungan detik. Alat pencitraan baru ini sangat baik untuk digunakan dalam pemeriksaan CT Cardiac atau melihat fungsi jantung.

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI pada 1 Desember 2013, prevalensi jantung koroner berdasarkan wawancara terdiagnosis dokter di Indonesia sebesar 0,5 persen, dan berdasarkan terdiagnosis dokter atau gejala sebesar 1,5 persen. 

Data di RS Pondok Indah – Pondok Indah sendiri memperlihatkan bahwa penderita penyakit jantung kini banyak yang berusia produktif. Data tahun 2010, 16,53 persen pasien penyakit jantung di RS Pondok Indah – Pondok Indah adalah pasien dengan usia produktif (20 – 49 tahun). Angka tersebut meningkat cukup pesat pada tahun 2013; pasien penyakit jantung dengan usia produktif menjadi 28,84 persen atau bertambah 12,31 persen. Jumlah pasien penyakit jantung semua usia pun bertambah cukup signifikan, dari kisaran 10.600 orang pada 2010 menjadi lebih dari 12.800 orang pada 2013.

#####

CEO RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto mengungkapkan, “Pasien serangan jantung kini semakin muda usia. Deteksi dini jantung sejak usia muda akhirnya menjadi kebutuhan dan keharusan. RS Pondok Indah Group berusaha menyediakan teknologi medis terkini untuk deteksi penyakit jantung dengan DSCT Flash. Dengan berbagai fitur yang lebih detil dan cepat, DSCT Flash dapat membantu tim medis menegakkan diagnosa yang tepat untuk penanganan yang lebih optimal. DSCT Flash adalah komitmen RS Pondok Indah Group untuk terus berinvestasi demi memberikan solusi kesehatan berkualitas tanpa kompromi."

dr. Taufik Pohan, Sp.Jp, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, RS Pondok Indah – Pondok Indah, mengungkapkan, “Selama ini, penyakit jantung umumnya dikaitkan dengan usia lanjut. Namun kini semakin banyak orang berusia produktif terkena penyakit jantung yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan stres. Kurangnya pemahaman bahwa penyakit jantung bisa menyerang segala usia, termasuk usia produktif, menjadikan penyakit jantung terkadang terlambat untuk ditangani. Terlebih lagi 20 persen gejala penyakit jantung tidak khas sehingga banyak yang tidak menyadari dirinya memiliki masalah dengan jantung.”

Salah satu cara untuk mendeteksi kelainan pada jantung adalah dengan menggunakan CT Scan untuk mencek kesehatan jantung dan mengetahui apakah pembuluh darah arteri tersumbat. Teknologi CT Scan terbaru adalah DSCT Flash yang memiliki kecepatan tinggi dan akurasi pencitraan lebih detil yang saat ini telah dimiliki oleh RS Pondok Indah – Pondok Indah. 

“Berbeda dengan teknologi CT Scan sebelumnya, DSCT Flash menggunakan dua “tabung” yang diletakkan di titik berbeda. Dua tube ini akan memindai tubuh pasien dari sudut yang berlainan sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi sangat cepat, hanya dalam hitungan detik. Artinya paparan radiasi pun bisa berkurang sampai dengan 50 persen,” jelas dr. Med. Luqman Adji Saptogino, Sp.Rad (K), Sp.KN, dokter spesialis radiologi dan kedokteran nuklir RS Pondok Indah – Pondok Indah. “Karena memiliki dua tube, slice atau detil lapisan pun semakin banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam atau lebih akurat.”

DSCT Flash memiliki berbagai kelebihan, antara lain: dapat memberikan pencitraan akurat bagi jantung pasien dengan detak jantung berkecepatan berapapun tanpa diperlukan beta-blocker (penurun kecepatan jantung); pasien juga tidak perlu menahan napas apabila detak jantung pasien rendah atau stabil.

Pemeriksaan dengan DSCT Flash juga hanya menggunakan kontras dalam jumlah sangat rendah. Kecepatan pemindaiannya sangat cepat sehingga pasien anak tidak perlu diberikan sedasi atau anestesi agar mereka mudah diperiksa.

Kecepatan pemeriksaan DSCT Flash juga memberikan kelebihan tersendiri bagi pemeriksaan pasien trauma atau kecelakaan. Tim medis dapat memaksimalkan peluang hidup bagi pasien kritis dan harus cepat membutuhkan penanganan.

Kehadiran DSCT Flash di RS Pondok Indah – Pondok Indah menunjukkan komitmen RS Pondok Indah Group untuk terus berinvestasi pada teknologi demi keakuratan penanganan dan kenyamanan pasien. Komitmen pada teknologi terkini ini akan terus dilakukan untuk menghadirkan pelayanan kesehatan terdepan dalam dunia medis di Indonesia.